Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat tulisan 3d di photoshop, mudah dan simple semua pasti bisa

Jangan lupa membaca artikel tentang Pemrograman di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Cara membuat tulisan 3d di photoshop, mudah dan simple semua pasti bisa

Cara membuat tulisan 3d di Photoshop terbilang yang gampang-gampang susah. Disebut gampang, karena kamu tidak harus terlibat dalam lapisan layer dan filter yang berlipat-lipat. Dibilang sulit, karena kamu harus pandai menentukan sudut dan memilih warna yang tepat untuk hurufnya. Berbeda dengan gambar, di mana warna sudah ada di sana.

Tetapi dengan banyaknya fitur yang tertanam di Photoshop, tentunya kamu dapat membuat berbagai efek editing yang menarik.  Salah satunya yaitu membuat efek 3D yang bisa kamu tambahkan pada teks atau tulisan sehingga mempercantik tulisan yang kamu buat.  Untuk lebih memahami cara membuat efek 3D pada photoshop, kamu bisa langsung mengikuti cara membuat tulisan 3d di Photoshop di bawah ini.

Membuat Dokumen Baru
Langkah awal yang perlu kamu lakukan sebelum mengulas lebih dalam cara membuat tulisan 3d di Photoshop adalah membuat dokumen baru.  Klik menu file di sebelah paling kiri, lalu pilih new. Kemudian akan muncul halaman untuk mengatur settingan background yang akan kamu buat.  Kamu bisa mengatur lebar, tinggi dan resolusi kanvas sesuai dengan kebutuhan kamu.

Menuliskan Teks
Untuk memberikan efek silver pada tulisan teks, kamu bisa memulai dengan menulis teks yang kamu inginkan.  Dengan menggunakan fitur Horizontal Type Tool pada panel toolbox yang terletak di panel sebelah kiri.  Kamu bisa mengatur font dan size yang ingin kamu gunakan.

 karena kamu tidak harus terlibat dalam lapisan layer dan filter yang berlipat Cara membuat tulisan 3d di photoshop, mudah dan simple semua pasti bisa
Cara membuat tulisan 3d di photoshop

Membuat Layer Baru
Setelah memasukkan teks tulisan yang akan kamu edit, kamu harus membuat layer baru pada teks tersebut.  Caranya dengan memilih menu Layer, kemudian pilih Rasterize dan pilih Layer.  Setelah itu, kamu bisa menekan Ctrl + klik layer teks yang baru dibuat tadi untuk menyeleksi teks tulisan yang akan diedit.

Membuat Efek 3D
Selanjutnya untuk membuat efek 3D pada tulisan yang akan kamu edit, kamu tinggal mengklik Fitur Move Tool, kemudian klik Ctrl + J untuk menduplikasi layer (biasanya secara otomatis diberi nama layer 1 copy).  Untuk layer yang asli (berisi tulisan, biasanya diatur secara default oleh Photoshop dengan nama layer 1) kamu harus menggelapkan tulisannya dengan cara mengklik layer tersebut dan ubah warnanya di panel sebelah atas menjadi hitam. 

 karena kamu tidak harus terlibat dalam lapisan layer dan filter yang berlipat Cara membuat tulisan 3d di photoshop, mudah dan simple semua pasti bisa
Cara membuat tulisan 3d di photoshop


Nah, kemudian masih pada layer 1, aktifkan fitur Move Tool, lalu klik panah kanan dan panah bawah masing-masing satu kali lalu tekan enter.  Langkah selanjutnya yaitu tekan Ctrl + Shift + Alt + T secara bersamaan untuk menggabungkan layer 1 dan layer 1 copy sehingga memberikan efek 3D yang kamu inginkan.  Kamu bisa mencoba menduplikat layer berulang-ulang untuk mendapatkan efek 3D yang lebih menarik.

 karena kamu tidak harus terlibat dalam lapisan layer dan filter yang berlipat Cara membuat tulisan 3d di photoshop, mudah dan simple semua pasti bisa


Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan setelah selesai mendapat efek 3D yang kamu inginkan yaitu menggabungkan layer-layer tersebut menjadi satu layer.  Caranya yaitu dengan memblok seluruh layer dan klik Ctrl + E.  Jangan lupa untuk memilih mode drop shadow pada layer option untuk membuat efek 3D jadi lebih hidup.




Itulah tutorial cara membuat tulisan 3d di photoshop. Cukup mudah dan simpel untuk dilakukan bahkan oleh mereka yang masih pemula dalam dunia editing? Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam belajar Adobe Photoshop, terutama dalam hal Filter.  Sekian dan Terima kasih.

Tutorial bagaimana cara membuat tulisan 3d di photoshop, mempercantik tampilan teks yang bisa diterapkan untuk berbagai keperluan

Sumber https://www.grafis-media.website/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "Cara membuat tulisan 3d di photoshop, mudah dan simple semua pasti bisa"