Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadwal Penting UTBK SBMPTN 2019 dan Cara Pendaftarannya

Jangan lupa membaca artikel tentang materi pelajaran di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Jadwal Penting UTBK SBMPTN 2019 - Bagi adik-adik tahun 2019 ini ingin masuk kuliah di PTN dan akan mengikuti jalur SBMPTN, maka perlu tahu beberapa agenda penting yang harus segera diketahui bagi kamu para pemburu PTN, salah satunya mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Berikut adalah Jadwal Penting UTBK SBMPTN 2019 dan Cara Pendaftarannya.


LTMPT
Tahun ini akan ada 10 jadwal ujian SBMPTN yang bisa diikuti oleh peserta sebanyak maksimal 2 kali. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah meluncurkan jadwal UTBK beserta panduan pendaftarannya.


Jadwal Lengkap UTBK SBMPTN 2019


Berikut ini adalah jadwal rangkaian Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK 2019). Kamu diperbolehkan memilih maksimal dua diantaranya sebagai berikut:

1. Tes: Sabtu, 13 April ↔ Pengumuman nilai UTBK: 23 April

2. Tes: Minggu, 14 April ↔ Pengumuman nilai UTBK: 24 April

3. Tes: Sabtu, 27 April ↔ Pengumuman nilai UTBK: 7 Mei

4. Tes: Minggu, 28 April ↔ Pengumuman nilai UTBK: 8 Mei

5. Tes: Sabtu, 4 Mei ↔ Pengumuman nilai UTBK: 14 Mei

6. Tes: Sabtu, 11 Mei ↔ Pengumuman nilai UTBK: 21 Mei

7. Tes: Minggu, 12 Mei ↔ Pengumuman nilai UTBK: 22 Mei

8. Tes: Sabtu, 18 Mei ↔ Pengumuman nilai UTBK: 28 Mei

9. Tes: Sabtu, 25 Mei ↔ Pengumuman nilai UTBK: 1 Juni

10. Tes: Sabtu, 26 Mei ↔ Pengumuman nilai UTBK: 2 Juni

Sedangkan waktu pelaksanaan ujiannya sama untuk semua tanggal, yakni terdapat dua sesi. Perinciannya adalah sebagai berikut:

Sesi 1 (pagi)

08:00 - 08:15 ↔ Peserta memasuki ruangan ujian, pemeriksaan identitas peserta, dan latihan mengisi tes UTBK.

08:15 - 11:45 ↔ Ujian berlangsung

Sesi 2 (siang)

08:00 - 08:15 ↔ Peserta memasuki ruangan ujian, pemeriksaan identitas peserta, dan latihan mengisi tes UTBK.

08:15 - 11:45 ↔ Ujian berlangsung


Materi yang diujikan pada UTBK SBMPTN 2019


Berikut ini adalah dua materi yang akan diujikan pada UTBK SBMPTN 2019 yang bisa kamu pelajari mulai dari sekarang:
  1. Tes Potensi Skolastik. TPS mengukur kemampuan kognitif kamu, yaitu penalaran dan pengetahuan umum. Kemampuan ini dinilai penting di bangku perguruan tinggi.
  2. Tes Kompetensi Akademik. Sesuai namanya, TPA mengukur kemampuan akademik sesuai tes yang diambil, Saintek atau Soshum. Soal ujiannya sesuai materi di sekolah dan menekankan pada High Order Thinking Skills, sehingga peserta ujian didorong untuk lebih kritis dan analitis dalam menjawab soal, dan tidak sekadar menghafal pelajaran.

Untuk TKA Saintek soal tesnya meliputi pelajaran Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi. Sementara TKA Soshum soal tesnya meliputi pelajaran Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.

Tata cara mengikuti UTBK 2019


Lalu bagaimana cara mengikuti UTBK 2019? Berikut panduan lengkap yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri mengikuti tes UTBK 2019 mendatang:
  1. Periode pendaftaran UTBK adalah 1 Maret hingga 1 April 2019
  2. Mendaftar di https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id menggunakan  NISN  (Nomor Induk Siswa Nasional) dan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional). Hanya lulusan 2019, 2018, dan 2017 yang bisa ikutan.
  3. Unggah alias upload foto berwarna terbaru yang formal. Bukan selfie, apalagi foto ber-filter love.
  4. Pilih jadwal ujian yang diinginkan. Dilanjutkan dengan memilih lokasi UTBK. LTMPT telah menentukan daftar lokasi ujian yang tersedia. Untuk memilih jadwal penting diingat bahwa Ujian pada minggu 1 dan 2 (tanggal 13, 14, 27, dan 28 April) hanya khusus untuk yang UTBK pertama. Kamu baru bisa ikutan UTBK kedua di tanggal 4 Mei atau setelahnya.
  5. Membayar biaya UTBK sebesar Rp200.000 di Bank BNI, BTN, atau Mandiri paling lambar 24 jam setelah mendaftar. Biaya ini untuk 1 kali tes, jadi jika ikutan 2 kali UTBK biayanya Rp400.000 Sedangkan peserta Bidikmisi tidak perlu membayar.
  6. Setelah menuntaskan pembayaran, cetak kartu ujian di https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id.
  7. Lakukan tes sesuai dengan jadwal, sesi, dan tempat yang telah dipilih. Tanggal dan sesi ujian bisa kamu lihat kembali di atas.
  8. Di hari-H tes, selain membawa kartu ujian, peserta diminta membawa fotokopi ijazah yang dilegalisir pihak sekolah. Bagi lulusan 2019 harus membawa surat keterangan dari sekolah yang berisi data diri, foto terbaru dan disertai tanda tangan kepala sekolah plus cap resmi.

Demikian informasi Jadwal Resmi UTBK SBMPTN 2019 dan Cara Daftarya yang bisa kami bagikan. Lulus SBMPTN merupakan impian bagi banyak orang. Jangan kaget jika nanti persaingan semakin ketat. Namun, semua itu akan lebih mudah jika semuanya telah kamu persiapkan mulai dari sekarang.

Sumber : https://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/panduan-dan-jadwal-lengkap-utbk-sbmptn-2019

Sumber https://qoooo17.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait materi pembelajaran dan teknologi.

Posting Komentar untuk "Jadwal Penting UTBK SBMPTN 2019 dan Cara Pendaftarannya"