Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Flouride untuk Kesehatan Gigi



gigi-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Rupert Taylor-Price

materikuliah.my.id– Pernahkah Anda mendengar tentang zat gizi fluoride? Cukup jarang di dengar ya? Kita kerap menemukan kandungan flouride pada pasta gigi. Namun fluoride ternyata juga merupakan salah satu zat gizi yang dibutuhkan tubuh, kira-kira, apa manfaatnya?

Manfaat fluoride

Seperti yang telah disebutkan, flouride bermanfaat untuk kesehatan gigi. Hal ini dapat terjadi karena flouride merupakan salah satu zat gizi alami yang merupakan bentuk turunan dari kalsium flouride.

Sehingga seperti yang kita ketahui manfaat kalsium atau bentuk turunannya adalah untuk pembentukan tulang dan gigi. Floride sendiri memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya karies gigi.

Hal ini sangat penting kesehatan gigi utamanya pada masa anak-anak. Sehingga kondisi inilah yang juga membuat flouride menjadi zat unggulan yang ada pada produk pasta gigi.

Pemenuhan kebutuhan flouride, baik dari penggunaan pasta gigi ataupun makanan, mampu mengurangi 50% risiko terjadinya karies gigi.

Sumber fluoride dari bahan makanan

Bahan makanan yang memiliki kandungan flouride adalah makanan yang diperoleh dari laut, karena memiliki kandungan sodium flouride yang cukup baik. Contohnya adalah seafood yaitu ikan laut, kerang, rumput laut dan olahan laut lainnya.

Selain itu fluoride juga ditemukan di minuman teh serta susu formula bayi dan anak-anak. Sedangkan pada ASI kandungan fluoride ditemukan dalam jumlah yang cukup sedikit.

Namun, sumber flouride yang utama adalah dari air yang kita gunakan sehari-hari. US National Library and Medicine menyebutkan bahwa sebagian besar air tidak mengandung fluoride yang cukup, maka dari itu penggunaan air yang terfluoride kerap dianjurkan.

Akan tetapi National Institute of Health menyebutkan bahwa penerapan pola makan sehat dengan variasi lauk hewani dari seafood, yang sesuai dengan kebutuhan harian tubuh, sudah mampu memenuhi kebutuhan fluoride tubuh.

Kita dianjurkan mengonsumsi ikan paling tidak 3 porsi dalam satu minggu. Selain untuk memenuhi kebutuhan flouride, ikan memang sangat baik untuk kita konsumsi, kan?

Posting Komentar untuk "Manfaat Flouride untuk Kesehatan Gigi"