Siswa SD Hebat sedang belajar di dalam kelas. Tiba-tiba terdengar suara
sirine. Anak-anak segera berlindung di kolong meja sambil melindungi kepala
bagian belakang. Bapak dan ibu guru juga tnelakukan hal yang sama. Sesaat
kemudian terdengar bunyi sirene kedua. Anak-anak segera ke luar kelas menuju
halaman. Hari itu semua warga SD Hebat sedang mengikuti simulasi gempa.
Mengapa siswa SD Hebat masuk ke kolong meja ketika mendengar sirene pertama?
Siswa SD Hebat masuk ke kolong meja karena....
A.takut mendengar sirene berbunyi B.mengikuti perintah bapak dan ibu
guru C.mengikuti tanda simulasi
terjadinya gempa D.ingin
melindungi badan dan kepala
Teks cerita berikut untuk menjawab soal 2 dan 3
Intan adalah seorang putri raja yang cantik jelita. Usianya tiga belas tahun.
ia mentiliki kucing peliharaan, bunbun namanya. Mereka bagaikan dua
sahabat karib. Hampir setiap hari, mereka bermain di tepi Hutan Wanajati.
Suatu kelika, Intan sakit. Menurut Tabib, Intan bisa sembuh apabila mendengar
nyanyian Kutilang yang tinggal di hutan Wanajati. Bunbun yang mengetahui hal
itu segera mentuju hutan Wanajati untuk menemui Kutilang. Akhirnya, ia bcrtemu
dengan Kutilang. Ia menceritakan sakitnya Intan sambil menangis, Kutilang
sangat terharu.
Kutilang dan Bunbun segera mcnuju istana. Setibanya di istana, Bunbun
langsting mengantar Kutilang ke kamar Intan. Intan terbaring dengan tubuh
lemah dan wajah pucat. Matanya terpejam. Kutilang segera memperdengarkan suara
emasnya. Intan membuka matanya pelan-pelan.
"Oh, Kutilang, lama sekali aku merindukan suaramu," bisik Intan. Bunbun sangat
gembira. Ia mendekati Intan sambil mengibaskan ekornya. Raja pun sangat
bcrsyukur atas kesembuhan putrinya. Sang Raja berterima kasih pada Bunbun dan
Kutilang. Suasana istana pun menjadi hangat, seperti hangatnya sinar
matahari dari ufuk timur saat itu.
Soal#2
Latar waktu yang terdapat dalam cerita tersebut adalah..
A. pagi B. siang C. sore D. malam
Soal#3
Watak Bunbun dalam cerita tersebut adalah
A. setia kawan B. sangat cerdik C. panjang akal D. suka
menghibur
Soal#4
Ahsan sering melerai temannya yang berselisih. Saat temannya ada yang
bertengkar, Ahsan marnpu meredakan kemarahan mereka. Ahsan bagaikan air bagi
teman-temannya.
Makna air dalam ccrita tersebut adalah
A. penyejuk B. penyegar C. pembasuh
D. pembasah
Soal#5
Guru penyampai berbagai ilmu
Santun bertutur dan berperilaku
Membimbing siswa berpikir maju
Meraih masa depan yang menunggu,
Makna kias kata maju dalam syair tersebut adalah
A. sangat kuat
B. secara cerdas
C. berpikir keras
D. lebih cepat
Teks cerita berikut untuk menjawab soal 6 dan 7
Beruang sedang mencari buah-buahan di hutan. Setelah mendapat cukup
buah-buahan, ia beristirahat di bawah pohon. Di dekat pohon tersebut
terdapat pohon tumbang. Salah satu lubang di pohon itu digunakan Lebah untuk
menyimpan madu. Penciuman Beruang yang tajam mampu mengendus bau khas madu.
Ia tnemeriksa pohon tumbang tersebut dengan saksama.
Beruang mulai memeriksa keadaan di sekelilingnya. Ia memastikan bahwa tidak
ada lebah-lebah di sekitar tempat itu.
"Kalau sudah rezeki, tidak perlu mencari," kata Beruang.
"Jangan diambil itu milik kami," kata Lebah tiba-tiba.
Beruang tidak menghiraukan perkataan Lebah tersebut. la tetap berusaha
mengambil madu yang ada di dalam lubang. Lcbah itu tidak tinggal diam. Ia
menyengat tubuh Beruang sehingga berteriak kesakitan. Beruang tnarah dengan
sikap Lebah. Tidak lama kemudian, ratusan lebah datang ke arah Beruang.
Mereka telah siap dengan sengatannya. Karena keselamatannya terancam,
Beruang melarikan diri. Ia menceburkan diri ke sungai agar terhindar dari
sengatan ratusan lebah itu.
Soal#6
Simpulan isi cerita tersebut adalah
A. Beruang berusaha mempertahankan madtt yang menjadi tnakanan kesukaannya.
B. Beruang harus melawan banyak lebah untuk mendapatkan apa yang diinginkan.
C. Beruang berusaha mengambil benda yang bukan miliknya, akhirnya
celaka.
D. Beruang melarikan diri dari ratusan lebah yang mengejarnya.
Soal#7
Kalau sudah rezeki, tidak perlu mencari," kata Beruang. Maksud pernyataan
"Kalau sudah rezeki, tidak perlu mencari" dalam cerita tersebut adalah
A. Bentang mendapat rczeki bcrupa madu yang berada di dalam lubang pohon.
B. Beruang tidak peritt bersusah payah untuk mendapatkan madu.
C. Beruang yakin bahwa madu yang ada di lubang pohon adalah untuknya.
D. Beruang tinggal mengambil madu yang telah disiapkan oleh Lebah.
Soal#8
Konflik puncak pada cerita tersebut adalah
A. Bcruang mengatakan pada para lebah bahwa madu di lubang pohon itu
miliknya.
B. Beruang marah dcngan sikap para lebah yang telah menyengat tubuhnya.
C. Para lebah memperingatkan Beruang untuk tidak mengambil madu milik
mereka.
D. Para lebah menyerang Beruang dengan sengatan untuk melindungi madti
yang dimiliki.
Cerita berikut untuk soal nomor 20 dan 21.
Budi adalah siswa SD dari keluarga yang tidak mampu. Budi menggunakan
sebagian waktunya untuk membantu orang tuanya. Kehidupan Budi yang serba
kekurangan menjadikan Budi dijauhi temantemannya. Keadaan ini, menjadi
penyemangat Budi untuk menjadi orang sukses. Budi ingin menunjukkan bahwa ia
yang serba kekurangan pun dapat berhasil.
Disela-sela kesibukan membantu orang tuanya, Budi selalu menyempatkan untuk
belajar. Akhimya dia mendapat nilai terbaik di kelasnya. Prestasi Budi
membuat teman-temannya yang semula menjauhi menjadi kagum.
"Bud, maafican aku", kata Badu yang pemah menjauhi Budi. Akhimya prestasi
Budi dapat menyadarkan teman-temannya. Kesuksesan dapat diraih dalam kondisi
kekurangan.
Soal#9
Amanat cerita tersebut adalah
A. Kita tidak boleh menjauhi teman karena keadaan kerabatnya.
B. Kesuksesan hanya dapat diraih dengan membantu orang tua.
C. Anak dari keluarga yang tidak mampu harus sukses.
D. Ketekunan akan mengubah suatu keadaan menjadi lebih baik.
Posting Komentar untuk "10 Contoh Soal Latihan Bahasa Indonesia 2021 SD Kelas 6 #2"