Pengertian Jaringan dan Jenisnya

Computer networking atau jaringan komputer, adalah istilah yang sangat akrab di telinga kita. Apalagi di jaman ekstra modern seperti sekarang. Ibarat manusia yang bermasyarakat, komputer pun bisa bergabung dengan komputer lain untuk membuat sebuah jaringan komputer. 

Apa Itu Jaringan? 

Sebuah jaringan lebih dari sekedar pertukaran data antara dua atau beberapa komputer yang terhubung oleh kabel (atau koneksi radio). Sehingga antar kedua komputer tersebut bisa ada pertukaran komunikasi. Ini karena komputer sendiri bisa melakukan pertukaran data melalui berbagai cara tanpa melalui jaringan. Misalnya melalui penyalinan data ke disket, CD RW, atau flash disk. Kemudian membawa media tersebut ke komputer lain, dan kemudian mengakses data tersebut di komputer baru kemudian menyalinnya untuk mentransfer informasi. 

Kendala dari metode seperti adalah data yang ditransfer cuma bisa sedikit, selain itu memakan waktu lama, dan tidak efisien. Karena itulah jaringan komputer sangat diperlukan. 

Anda bisa membuat jaringan komputer dengan cara menyambungkan semua komputer menggunakan kabel melalui antarmuka jaringan komputer. Antarmuka ini berupa sirkuit elektronik yang berada di dalam komputer Anda dan memiliki jack khusus di belakang komputer atau laptop Anda. Antarmuka ini sering disebut network adapter. 

Ini karena jaringan memungkinkan kita saling berbagi. Dari masa anakanak kita tahu bahwa berbagi ini sangat penting bagi kehidupan. Begitu pula dengan jaringan. Pada pnnsipnya, ada tiga hal yang dibag di jaringan komputer, yaitu: File, Resource, dan Program. 

Mengenal Sharing File 

Jaringan komputer memungkinkan Anda berbagi infomasi dengan komputer lainnya di jaringan. Anda bisa melakukan sharing file menggunakan beberapa cara. 

Ada banyak cara untuk membagi file dengan komputer lam, rnisalnya mengirim ke komputer kawan secara langsung, dengan cara menjadikan file tersebut sebagai attachment di pesan email kemudian mengwimkan 

pesannya. Atau bisa juga mempersilahkan teman Anda untuk mengakses komputer dari jaringan, sehingga teman Anda bisa mengambil file secara langsung dari hard drive. 

Masih ada cara lain juga, yaitu dengan menyalin file ke disk di komputer lain, dan kemudian memberitahukan teman Anda dimana Anda meletakkannya sehingga teman tersebut bisa mengambilnya kemudian. 

Dari semua cara tersebut, intinya data berpindah dari satu komputer ke komputer lain melalui kabel internet, dan bukan melalui Floppy disk, CDRW, atau Flash drive. Inilah ilustrasi sharing file di jaringan. 

Mengenal Sharing Resource 

Resource atau sumber daya di komputer seperti hard drive atau printer bisa dibagi bersama-sama. Istilahnya satu hardware bisa dipakai beramai-ramai. Misalnya printer yang ditancapkan di salah satu komputer bisa di-sharing sehingga bisa dipakai oleh pengguna komputer lain yang ada di jaringan. Dengan demikian, lebih hemat dan praktis karena komputer lain tidak perlu membuat jaringan yang berbeda. 

Hard drive juga adalah resource yang lazim dibagi. Bahkan kemungkinan besar pasti dibagi, karena kalau Anda membagi file tertentu ke komputer lain, sama saja dengan membagi resource hard disk ini ke komputer lain. 

Memahami Arti Server dan Client 

Di jaringan komputer ada istilah server dan client, apakah itu? Komputer pemilik hard drive, printer, dan resource lain yang dibagi (atau dengan kata lain yang memberi layanan) di jaringan adalah komputer server. Istilah server ini akan sering muncul di sepanjang buku ini. Karena itu Anda harus memahami makna. dari server ini. 

Sementara semua komputer yang bukan server, adalah client. Ini juga akan sering muncul di buku ini. Hanya ada dua jenis komputer di jaringan, yaitu server dan client. Kalau bukan server, ya pasti client, kalau bukan client ya pasti server. 

Biasanya komputer yang paling canggih dan paling modern akan dijadikan komputer server. Alasannya karena komputer dengan spek yang lebih canggih akan memerlukan resource yang lebih untuk dibagi ke komputer lain. 

Sementara komputer yang lebih murah dan kurang bertenaga akan menjadi client. Komputer client biasanya jenis komputer yang dipakai sehari-hari. Ini karena resource di komputer tidak dibagi dengan yang lain, sehingga tidak perlu yang terlalu canggih. 

Pada umumnya, sebuah jaringan akan memiliki jumlah client lebih banyak daripada server. Misalnya jaringan dengan 10 client mungkin hanya memiliki satu server saja. 

Di banyak jaringan, batasan antara client dan server ini mungkin tidak jelas. Maksudnya ada komputer yang berfungsi menjadi client dan berfungsi pula menjadi server. Atau dengan kata lain berfungsi sebagai server atau client. Tapi demi efisiensi jaringan, sebuah server tidak bisa menjadi client dan client tidak bisa menjadi server. 

LihatTutupKomentar