Faktor-faktor yang Menghambat Hafalan Al Quran

Faktor-faktor yang Menghambat Hafalan Al Quran – Dari fanspage yang saya ikuti yakni Ikhwah Gaul, ada hal yang menarik sehingga saya membuat postingan di blog butut ini. Dalam FP tersebut membicarakan tentang Hafalan Al Quran. Sebagai umat Muslim, tentunya selain kita melaksanakan dan memposisikan Al Quran sebagai pedoman hidup, Al Quran juga harus di hafal. Apa salah satu alasan kita harus hafal Al Quran? Tentu, agar keaslian Al Quran terjaga. Ok, yang saya tulis disini berkenaan dengan susahnya hafalan Al Quran, ada beberapa faktor yang menghambat hafal Al Quran.
Faktor-faktor yang Menghambat Hafalan Al Quran

Dari beberapa pengalaman sahabat, penyebab susahnya menghafal Al Quran dapat diambil kesimpulan bahwa kesulitan yang paling sering dialami yaitu sikap ISTIQOMAH dalam menghafal. Kadang semangat kadang males-malesan. Dan penyebab sulit untuk ISTIQOMAH antara lain:
  • Lingkungan yang kurang mendukung. Biasanya ini dialami orang yang menghafal di luar pesantren. Mahasiswa misalnya, banyak tugas dan amanah, atau disibukkan oleh kegiatan organisasi dan sebagainya. Ditambah temen-temennya juga kurang ada yang mendukung. Serasa berjuang sendiri, jatuh akhirnya.
  • - Tidak ada jadwal dan target yang jelas. Kapan menghafal, kapan muroja’ah. Tidak ada target tiap menambah hafalan berapa ayat atau halaman. Diperparah tidak ada guru yang ‘menekan’, jadinya kalau menghafal suka-suka dia.
  • - Hafalan tidak lancar. Ini masalah umum banget. Kalau waktu muroja’ah banyak yang tidak lancar atau lupa malahan, jadi bikin tambah males.