Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wasir Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

.

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

materikuliah.my.id/#– Salah satu gangguan kehamilan yang sering muncul adalah wasir. Wasir sebenarnya tidak berbahaya, namun jika dibiarkan mungkin akan mengganggu aktivitas harian dan rencana persalinan Anda.

Wasir atau ambeien (hemoroid) adalah pelebaran pembuluh vena yang berada di sekitar anus. Pelebaran ini bisa terbentuk di dalam rektum atau menonjol melalui anus. Wasir dapat muncul dari pola hidup Anda seperti terlalu lama jongkok, duduk, atau kurang asupan serat. Selain itu kehamilan juga meningkatkan risiko mengalami wasir. Saat hamil, rahim Anda akan membesar dan memberikan tekanan pada vena panggul dan vena kava inferior, yaitu pembuluh darah besar di sisi kanan tubuh yang menerima darah dari kaki. Tekanan ini dapat memperlambat kembalinya darah yang naik ke tubuh sehingga menekan pembuluh darah di bawah rahim.

Selain itu meningkatnya hormon progesteron juga menyebabkan dinding pembuluh darah mudah bengkak. Hormon progesteron juga memperlambat gerak peristaltik usus sehingga memicu sembelit yang dapat menyebabkan munculnya wasir.

Secara umum wasir tidak mengganggu kehamilan dan persalinan, namun beberapa ibu hamil dengan wasir banyak yang memilih persalinan caesar agar kondisi wasir yang dideritanya tidak mengganggu proses persalinan. Meskipun begitu, banyak juga ibu hamil dengan wasir yang tetap melahirkan dengan persalinan normal.

Untuk mengatasi wasir saat hamil Anda dapat memperbanyak konsumsi makanan berserat, minum air putih dan yoghurt untuk melancarkan pencernaan. Pencernaan yang baik akan membuat buang air besar menjadi lebih mudah dan tidak menyakitkan.

Selain itu Anda disarankan untuk jangan duduk terlalu dalam posisi yang sama. Dudul terlalu lama dapat memberikan tekanan pada pembuluh darah anus dan rektum Anda. Selingi aktivitas Anda dengan jalan-jalan ringan atau bergeraklah sesering mungkin. Untuk meredakan bengkak di sekitar anus, Anda juga bisa mengompresnya dengan es. Berendam dalam air hangat juga disarankan untuk melancarkan peredaran darah pinggul ke bawah.

Wasir saat hamil memang bukan gejala yang berbahaya. Sebagian besar wasir akan kembali normal pada keadaan sebelum hamil. Namun jika Anda merasa terganggu, segera konsultasikan dengan dokter untuk segera mendapat penanganan.

Posting Komentar untuk "Wasir Saat Hamil dan Cara Mengatasinya"