PENGERTIAN UML

PENGERTIAN UML, APA ITU UML? 

UML (Unified Modelling Language) merupakan tools untuk yang yang digunakan untuk melakukan pengembangan sistem berorientasi obyek. UML digunakan secara visual untuk melakukan pemodelan sehingga pemgembang sistem dapat membuat blue print terhadap visi mereka dalam bentuk baku dan mudah dipahami selain itu UML dilengkapi dengan mekanisme yang efektif untuk sharing dan mengkomunikasikan rancangan dengan yang lain. 

UML dikembangkan oleh Booch, Object Modeling Technigue (OMT) dan Object Oriented Software Engineering (OOSE). Metode Booch dari Grady Booch dikenal dengan metode Desgin Object Oriented. Metode tersebut membuat kegiatan analisis dan desain ke dalam beberapa tahapan secara iteratif, yaitu: identifikasi kelas-kelas dan obyek-obyek, identifikasi semantik dari hubungan obyek dan kelas tersebut, perincian interface dan implementasi.

APAKAH PENTING MENGGUNAKAN UML? 

UML memberikan banyak kelebihan yaitu tidak hanya dominan dalam penotasian di lingkungan Object Oriented selain itu populer juga pada lingkungan OO. Terdapat 3  karakter penting pada UML yaitu :
  1. sketsa, 
  2. cetak biru dan 
  3. bahasa pemrograman. 

Sebagai sebuah sketsa

UML bisa berfungsi sebagai jembatan dalam mengkomunikasikan beberapa aspek dari sistem. Dengan demikian semua anggota tim akan mempunyai gambaran yang sama tentang suatu sistem. 

Sebagai Cetak Biru

UML bisa juga berfungsi sebagai sebuah cetak biru karena sangat lengkap dan detil. Dengan cetak biru ini maka akan bisa diketahui informasi detil tentang koding pada program  bahkan membaca program dan menginterpretasikannya kembali ke dalam diagram (reverse engineering). 

Reverse engineering sangat berguna pada situasi dimana code program yang tidak terdokumentasi akan dimodifikasi/ dipelihara. Hal ini bisa terjadi ketika dokumentasi asli hilang atau bahkan belum dibuat sama sekali. 

Sebagai bahasa pemrograman

UML dapat menterjemahkan diagram yang ada di UML menjadi code program yang Siap untuk dijalankan.  UML dibangun atas model 4+1 view. Model ini didasarkan pada fakta bahwa struktur sebuah sistem dideskripsikan dalam 5 view dimana salah satu diantaranya use case view. Use case view ini memegang peran khusus untuk mengintegrasikan content ke view yang lain.

MENGAPA PERLU BEKERJA DENGAN MODEL &  DIAGRAM? 

Pada  proyek pengembangan sistem apapun, fokus utama dalam analisis dan perancangan adalah model. Hal ini berlaku umum tidak hanya untuk perangkat lunak. Dengan: model kita bisa merepresen tasikan sesuatu karena: | 
  • Model mudah dan cepat untuk dibuat. 
  • Modelbisa digunakan sebagai simulasi untuk mempelajari lebih detil tentang sesuatu. 
  • Model bisa dikembangkan sejalan dengan pemahaman kita tentang sesuatu. 
  • Kita bisa memberikan penjelasan lebih rinci tentang sesuatu dengan model. 

Perbedaan Model dan Diagram

Lalu apa beda antara model dan diagram? Diagram menggambarkan atau mendokumentasikan beberapa aspek dari sebuah sistem. Sedangkan sebuah model menggambarkan pandangan yang lengkap tentang suatu sistem pada suatu tahapan tertentu dan dari perspektif tertentu. Sebuah model mungkin mangandung satu atau lebih diagram. Untuk model sederhana, satu diagram mungkin akan mencukupi. Akan tetapi biasanya sebuah model terdiri dari banyak diagram. 

ALASAN PERLU BANYAK DIAGRAM

Biasanya sebuah sistem memiliki sejumlah pemangku kepentingan. misalnya ketika kita merancang suatu sistem untuk seorang client, maka akan berbeda juga ketika sistem tersebut kita terapkan untuk banyak pelanggan. Dari sini jelas kita sangat butuh banyak diagram dari berbagai sudut pandang. Dengan demikian tujuan utama dari banyaknya diagram ini adalah untuk memuaskan semua pemangku kepentingan. 

Klasifikasi Diagram UML

RINGKASAN 

Pengembangan sistem merupakan bagian dari aktifitas manusia. Jika tidak menggunakan suatu cara yang dapat memudahkan untuk memahami suatu simbol atau notasi kemungkinan suatu pengembangan sistem akan mengalami kesalahan. UML merupakan sistem notasi yang digunakan secara baku di dunia pengembangan sistem, dengan menggunakan UML yang terdiri dari diagram-diagram kita dapat membuat sebuah blue print yang komprehensif kepada client, para pemgembang program / Software dan semua orang yang terlibat. penggunaan diagram penting karena setiap diagram tersebut dapat mewakili pemangku kepentingan yang berbeda-beda pada sistem tersebut. dengan menggunakan  UML seorang pemgembang bisa menjelaskan apa yang perlu dilakukan oleh sebuah sistem bukan sebaliknya bagaimana yang seharusnya dilakukan oleh sebuah sistem. 

Demikian pembahasan mengenai pengertian UML mudah-mudahan bermaanfaat, terimakasih.