Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Energi Terbarukan dan Biomasa


Energi Terbarukan 

Tenaga surya

Jenis energi terbarukan ini diperoleh dengan menangkap energi radiasi dari sinar matahari dan mengubahnya menjadi panas, listrik, atau air panas. Sistem fotovoltaik (PV) dapat mengubah sinar matahari langsung menjadi listrik melalui penggunaan sel surya.

Angin

Ladang angin menangkap energi aliran angin dengan menggunakan turbin dan mengubahnya menjadi listrik. Ada beberapa bentuk sistem yang digunakan untuk mengubah energi angin dan masing-masing berbeda.

Sistem pembangkit tenaga angin kelas komersial dapat memberi daya pada banyak organisasi yang berbeda, sementara turbin angin tunggal digunakan untuk membantu melengkapi organisasi energi yang sudah ada sebelumnya.

Hidroelektrik

Bendungan adalah apa yang paling banyak diasosiasikan orang dalam hal tenaga air. Air mengalir melalui turbin bendungan untuk menghasilkan listrik, yang dikenal sebagai tenaga air penyimpanan-pompa. Tenaga air aliran sungai menggunakan saluran untuk mengalirkan air daripada mengalirkannya melalui bendungan.
Panas bumi

Panas bumi adalah panas yang terperangkap di bawah kerak bumi dari pembentukan bumi 4,5 miliar tahun yang lalu dan dari peluruhan radioaktif. Terkadang sejumlah besar panas ini keluar secara alami, tetapi sekaligus, menghasilkan kejadian yang sudah dikenal, seperti letusan gunung berapi dan geyser.

Pernahkah kalian mendengar kompor yang energinya berasal dari kotoran hewan?. Kok bisa?.
Itulah yang dinamakan Biomasa atau dalam arti lebih luas adalah sumber energi yang dihasilkan dari bahan-bahan biologis seperti kotoran hewan, sisa tumbuhan dan limbah organik lainnya. Prinsip kerja biomassa adalah merubah sisa-sisa bahan biologis tersebut menjadi gas atau bentuk lainnya yang nanti dapat menjadi sumber energi.
 

Energi Biomasa

Biomassa merupakan salah satu energi alternatif yang potensial dikembangkan karena dapat mengurangi limbah dan sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan. Biomassa terdiri dari berbagai jenis diantaranya:

Biogas

Biogas merupakan gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan organik. Kotoran hewan dan limbah domestik merupakan bahan-bahan dasar pembuat biogas. Untuk mengubah kotoran hewan atau limbah domestik menjadi gas diperlukan alat instalasi. Hasilnya kemudian disalurkan melalui pipa-pipa ke rumah. Beberapa desa di Indonesia sudah memiliki fasilitas ini untuk menyediakan kebutuhan energi warga. 

Biodiesel

Biodiesel adalah bahan bakar cair untuk mesin diesel yang berasal dari bahan organik. Biodiesel bisa dihasilkan dari tanaman jarak, minyak sawit dan kedelai. 

Bioethanol

Bioetanal adalah bahan bakar berjenis bensin premium yang berasal dari tanaman seperti kentang, tebu, singkong dan jagung.

Biobriket

Biobriket adalah bahan bakar yang berasal dari sekam, serbuk kayu, serbuk gergaji yang telah diolah menjadi padat. 

Biokerosen

Biokerosen adalah minyak nabati murni setipe minyak tanah dan dapat digunakan sebagai bahan bakar mesin diesel atau pembangkit listrik.

Biomassa merupakan salah satu energi alternatif yang potensial dikembangkan mengingat semakin terbatasnya bahan bakar konvensional di masa depan. Akan tetapi penggunaan biomassa secara besar-besaran akan menimbulkan kekhawatiran terhadap ketersediaan tanah yang di sisi lain juga digunakan untuk produksi makanan atau penggunaan komersil lainnya. Penggunaan komoditas pangan untuk biomassa akan menjadikan harga komoditas bahan pangan menjadi mahal. 

Saat ini salah satu daerah yang sudah mengembangkan energi biomassa adalah Propinsi Gorontalo. Di Gorontalo PT PLN telah resmi mendirikan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa dengan memanfaatkan tongkang jagung sebagai bahan dasar energi pembangkit generator. Gorontalo merupakan salah satu sentra penghasil jagung terbesar di Indonesia sehingga potensi tersebut diperluas tidak hanya untuk memenuhi pangan masyarakat namun untuk kebutuhan penyediaan energi listrik.

Biomassa merupakan salah satu energi alternatif yang dapat dikembangkan di masa depan ketika sumber daya energi konvensional sudah tidak dapat diandalkan lagi. 


Sumber Biomassa
Contoh Energi Biomassa dari Serbuk Kayu


Sumber dan Gambar:
disini
disini

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Energi Terbarukan dan Biomasa"