Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Beasiswa Bidikmisi 2019 Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Jangan lupa membaca artikel tentang materi pelajaran di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Cara Daftar Beasiswa Bidikmisi 2019 Jalur SNMPTN dan SBMPTN - Para siswa Sekolah Menengah Atas yang kami banggakan… Para Kepala Sekolah, Guru dan Orang Tua yang kami hormati... Mengawali semester genap ini kami sampaikan bahwa Pemerintah terus berkomitmen untuk fokus meningkatkan pembangunan Sumberdaya Manusia melalui berbagai upaya cerdas salah satunya adalah program bidikmisi untuk membantu masyarakat, putra – putri bangsa dengan keadaan perokonomian sangat terbatas atau kurang.
 Para siswa Sekolah Menengah Atas yang kami banggakan Cara Daftar Beasiswa Bidikmisi 2019 Jalur SNMPTN dan SBMPTN
Cara Daftar Beasiswa Bidikmisi 2019 Jalur SNMPTN dan SBMPTN
Hal tersebut merupakan kabar yang menggembirakan khususnya bagi peserta didik jenjang SMA kelas XII mempunyai kesempatan medaftar ke Universitas/Perguruan Tinggi Negeri tervaforitnya masing – masing. Jika dilihat dari sumber penyelenggara bahwa untuk tahun 2019 telah mengupayakan tambahan peningkatan kuotanya hingga mencapai 50%, dengan persentase lebih tinggi dibandingkan tahunlalu. Tujuannya adalah memberikan pelayanan bantuan dengan target tepat sasaran yang lebih luas lagi kepada siswa – siswi yang membutuhkan.

Penerima Bidikmisi adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 1 (satu) tahun sebelumnya; memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah dan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi. Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar Rp4.000.000,00 (empat juta rupiah) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/ wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Peserta penerima bidikmisi memperoleh pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk untuk SNMPTN dan SBMPTN serta seleksi lain yang ditetapkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi. Pembebasan biaya pendidikan yang dibayarkan ke perguruan tinggi. Subsidi biaya hidup sebesar Rp650.000,00 (enam ratus lima puluh ribu rupiah) per bulan.

Cara Daftar Bidik Misi 2019 Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman LTMPT / Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (https://ltmpt.ac.id/) atau laman Bidikmisi (https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/).

TAHAPAN PENDAFTARAN
1. Bagi siswa :
  • Penerima KIP dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri pada laman LTMPT atau Bidikmisi.
  • Bukan penerima KIP mendaftar ke sekolah untuk direkomendasikan
2. Bagi sekolah :
  • Sudah memiliki Kode Akses Sekolah langsung merekomendasikan masing masing siswa melalui laman Bidikmisi menggunakan kombinasi NPSN dan NISN
  • Belum memiliki Kode Akses Sekolah mendaftarkan diri sebagai institusi pemberi rekomendasi ke laman Bidikmisi dengan melampirkan hasil pindaian (scan) (Lampiran 1 bagian persetujuan dan tanda tangan). Ditjen Belmawa Kemenristekdikti memverifikasi pendaftaran sekolah dan mengeluarkan Kode Akses Sekolah (1 x 24 jam pada hari dan jam kerja).
  • Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada siswa yang sudah direkomendasikan.
  • Siswa mendaftar melalui laman Bidikmisi dan menyelesaikan semua tahapan dalam sistem pendaftaran.
  • Bagi calon mahasiswa penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, akan dilakukan verifikasi lebih lanjut dan penetapan kelayakan mahasiswa penerima Bidikmisi oleh perguruan tinggi dengan mempertimbangkan dokumen pendukung.
Selengkapnya >> Download Panduan Pendaftaran Bidikmisi 2019

Demikian paparan mengenai cara daftar beasiswa bidikmisi 2019 jalur SNMPTN dan SBMPTN. Semoga memberikan manfaat bagi kita semua.


Sumber https://www.pelitaguru.id/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait materi pembelajaran dan teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Daftar Beasiswa Bidikmisi 2019 Jalur SNMPTN dan SBMPTN"