Bagaimana Cara Membuat Jaringan

Pada pembahasan ini anda akan belajar bagaimana membuat jaringan komputer Anda sendiri. Di sini akan dijelaskan bagaimana membuat kabel jaringan, menyiapkan adapter, dan lainnya. Juga dijelaskan bagaimana menyeting TCP/IP, server, dan konfigurasi client. 
Di sini akan dijelaskan dari mulai perencanaan hingga instalasinya. Anda bisa memilih tipe komponen sesuai dengan yang Anda inginkan. Diharapkan setelah membaca bab ini, Anda bisa mendesain dan membuat jaringan sendiri

Merencanakan Jaringan 

Membuat jaringan ini mirip seperti melakukan kegiatan lainnya, yaitu dimulai dengan tahapan perencanaan. Bagian ini akan membantu Anda melakukan perencanaan tentang apa yang akan dibuat, sebelum Anda membuka dompet untuk membeli apa-apa saja yang diperlukan dalam pembuatan jaringan. 

Menyusun Rencana Jaringan 

Sebelum Anda memulai projek pembuatan jaringan, baik itu membuat jaringan dari awal, atau mengupgrade jaringan yang sudah ada, pertama Anda perlu membuat perencanaan yang detil. Jika Anda langsung ke tahapan teknis terlalu cepat, maka kemungkinan ada yang disesali kalau jaringan sudah jadi. Atau komponen-komponen di jaringan ada yang tidak bekerja dengan baik. 

Berikut ini beberapa pertimbangan yang harus Anda lakukan dalam merencanakan jaringan: 
  1. Jangan terburu-buru dalam merencanakan. Ini karena perencanaan yang salah akan menghabiskan banyak uang nantinya kalau sudah di tahap pembangunan. Lakukan perencanaan dengan benar, dan pertimbangkan apakah ada alternatif-alternatif untuk perencanaan Anda. 
  2. Tulislah rencana jaringan Anda. Kemudian tulislah apa yang ingin Anda rencanakan, tidak perlu panjang lebar hingga beratus-ratus halaman. Anda cuma perlu satu atau dua lembar kertas A4 saja untuk menuliskan apa yang ingin Anda rencanakan. 
  3. Tanyakan orang lain.Tanyakan rencana Anda ke orang lain yang sudah berpengalaman sebelum memulai proses pembelian, karena kadang ada saran perbaikan yang lebih baik. 
  4. Pastikan rencana up to date. Pastikan rencana Anda up to date dengan kondisi jaringan. Kalau memang Anda menambahkan jaringan, maka pastikan kondisi tersebut sudah dipertimbangkan di perencanaan Anda.