Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terkena Kanker Kulit, Hugh Jackman Menyarankan Penggunaan Tabir Surya

https://www.flickr.com/photos/gageskidmore/9355831329/

materikuliah.my.id – Aktor Hugh Jackman yang terkenal sebagai pemeran Wolverine dalam film X-Men ini baru-baru mengunggah sebuah pesan melalui akun instagramnya. Dalam foto yang diunggahnya ini, Ia memperlihatkan hidungnya yang telah dibalut perban. Meskipun terlihat seperti foto yang biasa saja, Hugh Jackman ternyata berkata bahwa hidung yang diperban ini adalah hasil dari pengobatan dari salah satu jenis kanker kulit yang menyerang dirinya, yakni karsinoma sel basal.

Sebagai informasi, karsinoma sel basal adalah salah satu jenis kanker kulit yang paling umum diderita oleh banyak orang. Setiap tahunnya saja, setidaknya ada 2,8 juta kasus karsinoma sel basal terjadi di seluruh dunia. Kanker kulit ini sendiri biasanya menunjukkan gejala berupa munculnya benjolan dengan ukuran sebesar mutiara pada permukaan kulit. Warna benjolan ini sendiri cukup bervariasi layaknya merah muda atau bahkan kecokelatan saat berada dalam kondisi kering.

Pakar kesehatan kulit dr. Nindita Hapsari Susanti, SpKK, berkata bahwa mereka yang berasal dari ras kulit putih cenderung memiliki resiko lebih besar untuk terkena penyakit ini daripada mereka yang memiliki warna kulit berwarna. Alasannya? Mereka dengan kulit putih ini memiliki pigmen kulit yang lebih sedikit sehingga lebih mudah untuk terkena masalah skin burn.

Hugh Jackman sendiri mengaku jika Ia cukup teledor dengan hal ini sehingga kerap terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama tanpa adanya perlindungan yang cukup. Alhasil, Ia pun mudah terkena sunburn dan akhirnya terkena kanker kulit ini.

Meskipun terlihat layaknya penyakit yang ringan, karsinoma sel basal sebaiknya segera diobati karena jika tidak, maka lambat laun penyakit ini bisa berkembang dan pada akhirnya membuat kerusakan pada jaringan kulit di sekitarnya dan menyerang berbagai jaringan otot, saraf, atau bahkan tulang. Dalam beberapa kasus, penyakit ini bahkan bisa menyebar ke berbagai bagian tubuh lain dan cukup mematikan. Karena alasan inilah, Jackman berpesan pada banyak orang untuk selalu memakai tabir surya jika akan berkegiatan di luar ruangan dan terpapar sinar matahari agar tidak mudah terkena kanker kulit.

Posting Komentar untuk "Terkena Kanker Kulit, Hugh Jackman Menyarankan Penggunaan Tabir Surya"