Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mana yang Lebih Sehat, Pria Berkumis atau Klimis?

.

facial hair kumis doktersehat
Photo Credit: huffpost.com

materikuliah.my.id/# – Selama ini kumis dan jenggot selalu diidentikkan dengan kemaskulinan atau macho untuk pria. Akibatnya, tren memanjangkan facial hair terus berkembang hingga sekarang. Bahkan beberapa pria yang kumis dan jenggotnya tidak tebal terobsesi menggunakan obat penumbuh rambut untuk memicu munculnya kumis di wajah.

Terlepas dari tren dan kemaskulinan dari pria. Sebenarnya pria dengan kumis dan pria yang klimis sehat mana ya?

Mengenal bakteri di wajah
Wajah pria sebenarnya sudah memiliki bakteri seperti halnya usus. Bakteri ini terdiri dari bakteri baik dan bakteri jahat yang bisa menimbulkan infeksi. Bakteri baik di wajah kerap dinamai flora normal dan bekerja untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah bakteri jahat menyebar dan menyebabkan penyakit pada kulit atau saluran napas.

Pada pria klimis, flora normal jumlahnya sama dengan pria yang berkumis. Jadi, risiko terkena penyakit atau tidaknya tetaplah sama. Meski demikian, mereka yang memiliki rambut di wajah lebih rentan membuat flora normal berkembang lebih banyak. Kalau bakteri baik ini jumlahnya melebihi batas, keabnormalan akan terjadi sehingga flora normal balik menyerang kulit.

Kesehatan wajah pria berkumis dan klimis
Sebuah penelitian tentang pria berkumis dan klimis dilakukan dengan mengambil sampel 118 pria dengan facial hair dan 123 pria klimis. Data dari penelitian ini menunjukkan kalau pria berkumis jauh lebih sehat dari mereka yang kerap mencukur kumis dan jenggotnya secara rutin setiap beberapa hari sekali.

Penelitian ini juga menunjukkan kalau pria yang rajin mencukur jenggotnya rentan terkena bakteri S. Auvereus. Bakteri yang menyebabkan infeksi saluran napas ini melakukan infeksi saat pria mencukur wajah dan terjadi iritasi atau luka goresan. Nah, dari luka inilah bakteri mulai menyebar dan menyerang sehingga gangguan pernapasan terjadi.

Mau berkumis atau klimis, Anda tetap bisa sehat kalau mau menjaga kebersihan wajah setiap hari. Jadi, pilih yang Anda sukai.

Posting Komentar untuk "Mana yang Lebih Sehat, Pria Berkumis atau Klimis?"