Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkenalan dengan Retinol dan Penggunaannya



kulit-wajah-doktersehat
Photo Credit: Flickr.Com/ Kylle Aquino

materikuliah.my.id– Pernah dengar istilah retinol? Tahu cara kerja dan manfaatnya? Jika zat ini masih terdengar asing di telinga, maka Anda tidak sendiri. Nyatanya, banyak masyarakat yang masih belum paham apa yang dimaksud dengan retinol.

Retinol adalah zat penting dalam produk skincare modern. Pasalnya, zat ini berguna untuk memperbaiki kondisi kulit yang mulai mengalami penuaan dini, seperti munculnya kerut, garis halus, warna kulit tidak rata, maupun pembesaran pori-pori. Lalu apakah sebenarnya retinol?

Dilansir dari Cosmopolitan, retinol adalah salah satu bentuk vitamin A yang dipercaya dapat membantu peremajaan kulit dan memperbanyak produksi kolagen. Bahan ini sangat baik digunakan oleh mereka yang sudah mulai memasuki usia 30 tahun ke atas, karena di usia ini produksi kolagen dalam tubuh mulai menurun.

Meski demikian, retinol juga dapat digunakan sejak dini untuk membantu mencengah penuaan dini. Disajikan dalam bentuk serum, penggunaan retinol juga dapat mencegah terbentuknya kerut dan garis halus.

Salah satu paling efektif menggunakan retinol adalah dengan memadukannya dengan tabir surya, atau kosmetik lain yang mengandung SPF tinggi. Selain itu, penggunaan produk dengan vitamin C di pagi hari juga akan memperkuat khasiat dari retinol.

Selain pagi hari bersama vitamin C, penggunaan retinol di malam hari juga sangat disarankan. Pasalnya, penggunaan saat siang biasanya akan terhambat oleh cahaya matahari yang kerap melemahkan kekuatannya. Jika retinol yang dipakai dalam bentuk serum, maka sebaiknya Anda memadukannya dengan vitamin A dan pelembab.

Tidak ada pantangan khusus saat Anda menggunakan retinol. Namun usahakan kulit Anda mendapatkan suplai vitamin A yang cukup. Meski demikian, ada baiknya penggunaan dan perpaduan skincare Anda sudah sesuai dengan petunjuk dokter.

Posting Komentar untuk "Berkenalan dengan Retinol dan Penggunaannya"