Perbedaan Vlog dan Blog

Pengertian Blog

Mengenal Blog - Istilah “Blog” pertama kali diperkenalkan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997, yang awalnya disebut sebagai “webblog: Terminologi webblog identik dengan sebuah halaman pribadi yang dipublikasikan melalui internet, biasanya mengandung konten yang diperbarui secara kontinu. Bagi para pengguna yang belum dapat membuat web dengan bahasa pemrograman tertentu, seperti PHP, ASP, JavaScript, atau lainnya, mereka dapat memanfaatkan teknologi blog ini untuk menampilkan informasi menurut pengetahuan mereka, seperti cerita, berita, karya tulis, tutorial, kumpulan dokumen e-book atau yang lainnya. 

Layanan blog yang dikeluarkan oleh Pyra Labs sekitar tahun 2003 sekarang didukung sepenuhnya oleh Google. Setiap orang dapat dengan mudah membuat akun dan melakukan publikasi informasi yang dimilikinya secara gratis dengan menggunakan surel sebagai syarat registrasi. Kemudahan lain dalam membuat blogger adalah pengguna dapat dengan mudah menyusun dan menata tempelate layout, animasi, dan properti lainnya selayaknya sebuah halaman web profesional. Di samping itu, setiap blog yang dibuat, akan memiliki subdomain blogspot. com sebagai contoh smkbisa2018.blogspot.com. Kelebihan laiinnya adalah blog tidak memiliki koneksi database sehingga cukup dijamin keamanannya dibanding script kode program 

web lainnya. Rata-rata blog dibuat lebih mencirikan karakteristik pembuatnya, misalnya blog dengan https://www.materikuliah.my.id/ yang berisi materi-materi pelajaran sekolah atau kuliah, jika dilihat dari domain nya blog tersebut memiliki kecendrungan bahwa user memiliki informasi pengenai materi-materi yang diajarkan dibidang pendidikan. 

Keuntungan lainnya adalah blog dapat dimanfaatkan untuk menambah penghasilan dengan cara mendaftarkan iklan melalui layanan Google adsense. Semakin banyak pengunjung dan iklan yang diklik, semakin besar pula pendapatan yang diperoleh. Beberapa fitur layanan DNS di internet memberikan subdomain gratis untuk me-redirect-kan domain blogspot yang dibuat agar lebih manusiawi dan tidak terkesan blog. Bagaimana membuat blog dan mendaftarkannya dengan domain lainnya? 

Pengertian Vlog

Mengenal Vlog - Saat ini, banyak sekali jenis blog jika dilihat berdasarkan Ya yang diunggahnya. Ada phlog, audio blog, vlog, dan microblog. Salah satu jenis blog yang sedang populer saat ini adalah vlog. Vlog merupakan perpaduan dua istilah, yaitu video dan blog. Video merupakan teknologi yang mampu menangkap dan merekam setiap gerakan nyata dalam sebuah data berformat dgrtal sehingga dapat ditransmisikan, diputar ulang, ditata atau dimodifikasi, bahkan dipublikasikan secara online. Adapun sulah blog merujuk pada catatan pribadi pengguna yang 

mengunggahnya di dunia maya sehingga dapat dilihat, di-update dan dikomentari oleh pengunjung. Jadi, vlog merupakan aktivitas blogging menggunakan media video yang dipublikasikan dan selalu diperbarui secara berkala untuk memperoleh rating pengunjung. 

Vlog sendiri terlahir seiring dengan populernya teknologi kamera digital dan dunia internet yang selalu mendengungkan kebebasan, kemudahan, serta kecepatan. Istilah dan budaya vlog mulai berkembang sekitar tahun 2000-an yang diawali oleh Adam Kontras dalam blognya adamkontras.com yang diikuti oleh Adrian Miles, kemudian Steve Garfield pada tahun 2004 merilis video blognya secara khusus. Pada tahun 2004 itulah disebut sebagai tahun video blog atau vlog. Salah satu situs terbesar yang menyediakan space harddisk bagi para pengguna untuk mengunggah videonya adalah Youtube.com. Selain gratis, mudah, dan berkecepatan tinggi, Youtube juga dapat menjadi sumber penghasilan. Dengan mengunggah video di Youtube, semakin banyak pengunjung yang menonton video Anda, semakin besar pula penghasilan yang diperoleh. Bagaimana cara membuat vlog di situs Youtube. Ikuti langkah-langkah berikut.