60 Contoh Soal Dan Jawaban Sistem Pakar

Contoh Soal dan Jawaban Sistem Pakar

Soal#1

Proses dimana peralatan mekanik dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berdasarkan pada pemikiran atau kecerdasan
buatan disebut...
a. Pendekatan teknik
b. Pendekatan Ilmiah
c. Pendekatan tehnik dan ilmiah
d. Pendekatan statistik
e. Pendekatan terstruktur

Soal#2

Ilmu yang mempelajari bagaimana sebuah komputer dapat melakukan kegiatan yang dapat dilakukan oleh manusia...
a. Pendekatan Ilmiah
b. Pendekatan statistik
c. Pendekatan teknik
d. Pendekatan terstruktur
e. Pendekatan tehnik dan ilmiah

Soal#3

Program ini dapat digunakan untuk memainkan game dan punya kemampuan untuk menyimpan pengalaman untuk
digunakan pada permainan, disebut...
a. Checkers-playing program
b. General Problem Solver (GPS)
c. commonsense reasoning
d. Robot control
e. Manufacturing planning

Soal#4

Menyediakan cara penyelesaian masalah untuk kasus dimana bila tidak ada lagi pendekatan langsung yang dapat digunakan
maka pindahkan kerangka kerja kpd teknik langsung yang mungkin untuk dilekatkan, disebut...
a. Search
b. Abstraction
c. Use of Knowledge
d. Scientific analysis
e. Commonsense Reasoning

Soal#5

Yang tidak termasuk Cabang dari Artificial Inteligent adalah...
a. Expert System
b. Robotic
c. Machine Visionn
d. Linguistic
e. Entity Relationship diagram

Soal#6

Suatu sistem yang menggabungkan pengetahuan dan penelusuran data untuk memecahkan masalah yang secara normal
memerlukan keahlian seorang pakar, disebut...
a. Sistem pakar
b. Fuzzy
c. Rekayasa Perangkat Lunak
d. Sistem interaksi
e. Sistem database

Soal#7

Pengetahuan seorang pakar yang sudah diadaptasi kebentuk software dapat diperbanyak dan disebarluaskan dalam jumlah
yang software dapat diperbanyak dan disebarluaskan dalam jumlah yang tidak terbatas, disebut...
a. Increased Availability
b. Reduced cost
c. Reduced danger
d. Permanence
e. Multiple expertise

Soal#8

Biaya memperbanyak software lebih murah dibanding menghadirkan atau melatih seorang pakar, disebut...
a. Increased Availability
b. Reduced cost
c. Reduced danger
d. Permanence
e. Multiple expertise

Soal#9

Dapat digunakan pada keadaan dan atau lokasi yang membahayakan manusia, disebut...
a. Increased Availability
b. Reduced cost
c. Reduced danger
d. Permanence
e. Multiple expertise

Soal#10

Sistem pakar dapat dibuat dan digunakan secara simultan dengan penggabungan beberapa pengetahuan dari banyak pakar,
disebut...
a. Increased Availability
b. Permanence
c. Reduced cost
d. Multiple expertise
e. Multiple expertise

Soal#11

Suatu proses untuk mengumpulkan data-data pengetahuan tentang suatu masalah dari pakar, disebut...
a. Fasilitas Akuisisi pengetahuan
b. Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
c. Mekanisme Inferensi
d. Fasilitas Belajar Mandiri
e. Fasilitas Penjelasan Sistem

Soal#12

Dalam pemrograman visual umumnya disediakan sarana untuk mengembangkan tabel-tabel penyimpanan data yang
terangkum dalam sebuah database, disebut...
a. Fasilitas Akuisisi pengetahuan
b. Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
c. Mekanisme Inferensi
d. Fasilitas Belajar Mandiri
e. Fasilitas Penjelasan Sistem

Soal#13

Bagian sistem pakar yang melakukan penalaran dengan menggunakan isi daftar aturan berdasarkan urutan dan pola tertentu.
Selama proses konsultasi antara sistem dan pemakai, mekanisme inferensi menguji aturan satu persatu sampai kondisi aturan
itu benar, disebut...
a. Fasilitas Akuisisi pengetahuan
b. Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
c. Mekanisme Inferensi
d. Fasilitas Belajar Mandiri
e. Fasilitas Penjelasan Sistem

Soal#14

Fasilitas ini memungkinkan sistem untuk mengembangkan dirinya sendiri dengan memilah atau mengelompokan kembali
fakta yang sudah ada, disebut...
a. Fasilitas Akuisisi pengetahuan
b. Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
c. Mekanisme Inferensi
d. Fasilitas Belajar Mandiri
e. Fasilitas Penjelasan Sistem

Soal#15

Bagian komponen sistem pakar yang memberikan penjelasan tentang bagaimana program dijalankan, apa yang harus
dijelaskan kepada pemakai tentang suatu masalah, memberikan rekomendasi kepada pemakai, mengakomodasi kesalahan
pemakai dan menjelaskan bagaimana suatu masalah terjadi, disebut...
a. Fasilitas Akuisisi pengetahuan
b. Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
c. Mekanisme Inferensi
d. Fasilitas Belajar Mandiri
e. Fasilitas Penjelasan Sistem

Soal#16

Salah satu kata dimana banyak orang mengetahui maknanya, tetapi sulit untuk mendefinisikannya, disebut...
a. Pengetahuan
b. Priori
c. Epistemology
d. Posteriori
e. Philosophy

Soal#17

Suatu studi tentang pengetahuan, studi ini dihubungkan dengan alam, struktur dan keaslian pengetahuan, disebut...
a. Pengetahuan
b. Priori
c. Epistemology
d. Posteriori
e. Philosophy

Soal#18

Epistemology mengekspresikan pengetahuan dalam tiga bentuk yaitu...
a. Philosopy, priori dan posteriori
b. Philosopy, pengetahuan dan posteriori
c. Philosopy, priori dan pengetahuan
d. Epistemology, Philosopy dan priori
e. Philosopy dan priori

Soal#19

Mengekspresikan kebenaran umum (general truth) yang terjadi di alam, yaitu...
a. Pengetahuan
b. Priori
c. Epistemology
d. Posteriori
e. Philosophy

Soal#20

Dibawah ini klasifikasi dari Pengetahuan yaitu...
a. Procedural knowledge, Declarative knowledge dan Tacit knowledge
b. Philosopy, pengetahuan dan posteriori
c. Philosopy, priori dan pengetahuan
d. Epistemology, Philosopy dan prior
e. epistemology

Soal#21

Dalam AI, yang digunakan untuk menjelaskan struktur pengetahuan yang lebih kompleks dibandingkan dengan jaringan
semantik, disebut...
a. Skema
b. Produksi
c. Jaringan
d. Pengetahuan
e. Priori

Soal#22

Bentuk skema berasal dari...
a. Psikologic
b. Priori
c. Epistemology
d. Posteriori
e. Philosophy

Soal#23

Abstraksi dimana obyek khusus diklasifikasikan dengan properti umum, disebut...
a. Skema konseptual
b. Skema phisik
c. Skema jaringan
d. Skema frame
e. Skema

Soal#24

Menciptakan pelajaran hubungan tidak formal antara sebab dan akibat atau cara mengatasinya, penyebab akan diulangi jika
menyenangkan atau dihindari jika menyakitkan, disebut...
a. Psikologic
b. Priori
c. Epistemology
d. Posteriori
e. Philosophy

Soal#25

Perbedaan umum, schema dengan jaringan adalah...
a. Schema memiliki struktur internal di dalam nodenya
b. Tabel jaringan schema seluruh pengetahuannya tentang node
c. Jaringan schema seperti struktur data
d. Schema, kunci penelitian merupakan data yang disimpan dalam node
e. Jaringan berisi struktur data

Soal#26

Proporsi atau pernyataan yang selalu bernilai benar atau salah karena berdasarkan fakta, disebut...
a. Premise
b. Conclusion
c. Priori
d. Schema
e. Node

Soal#27

Kesimpulan yang diturunkan dari dua pernyataan sebelumnya, disebut...
a. Premise
b. Conclusion
c. Priori
d. Schema
e. node

Soal#28

Serangkaian aksioma, yang berisi symbol untuk menunjukkan obyek dan jenis, dan operasi aljabar untuk memanipulasi symbol,
disebut...
a. Kontribusi Boole
b. Aksioma
c. Teori
d. priori
e. Schema

Soal#29

Definisi fundamental dari system logika seperti matematika dan logika itu sendiri. Dengan hanya menggunakan aksioma
dapat menghasilkan teori, disebut...
a. Kontribusi Boole
b. Aksioma
c. Teori
d. priori
e. Schema

Soal#30

Pernyataan yang dapat dibuktikan dengan menunjukkan bagaimana teori tersebut diperoleh, yaitu dengan menggunakan
aksioma, disebut...
a. Kontribusi Boole
b. Aksioma
c. Teori
d. priori
e. Schema

Soal#31

Suatu bentuk geometri yang menghubungkan titik-titik (node) dengan garis atau tanda panah (arch), disebut...
a. Tree
b. Latice
c. Graph
d. Node
e. Root

Soal#32

Bentuk Graph berarah, terbuka dimana selalu memiliki satu node sebagai root (akar) atau start, node-node yang memiliki
cabang dan sebagai root (akar) atau start, node-node yang memiliki cabang dan node-node yang tidak memiliki cabang yang
disebut...
a. Tree
b. Latice
c. Graph
d. Node
e. Leave (Daun) atau end

Soal#33

Parent bagi node dibawahnya dan begitu juga untuk setiap node yang bukan daun akan menjadi parent untuk node
dibawahnya, disebut...
a. Tree
b. Latice
c. Graph
d. Node
e. Root

Soal#34

Bentuk Graph berarah, bisa terbuka bisa tertutup, dapat memiliki lebih dari satu node sebagai start, dan adanya kemungkinan
dimana sebuah node memiliki lebih dari satu parent serta dapat terjadi hanya ada satu node sebagai leave (daun), disebut...
a. Tree
b. Graph
c. Root
d. Latice
e. Node

Soal#35

Skema representasi pengetahuan dan metode pemberian alasan tentang pengetahuan itu, disebut...
a. Struktur keputusan
b. Latice
c. Graph
d. Node
e. Root

Soal#36

Metode yang digunakan untuk menggambarkan inferensi adalah...
a. Deduktive logic
b. Sylogisme
c. Antecedent
d. Conclusion
e. Premises

Soal#37

Satu type argumen logika, yang memiliki dua premises dan satu conclusion adalah...
a. Deduktive logic
b. Conclusion
c. Sylogisme
d. Antecedent
e. Premises

Soal#38

Dalam argumen, premises digunakan sebagai bukti untuk mendukung conclusion (kesimpulan), dimana Premises disebut...
a. Deduktive logic
b. Conclusion
c. Sylogisme
d. Premises
e. Antecedent

Soal#39

Dalam argumen, premises digunakan sebagai bukti untuk mendukung conclusion (kesimpulan), dimana kesimpulan disebut...
a. Deduktive logic
b. Conclusion
c. Sylogisme
d. Premises
e. Consequent

Soal#40

Simbol ∴ disamping digunakan untuk menyatakan...
a. berarti/jadi (therefor)
b. Conclusion
c. Sylogisme
d. Premises
e. Antecedent

Soal#41

p → q, p; q
1. Notasi diatas untuk skema modus ponens yang digunakan sebagai pemisahkan premise, adalah...
a. Koma
b. titik
c. Titik koma
d. tanda panah
c. Garis lurus

Soal#42

Notasi diatas untuk skema modus ponens yang digunakan sebagai pemisahkan conclusion, adalah...
a. Koma
b. titik
c. Titik koma
d. tanda panah
e. Garis lurus

Soal#43

Bentuk khusus dari sylogisme, jika untuk kedua premise bernilai benar (T) maka nilai conclusion juga benar (T), disebut...
a. Modus ponens
b. Deduktive logic
c. Conclusion
d. Sylogisme
e. Antecedent

Soal#44

Hukum disamping disebut... p → q, ~q; ~p
a. Hukum data skema
b. Hukum Kontra Positif
c. Hukum Modus Tollen
d. Hukum inferensi disjunletif
e. Hukum negasi ganda

Soal#45

Hukum disamping disebut...~(~p); p
a. Hukum data skema
b. Hukum Kontra Positif
c. Hukum Modus Tollen
d. Hukum inferensi disjunletif
e. Hukum negasi ganda

Soal#46

Salah satu metode inferensi yang berusaha menghubungkan masalah dengan solusinya, disebut...
a. Rangkaian
b. Plan-Generate-Test
c. Generate and Test
d. Certerain Factor
e. Analogi

Soal#47

Rangkaian yang menghubungkan keadaan atau fakta yang dihadapi sebagai alasan kepada suatu kesimpulan, disebut...
a. Rangkaian Forward
b. Plan-Generate-Test
c. Generate and Test
d. Certerain Factor
e. analogi

Soal#48

Rangkaian yang menghubungkan suatu keadaan/fakta yang dihadapi sebagai suatu hipotesa kepada fakta-fakta lain yang
dapat mendukung hipotesa tersebut...
a. Rangkaian Backward
b. Plan-Generate-Test
c. Generate and Test
d. Certerain Factor
e. Analogi

Soal#49

Ide pokok dari pemberian alasan dengan mencoba dan menghubungkan situasi lama (yang pernah terjadi) sebagai penuntun
ke situasi yang baru, adalah...
a. Rangkaian Backward
b. Plan-Generate-Test
c. Generate and Test
d. Certerain Factor
e. Analogi

Soal#50

Metode inferensi dalam AI klasik yang berusaha mendapatkan solusi dengan mengenerate atau membuat yang mirip solusi
(diduga) melakukan test kemudian berhenti bila itu ternyata solusinya atau membuat lagi yang lain dan melakukan test lagi
sampai ditemukan solusi, disebut:
a. Rangkaian Backward
b. Plan-Generate-Test
c. Generate and Test
d. Certerain Factor
e. Analogi

Soal#51

Sebutan untuk menyatakan kekurangan informasi yang memadai untuk mengambil suatu keputusan, adalah...
a. Prospector
b. Kepastian
c. Ketidak pastian
d. Crossover
e. Mutasi

Soal#52

Kesimpulan datang ketika semua bukti yang diperlukan untuk mengambil kesimpulan tidak diketahui dengan pasti, disebut...
a. Prospector
d. Kepastian
b. Ketidak pastian
e. Crossover
c. Mutasi

Soal#53

Komputasi yang melibatkan data-data dengan ketidakpastian, ketidakakuratan maupun kebenaran yang parsial, disebut...
a. Prospector
b. Fuzzy Inference System (FIS)
c. Genetic Algorithm
d. Crossover
e. Soft Computing

Soal#54

Sistem inferensi yang mendasarkan logikanya dengan logika yang menyerupai bahasa sehari-hari, disebut...
a. Prospector
b. Fuzzy Inference System (FIS)
c. Genetic Algorithm
d. Crossover
e. Soft Computing

Soal#55

Komponen rule dan Deffuzifikasi adalah Fungsi keanggotaan dari...
a. Prospector
b. Fuzzy Inference System (FIS)
c. Genetic Algorithm
d. Jaringan Syaraf Tiruan (JST)
e. Soft Computing

Soal#56

Salah satu bahasa pemrograman untuk sistem pakar yang dibuat dari Bahasa C, dimana tipe inference yang dipakai rangkaian
forward serta dikembangkan oleh NASA, adalah...
a. CLIPS
b. Fotran
c. C
d. Asembler
e. Pascal

Soal#57

Pada Clips, field yang berupa kata, string, atau angka, disebut...
a. Fakta
b. Daftar Fakta
c. Basis Pengetahuan
d. Mesin Inference
e. Baris

Soal#58

Field pertama dari fakta secara normal digunakan untuk menunjukkan...
a. Tipe informasi
b. Judul informasi
c. Relasi
d. Fakta
e. Template

Soal#59

Fakta yang dapat digunakan untuk dokumen tipe informasi yang disimpan dalam fakta, adalah...
a. Tipe informasi
b. Judul informasi
c. Relasi
d. Fakta
e. Template

Soal#60

Komponen kedua dari sistem CLIPS, adalah...
a. Kolom
b. Baris
c. Template
d. Tipe informasi
e. schema
Demikian soal dan kunci jawaban Sistem Pakar bsi dan nusa mandiri terbaru. Semoga soal dan kunci jawaban Sistem Pakar
LihatTutupKomentar