Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kanker Payudara Bisa Kambuh, Begini Cara Mengurangi Risikonya

.

doktersehat-wanita-kanker-payudara-konsultasi-implan-bakteri-mastitis

materikuliah.my.id/#– Jika Anda pernah didiagnosis menderita kanker payudara di masa lalu, mungkin ada kesempatan kambuh kembali. Sebuah studi di Journal of Clinical Oncology menemukan bahwa wanita paling berisiko mengalami kekambuhan dalam lima tahun pertama, terutama satu sampai dua tahun setelah operasi.

Sementara dokter akan terus memerhatikan Anda, terutama di bulan-bulan setelah perawatan. Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko kanker kambuh, seperti melansir Health.

doktersehat-olahraga-senam

1. Berolahraga selama 150 menit dalam seminggu
Sebuah tinjauan 2017 yang diterbitkan di Canadian Medical Association Journal mengungkapkan bahwa di antara wanita dengan diagnosis kanker payudara di masa lalu, aktivitas fisik bisa mengurangi angka kematian sekitar 40 persen.

“Olahraga dapat menjadi faktor risiko yang paling dapat dimodifikasi untuk mengurangi kekambuhan kanker payudara,” kata Margaret Flowers, direktur komunikasi ilmiah.

“Meskipun penelitian ini masih belum meyakinkan mengenai dasar-dasar biologis dari hubungan ini, kita tahu bahwa olahraga meningkatkan metabolisme energi dan mengurangi tingkat insulin. Faktor lain yang diyakini berperan adalah penurunan tingkat hormon estrogen dan metabolik, dan juga membaik. respon imun,” Margaret menambahkan.

doktersehat-perut-diet-buncit-belly-jamu-galian-singset

2. Usahakan untuk tidak menambah berat badan
Kebanyakan berat badan wanita bertambah setelah mereka didiagnosis menderita kanker payudara, karena berbagai kemungkinan alasannya. Mereka mungkin merasa terlalu lelah dari kemoterapi atau mengalami penurunan tingkat metabolisme mereka karena obat-obatan.

Masalah pada makan juga bisa berperan. Tetapi beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kenaikan berat badan selama atau setelah perawatan meningkatkan risiko kekambuhan, dan mengurangi kelangsungan hidup.

Sel-sel lemak melepaskan molekul yang disebut sitokin, yang memicu peradangan. Pikirkan peradangan sebagai respon kekebalan tubuh seperti pembengkakan yang mungkin Anda lihat saat luka di jari Anda sembuh.

Status peradangan kronis mendukung pertumbuhan sel tumor dan membuat mereka lebih agresif, atau lebih mungkin menyebar ke jaringan lain di tubuh.

Meskipun sulit untuk tidak menambah bobot tubuh, semakin sedikit Anda mengurangi bobot yang lebih baik: Tinjauan 2017 mencatat bahwa kenaikan berat badan sedang 5 sampai 10 persen dari berat tubuh wanita, ini tidak terkait dengan peningkatan angka kematian, namun kenaikan berat badan lebih dari 10 persen.

doktersehat-susu

3. Kurangi lemak jenuh
Buktinya beragam, namun tinjauan 2017 mencatat bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak lemak jenuh dan produk susu berlemak tinggi memiliki risiko kematian yang lebih tinggi akibat kanker payudara. Yang mengatakan, tidak jelas apakah makanan berlemak benar-benar harus disalahkan.

Para periset menunjukkan bahwa wanita yang mengurangi kalori dari lemak juga cenderung menurunkan berat badan rata-rata 6 kilogram, yang merupakan cara lain untuk melindungi dari kekambuhan.

doktersehat-vitamin-nutrisi-komponen-organik-obat-ibu-hamil-kehamilan

4. Pertimbangkan obat anti-estrogen
Bagi wanita yang memiliki risiko kekambuhan lebih tinggi dari rata-rata, dokter dapat memberi resep obat-obatan. Secara khusus, dua obat yang disebut tamoxifen dan raloxifene, dapat menghambat estrogen di dalam sel payudara, menurunkan risiko terkena kanker payudara sekitar 40 persen, menurut American Cancer Society.

Untuk melihat manfaat jangka panjang, bagaimanapun, wanita perlu minum pil minimal lima tahun. Kelemahannya: obat-obatan dapat menyebabkan hot flashes (perasaan kepanasan), kekeringan vagina, dan hilangnya libido.

“Ini bisa sulit bagi beberapa wanita untuk rutin minum obat-obatan, tapi ada beberapa obat untuk beberapa efek sampingnya. Mengobati gejala yang Anda alami dapat membantu Anda bertahan dengan pengobatan selama jika perlu,” kata Margaret.

doktersehat-rokok

5. Jangan merokok atau minum alkohol berlebihan
Wanita yang terus merokok setelah diagnosis mereka lebih mungkin meninggal karena kanker payudara daripada rekan merokok mereka.

Menurut periset, tidak jelas apakah mengurangi rokok akan mengurangi kemungkinan kekambuhan. Tapi mungkin bisa membantu penderita kanker payudara hidup lebih lama.

Meski buktinya belum meyakinkan, membatasi asupan alkohol Anda juga bisa membantu. Periset telah menemukan bahwa peminum yang lebih berat —mereka yang mengonsumsi lebih dari 20 gram atau sekitar satu setengah minuman per hari, lebih mungkin meninggal karena kanker payudara daripada mereka yang minum lebih sedikit. Secara umum, ada baiknya membatasi minuman Anda satu gelas sehari.

Posting Komentar untuk "Kanker Payudara Bisa Kambuh, Begini Cara Mengurangi Risikonya"