Memahami Berbagai Jenis Server

Memahami Berbagai Jenis Server

Memahami Berbagai Jenis Server - Kalau jaringan Anda membutuhkan satu server atau lebih yang dedicated, Anda harus mengenal tipe server mana sa a yang dibutuhkan Dalam banyak kasus, kadang satu komputer server bisa mengcover semua kbutuhan server saja Tapi kalau kebutuhannya sangat banyak biasanya satu komputer hanya untuk menangani satu server saja 

Server File 

Server file menyediakan tempat penyimpanan tersentralisasi yang bisa di share oleh komputer client di jaringan, Tugas utama dari server file adalah untuk menyimpan file dan program yang di sharing Contohnya anggota jaringan workgroup tertentu bisa menggunakan tempat penyimpanan di server file untuk menyimpan dokumen MS Office mereka.

Server file harus memastikan bahwa dua user tidak berusha mengupdate file yang sama pada saat yang bersamaan. Caranya server file akan mengunci file ketika user mengupdate file, sehingga user lain tidak bisa mengakses file hingga user pertama selesai mengeditnya. Kalau file dokumen seperti Word atau spreadsheet, maka semua file akan ter-lock, sehingga user lain tidak bisa mengedit. Sementara untuk database, penguncian hanya pada record atau record yang sedang terupdate. 

Server Print 

Membagi printer termasuk salah satu alasan kenapa banyak orang membuat jaringan, terutama di perkantoran. Walaupun biasanya tidak ada server dedicated, tapi Anda bisa mengkhususkan satu buah komputer untuk server dedicated. 

Server print ini bertujuan mengumpulkan informasi yang dikirim ke shared printer dan mencetaknya sesuai urutan antrian. 

Satu buah komputer kadang bisa berfungsi sebagai server file dan juga server print. Dengan tidak murahnya harga printer, maka Anda bisa lebih menghemat pengeluaran dengan menggunakan server print ini. 

Server Web 

Server web adalah jenis komputer server yang menjalankan software yang memungkinkan program web server seperti Microsoft IIS (Internet Information Services) dan Apache dijalankan. Ini nanti untuk meng-host aplikasi web. Untuk efisiensi, biasanya server web ini menggunakan virtualisasi, sehingga satu komputer bisa mengemulasikan puluhan atau ratusan komputer. Ini tentu akan memerlukan spek komputer yang cukup tinggi. 

Server Mail 

Server mail adalah komputer server yang menangani kebutuhan email Anda. Komputer server mail akan dikonfigurasi dengan software email server seperti MS Exchange Server, atau software lainnya. MS Exchange Server ini cocok untuk bekerja dengan MS Outlook yang merupakan mail client dari MS Office. 

Server Database 

Server database adalah komputer server yang menjalankan software database, seperti MS SQL Server, Oracle, atau MySQL. Serve database biasanya digunakan untuk aplikasi dunia bisnis, seperti akunting atau marketing. Server database kadang juga bekerja sama dengan server web kalau aplikasi web yang di-host sangat besar, jadi server database dengan server web dipisahkan. 

Itulah beberapa jenis server yang sering digunakan dalam dunia teknologi informasi.
Sekian