Mengenal Blender Aplikasi Pembuat Animasi

Mengenal Blender Aplikasi Pembuat Animasi

Animasi Dengan Blender

Pembuatan video dengan melakukan rekaman secara langsung menggunakan peranti eksternal seperti camcorder cukup rumit dan kompleks dari sisi persiapan dan pelaksanaannya, karena memang ditujukan untuk memproduksi film. Meski demikian, Anda juga dapat membuat film atau video dengan cerita tertentu tanpa harus melakukan perekaman video layaknya sebuah film yang memerlukan figur pemeran. 

Dengan animasi tiga dimensi, Anda dapat memvisualisasikan ide atau gagasan yang muncul dalam kepala Anda, seperti membuat video animasi pembelajaran fisika, teknik jaringan, pola pencernaan tubuh manusia bahkan membuat film kartun, dan lainnya.

Aplikasi pengolah grafis dan desain animasi saat ini cukup banyak, seperti Synfig Studio, Blender, Sqirlz Morph, Anime Studio, Pivor Stickfigure Animator, Aurora Animasi 3D Maker, Stykz, Animatordv, Monkey Jam, Fotomorph, dan lainnya. Blender adalah salah satu jenis aplikasi yang cukup populer saat Ini. 

Selain bersifat gratis (open source). Blender juga mendukung berbagai platform OS (Linux, Windows, MacOS), Selain itu, Blender memiliki Fitur yang lengkap seperti Game Creation, Camera And Object Tracking, Flexible Interface, Library Of Extentlons, Modelling, Photoreaistic Rendering, Realistic Materials, Animation, Sculpting, Compositos, Simulationi, dan UV Unwrapping.

Menu - Menu Pada  Blender

  • Menu, berisi daftar menu yang dapat digunakan untuk mengoperasikan Blender,
  • Info Window, menampilkan informasi gambar 3D yang sedang dikerjakan.
  • Outliner Window, bagian jendela yang memperlihatkan objek-objek yang dibuat dalam 3D View Window. Di samping itu, bagian Ini juga mengandung informasi semua pengaturan objek seperti layer.
  • Editor Window, digunakan untuk mengedit properti setiap Objek yang ditempatkan dalam area 3D View Window seperti render (gambar kamera), render layers (pengaturan render pada layer yang berbeda), world (pengaturan background ruang 3D), object (mengedit objek), constrain (memberikan aksi tertentu pada object), modifier (memodifikasi objek), data (digunakan untuk menciptakan sebuah grup pada Objek yang dipilih), material (seperti pengatur perwarnaan), fexture (memberikan corak dan tekstur objek), particles (memberikan efek partikel), physics (menambahkan efek Asik).
  • 3D View Window, merupakan area kerja modifikasi dan manipulasi gambar atau objek 3D.
  • Timeline Window berguna mengatur timing alur gerak animasi, aksi atau efek yang diberikan pada objek.
  • Menu 3D View, ialah daftar menu yang menyediakan fitur opsi 3D View.
  • Playback Window, yaitu untuk menjalankan hasil animasi yang dibuat.
  • Tools Shelf,  yaitu kumpulan tools yang dapat digunakan untuk membuat gambar, memanipulasinya menjadi 3D view, efek animasi, dan lainnya.
Dalam Blender, ada dua jenis view, yakni sebagai berikut.
  1. Perspective, yaitu tampilan ukuran objek tergantung dari sisi atau perspektif sudut pandang mata manusia.
  2. Orthogonal, yaitu tampilan ukuran objek selalu sama untuk setiap sisi bangunannya. Dengan demikian, tidak terpengaruh sudut pandang tertentu.