25 Soal dan Jawaban Ujian Akhir Bahasa Indonesia SMP

Pilihlah jawaban yang benar di antara pilihan A, B, C, dan D!

Soal#1

Bacalah teks berikut!
“Bakat itu adalah 1% ilham ditambah 99% kerja keras.” Ini adalah kata-kata yang diucapkan oleh Thomas Alva Edison ketika orang-orang bertanya apakah dia merupakan orang yang berbakat. Makna kata yang digarisbawahi pada teks tersebut adalah ….
  1. bekerja sungguh-sungguh
  2. bekerja karena kewajiban
  3. bekerja dengan imbalan
  4. bekerja tanpa istirahat

Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 2 dan 3! 
Kondisi kebersihan lingkungan di Perumahan Cendana sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan tidak mampat/tersumbat. Tempat pembuangan sampah pun sudah ada di tiap depan rumah warga. Tempat pembuangan sampah berupa tong besar atau drum. Kondisinya juga terawat sehingga tidak menimbulkan bau tidak sedap. Petugas kebersihan mengambil sampah setiap tiga hari sekali. Selain itu, setiap satu bulan sekali warga Perumahan Cendana melakukan kerja bakti membersihkan selokan dan
rumput-rumput liar di sekitar perumahan.

Soal#2

Isi tersurat dari teks tersebut adalah …
  1. Masyarakat melaksanakan kerja bakti setiap akhir pekan.
  2. Kebersihan lingkungan di Perumahan Cendana sangat baik.
  3. Kesadaran masyarakat Perumahan Cendana masih kurang.
  4. Perumahan Cendana adalah area kompleks tempat tinggal.

Soal#3

Simpulan isi teks tersebut adalah …
  1. Membuang sampah pada tempatnya adalah contoh bentuk peduli kebersihan.
  2. Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab masyarakat dan pemerintah.
  3. Kesadaran warga Perumahan Cendana tentang kebersihan sangat tinggi.
  4. Petugas kebersihan selalu menjalankan kewajiban menjaga kebersihan.
Bacalah kutipan teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!
Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Dengan berolahraga akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Hal itu dapat dirasakan oleh semua orang yang berolahraga. Tak bisa dipungkiri bahwa olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang. Tak peduli itu orang dewasa ataupun anak-anak, jika tak pernah berolahraga pasti akan merasakan dampat negatifnya.

Soal#4

Ide pokok kutipan teks tersebut adalah ….
  1. pentingnya kesehatan
  2. gaya hidup berolahraga
  3. manfaat berolahraga
  4. dampak negatif olahraga

Soal#5

Isi tersirat kutipan teks tersebut adalah …
  1. Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.
  2. Ingin tubuh sehat dan bugar, lakukan olahraga secara rutin.
  3. Jika tidak pernah berolahraga, pasti akan merasakan dampak negatifnya.
  4. Olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang.

Soal#6

Bacalah kutipan teks berikut!
(1)Sayangnya artikel tersebut lebih bersifat teoritis. Sebagian besar uraian dalam artikel lebih banyak mengambil teori pembangunan karakter dari beberapa tokoh. 2) Dukungan berupa data yang menunjukkan adanya krisis karakter di negeri ini pun belum ada. (3) Begitu pula data yang mendukung keberhasilan pembangunan karakter di negara lain yang dicontohkan pun tidak ditemukan. (4) Namun demikian, artikel tersebut baik untuk kita baca. Paling tidak, artikel itu dapat menambah wawasan tentang pembangunan karakter bangsa. 

Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX Simpulan pendapat yang mendukung isi kutipan teks tersebut adalah …
  1. Sebagian besar uraian dalam artikel banyak mengambil teori pembangunan karakter dari beberapa tokoh.
  2. Data yang mendukung keberhasilan pembangunan karakter di negara lain pun tidak ditemukan.
  3. Dukungan berupa data yang menunjukkan adanya krisis karakter di negeri ini pun belum ada.
  4. Artikel tersebut layak dibaca untuk menambah wawasan pembangunan karakter bangsa.

Soal#7

Bacalah kutipan teks berikut!
Aktivitas belajar bukanlah suatu kegiatan yang dilakukan tanpa pengaruh dari faktor lain. Aktivitas belajar merupakan kegiatan yang melibatkan unsur jiwa dan raga. Belajar tidak akan pernah dilakukan tanpa suatu dorongan yang kuat, baik dalam dirinya yang lebih utama maupun dari luar sebagai upaya lain yang tidak kalah pentingnya. Faktor lain yang mempengaruhi aktivitas belajar seseorang itu dalam pembahasan ini disebut motivasi. Motivasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam aktivitas belajar siswa. Tidak ada seorang pun yang belajar tanpa motivasi. Tidak ada motivasi berarti tidak ada
kegiatan belajar.

Ringkasan kutipan tersebut adalah …
  1. Aktivitas belajar dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri dan dari luar diri.
  2. Tidak ada seorang pun yang belajar tanpa motivasi untuk hidup lebih baik.
  3. Aktivitas belajar merupakan kegiatan yang melibatkan unsur jiwa dan raga.
  4. Aktivitas belajar seseorang sangat dipengaruhi oleh semangat untuk maju.

Soal#8

Cermati kutipan teks berikut!
Teks I
Di dataran rendah yang kering, tanaman mangga dapat menerima sinar matahari selama 12 jam penuh sepanjang tahun. Sinar matahari berperan untuk pembentukan buah. Semakin intensif sinar matahari, semakin manis buah yang dihasilkan. Itulah sebabnya kawasan gurun dapat menghasilkan buah mangga yang cukup manis

Teks II
Kegiatan transportasi harian relatif menimbulkan pergerakan yang bersifat berulang, misalnya yang terjadi pada para pekerja dan mereka yang menempuh pendidikan di sekolah. Di Yogyakarta, kota kita tercinta ini, kemacetan terjadi setiap hari pada titik-titik yang menjadi jalur pergerakan para pekerja dan siswa dari tempat tinggal menuju lokasi kerja dan sekolah.

Teks I
  1. A beragam bahasa resmi
  2. B beragam bahasa tidak resmi
  3. C menggunakan kata penghubung sebab
  4. D menggunakan kata penghubung dan
Teks II
  1. beragam bahasa tidak resmi
  2. beragam bahasa resmi
  3. menggunakan kata penghubung dan
  4. menggunakan kata penghubung sebab

Soal#9

Bacalah kutipan teks berikut!
(1)Buku kumpulan cerpen “Hujan Kepagian” ini cukup menarik karena buku ini menceritakan tentang revolusi kemerdekaan. (2)Hanya sedikit karya sastra yang menampilkan kisah di sekitar revolusi yang dialami oleh si pengarang. (3)Selain itu, buku ini memiliki amanat yang mengajak generasi muda untuk tetap berjuang mempertahankan kemerdekaan. (4)Pengarang menggunakan beberapa kosa kata Belanda sehingga pembaca kurang memahami arti kata tersebut.

Kelemahan karya sastra pada kutipan tersebut ditandai nomor ….
  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)

Bacalah kutipan fabel berikut kemudian kerjakan soal nomor 10 s.d.13!
Singa dan Seekor Tikus (1) Seekor singa sedang tidur dengan lelap di dalam hutan, dengan kepalanya yang besar bersandar pada telapak kakinya. Seekor tikus kecil secara tidak sengaja berjalan di dekatnya, dan setelah tikus itu sadar bahwa dia berjalan di depan seekor singa yang tertidur, sang Tikus menjadi ketakutan dan berlari dengan cepat, tetapi karena ketakutan, sang Tikus malah berlari di atas hidung sang Singa yang sedang tidur. (2) Sang Singa menjadi terbangun dan dengan sangat marah menangkap makhluk kecil itu dengan cakarnya yang sangat besar. "Ampuni saya!" kata sang Tikus. "Tolong lepaskan saya dan suatu saat nanti saya akan membalas kebaikanmu." (3) Singa menjadi tertawa dan merasa lucu saat berpikir bahwa seekor tikus kecil akan dapat membantunya. Tetapi dengan baik hati, akhirnya singa tersebut melepaskan tikus kecil itu. (4) Suatu hari, ketika sang Singa mengintai mangsanya di dalam hutan, sang Singa tertangkap oleh jala yang ditebarkan oleh pemburu. Karena tidak dapat membebaskan dirinya sendiri, sang Singa mengaum dengan marah ke seluruh hutan. Saat itu sang Tikus yang pernah dilepaskannya mendengarkan auman itu dan dengan cepat menuju ke arah di mana sang Singa terjerat pada jala. Sang Tikus kemudian menemukan sang Singa yang meronta-ronta berusaha membebaskan diri dari jala yang menjeratnya. (5) Sang Tikus kemudian berlari ke tali besar yang menahan jala tersebut, dia lalu menggigit tali tersebut sampai putus hingga akhirnya sang Singa dapat dibebaskan. "Kamu tertawa ketika saya berkata akan membalas perbuatan baikmu," kata sang Tikus. "Sekarang kamu lihat bahwa walaupun kecil, seekor tikus dapat juga menolong seekor singa."

Soal#10

Makna kata yang digarisbawahi pada fabel tersebut adalah ….
  1. mengamat-amati dari tempat tersembunyi
  2. menggunakan mata untuk memandang
  3. memperhatikan dengan saksama
  4. melihat melalui lubang kecil

Soal#11

Makna tersurat pada kutipan fabel tersebut adalah …
  1. Jangan pernah ragu-ragu untuk berbuat kebaikan.
  2. Seekor tikus dapat juga menolong seekor singa.
  3. Jangan menilai seseorang dari ukuran fisiknya.
  4. Kebaikan yang ditanam akan berbuah kebaikan.

Soal#12

Tahapan pengenalan pada kutipan fabel tersebut ditandai nomor ….
  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)

Soal#13

Latar pada kutipan fabel tersebut adalah di ….
  1. sungai
  2. kolam
  3. jalan
  4. hutan
Bacalah kutipan cerpen berikut kemudian kerjakan soal nomor 14 s.d. 17!
…. Sampai di rumah, Shinta langsung tidur. Usai tidur, Shinta mengerang kesakitan. Ibu Shinta pun membawa Shinta ke rumah sakit. Sampai di rumah sakit, Shinta langsung ditidurkan di kasur rumah sakit. “Dok, ini anak saya kenapa?” tanya Ibu Shinta panik. Dokter pun mengambil tindakan untuk mengoperasi Shinta, namun sayang Allah berkehendak lain. Shinta meninggal saat operasi berlangsung. Dokter pun ke luar dari ruang operasi. “Bu, tim kami telah berusaha sebisa kami. Namun Tuhan berkehendak lain. Shinta telah tiada, Bu. Sabar ya, Bu.” ujar dokter memegang pundak Ibu Shinta. “Enggak Dok, Dokter bohong kan?” elak Ibu tak percaya, lalu Ibu berlari memasuki ruang operasi.
“Shinta! Ibu sayang sama kamu,Nak. Jangan tinggalin Ibu sayang!” ujar Ibu memeluk tubuh Shinta yang tak bernyawa. Ibu pun memberitahu Fira dan Lila tentang keadaan Shinta saat ini. Fira dan Lila pun segera menuju rumah sakit. Sampainya di rumah sakit Fira langsung memeluk tubuh Shinta yang kaku. “Shinta! Jangan pergi, aku masih butuh kamu, Shin!” ujar Fira dengan air mata yang
terus mengalir dari matanya. “Sabar Fir, sabar. Kamu harus ikhlas,” ucap Lila menenangkan Fira. Upacara pemakaman Shinta pun akan diadakan, semua orang menggunakan pakaian serba hitam. Setelah Shinta dimasukkan ke tempat peristirahatan terakhirnya, semua orang kembali pulang, namun Lila dan Fira masih menunggu di makam Shinta. “Shinta, aku akan selalu jadi sahabatmu. Karena kita sahabat sejati. Shinta, terima kasih atas kadomu yang terakhir kalinya,” ucap Fira memeluk batu nisan yang bertuliskan „Shinta Ramadhani‟. Kado Terakhir

Soal#14

Simpulan makna simbol pakaian serba hitam pada kutipan cerpen tersebut adalah ….
  1. kegembiraan
  2. pemakaman
  3. berduka cita
  4. bersuka ria

Soal#15

Isi tersirat pada kutipan cerpen tersebut adalah …
  1. Shinta memberi kado terakhir kepada sahabatnya Fira.
  2. Persahabatan yang sejati akan terbawa sampai akhir hayat.
  3. Lila menenangkan Fira yang bersedih karena kehilangan.
  4. Fira dan Lila menghadiri acara pemakaman sahabat sejatinya.

Soal#16

Sebab terjadinya konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah …
  1. Fira salah paham.
  2. Ibu memaksa Lila.
  3. Lila menyakiti Fira.
  4. Shinta menderita sakit.

Soal#17

Akibat konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah …
  1. Shinta meninggal saat dioperasi penyakitnya.
  2. Ibu membawa Shinta berobat ke rumah sakit.
  3. Fira menyesal karena telah salah menilai Lila.
  4. Shinta menemani Lila meminta maaf pada Fira.
Bacalah kutipan kedua cerpen berikut kemudian kerjakan soal nomor 18 dan 19!

Kutipan I
Impian Seorang Gadis Miskin “Hari ini kita akan membahas tentang impian,” ucap Bu Tya, guru Bahasa Indonesiaku. “Tuliskan apa impian kalian serta beberapa alasan kenapa kalian ingin menjadi seperti itu pada satu lembar kertas. Mengerti?” Kami semua mengangguk. Satu hal yang muncul dalam pikiranku, menjadi seorang penulis. …

Kutipan II
Masih Ada Harapan Yang mencintaimu tidak hanya satu orang, yang memperhatikanmu juga tidak satu orang, yang perlu kamu juga tidak hanya satu orang, ada keluargamu, teman-tamanmu, orang di sekitarmu yang perlu kehadiranmu dalam hidup mereka, jangan jadikan satu orang sebagai alasan untukmu berhenti berharap hidupmu harus tetap berjalan. …

Soal#18

Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerpen tersebut adalah diawali dengan ...
Kutipan I Kutipan II
  1. rumitan dan peleraian
  2. klimaks dan rumitan
  3. peleraian dan penyelesaian
  4. penyelesaian dan peleraian

Soal#19

Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan cerpen tersebut adalah ….

Kutipan I 
  1. menggunakan majas  dan tidak menggunakan majas
  2. bermakna konotasi dan bermakna denotasi
  3. kalimatnya singkat, jelas dan  kalimatnya panjang, bertele-tele
  4. kalimatnya panjang, membingungkan dan  kalimatnya singkat, jelas
Bacalah kutipan fabel berikut kemudian kerjakan soal nomor 20 s.d. 22!
….Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut. “Semut, peganglah erat-erat ranting itu. Nanti aku akan mengangkat ranting itu.” Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman. “Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat
dan terpuji. Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut. “Aku adalah kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya. Akhirnya, sang semut berjanji pada kupu-kupu bahwa ia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu. Dimodifikasi “Semut yang Sombong”dalam 50 cerita fabel dunia.

Soal#20

Komentar yang tepat terhadap isi kutipan fabel tersebut adalah …
  1. Setiap melakukan sesuatu hendaklah dipikir terlebih dahulu supaya tidak menyesal kemudian.
  2. Isi fabel itu sangat baik untuk ditiru, kita jangan suka menghina semua makhluk ciptaan Tuhan.
  3. Pemilihan latar pada kutipan fabel tersebut kurang sesuai, seharusnya pemilihan latarnya di hutan.
  4. Pemilihan tokoh semut dan kupu-kupu sangat sesuai dengan karakter yang dimiliki kedua tokoh tersebut.

Soal#21

Komentar pola pengembangan kutipan fabel tersebut adalah diawali dengan …
  1. Pola pengembangan kutipan fabel itu menarik karena diawali dengan perumitan.
  2. Kutipan fabel tersebut kurang menarik karena diawali dengan tahapan klimaks.
  3. Pola pengembangan fabel tersebutkurang menarik karena diawali dengan peleraian.
  4. Kutipan pengembangan fabel tersebut sangat menarik karena diawali penyelesaian.

Soal#22

Penggunaan bahasa pada kutipan fabel tersebut adalah ….
  1. menggunakan kata bermakna kiasan
  2. berbahasa Indonesia yang mudah dipahami
  3. kalimatnya jelas dan bermakna denotasi
  4. kalimatnya panjang dan sulit dimengerti

Soal#23

Cermati kalimat berikut!
Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor terpenting untuk […] kenyamanan, baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekitar. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ….
  1. menciptakan
  2. membentuk
  3. menyusun
  4. mencipta

Soal#24

Cermati teks berikut!
Mengatasi Rasa Sakit Tersiram Air Panas
(1) Ambillah sepelepah daun lidah buaya!
(2) Cuci hingga bersih!
(3) […]
(4) Tempelkan pada bagian yang tersiram air panas!
(5) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang!

Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah …
  1. Kupas bagian kulitnya!
  2. Biarkan sekitar 10 menit!
  3. Tempelkan pada kulit yang luka!
  4. Lepaskan dari luka bila sudah sembuh!

Soal#25

Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Pengalaman pertama yang membuat kami semakin bersyukur kepada Tuhan YME.
(2) Esok paginya, setelah puas kami pun turun gunung dengan perasaan penuh haru dan syukur.
(3) Malam tahun baru di puncak gunung, pengalaman pertama kami.
(4) Pendakian itu kami lakukan menjelang malam tahun baru.
(5) Perjalanan mendaki Gunung Merapi sangat menakjubkan.

Urutan kalimat-kalimat tersebut yang tepat adalah ….
  1. (4), (2), (5), (3), (1)
  2. (4), (3), (2), (5), (1)
  3. (5), (4), (3), (1), (2)
  4. (5), (1), (2), (4), (3)