Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Mengenali Telur yang Sudah Terinfeksi Bakteri Salmonela?



materikuliah.my.id– Kasus penarikan ratusan juta butir telur dari pasaran di Amerika Serikat karena kasus infeksi bakteri salmonella masih menjadi perbincangan hangat pakar kesehatan. Hal ini juga membuat banyak orang khawatir saat akan mengolah atau mengonsumsi telur. Sebenarnya, apakah telur yang sudah terpapar bakteri memiliki ciri-ciri yang bisa dikenali?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa secara alami, telur ternyata memang rawan terinfeksi bakteri salmonella. Sayangnya, telur yang sudah terpapar bakteri cenderung tidak bisa dikenali dan memiliki ciri-ciri yang sama saja dengan telur sehat.

Ada banyak sekali cara bakteri salmonella menginfeksi telur. Cara pertama adalah melalui paparan kotoran pada kulit telur. Selain itu, di dalam usus ayam petelur juga bisa jadi memang sudah memiliki bakteri salmonella.

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah telur sudah terpapar bakteri salmonella atau tidak adalah dengan melalui pemeriksaan laboratorium. Karena alasan inilah jika otoritas kesehatan memperingatkan adanya paparan bakteri berbahaya pada telur, kita sebaiknya mematuhi peringatan tersebut.

Beruntung, menurut pakar kesehatan, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari paparan bakteri salmonella yang menyerang telur dengan cara sebagai berikut ini.

  • Jangan memilih telur yang terlihat retak atau kulitnya memiliki kotoran ayam karena dikhawatirkan sudah terpapar bakteri.
  • Selalu memasak telur hingga benar-benar matang agar bakteri benar-benar mati. Hal ini berarti, jangan memasaknya setengah matang meskipun tampilan dan rasanya jauh lebih menarik.
  • Jangan pernah mengonsumsi telur mentah
  • Simpan telur di tempat yang baik, namun pastikan untuk tidak menempatkannya di tempat dengan suhu yang cenderung hangat. Jika perlu, simpan telur di kulkas saat tidak digunakan.
  • Selalu bersihkan peralatan memasak setelah dipakai untuk mengolah telur.
  • Cuci tangan setelah menyentuh telur mentah dengan sabun.

Kasus telur yang terpapar bakteri salmonella bisa saja terjadi di mana saja sehingga ada baiknya kita selalu menerapkan tips-tips tersebut ya?

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Mengenali Telur yang Sudah Terinfeksi Bakteri Salmonela?"