Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuis Kihajar 2017: Cara Mendaftar, Login dan Mengerjakan

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Sahabat pendidikan, Kuis Kihajar (Kita Harus Belajar) telah kembali digelar oleh pemerintah. Kuis ini menjadi sarana berkompetisi secara akademis untuk para peserta didik di jenjang pendidikan SD, SMP sampai dengan SMA atau yang sederajat dengan menggunaan pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Selain untuk mengasah kemampuan, Kuis Kihajar 2017 juga akan memberikan hadiah berupa tabungan pendidikan dengan jumlah total mencapai 200 juta rupiah.

Kuis Kihajar 2017 sudah dimulai pada hari Senin tanggal 15 Mei 2017.  Kuis ini dilaksanakan secara Harian yang ditayangkan oleh stasiun Televisi Edukasi dan bisa diikuti juga melalui laman tve.kemdikbud.go.id.

 Kuis ini menjadi sarana berkompetisi secara akademis untuk para peserta didik di jenjang  Kuis Kihajar 2017: Cara Mendaftar, Login dan Mengerjakan


Tak hanya itu, pada bulan Juli 2017 mendatang, Kuis Kihajar juga akan menemui para peserta langsung di 34 provinsi dengan Kuis Kihajar Provinsi.

Selanjutnya, para pemenang Kuis Kihajar 2017 di setiap jenjang pendidikan yang berasal dari Kuis Kihajar Harian maupun Kihajar Provinsi akan diundah menuju ke Ibu Kota Jakarta guna mengikuti tahap berikutnya, yakni Kuis Kihajar Tingkat Nasional.

Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

  • 9 orang peserta Kuis Kihajar harian melalui tayangan stasiun TV Edukasi yang terdiri dari jenjang pendidikan SD, SMP sampai dengan SMA atau yang sederajat, masing-masing adalah tiga orang peserta.
  • 9 peserta kuis Kihajar melalui website tve.kemdikbud.go.id yang terdiri dari jenjang pendidikan SD, SMP sampai dengan SMA atau sederajat, masing-masing adalah tiga orang peserta. Untuk data peringkat sementara Kuis Kihajar 2017 melalui website ini anda lihat setiap waktu melalui website kihajar dengan alamat url yaitu http://kihajar.kemdikbud.go.id.
  • 102 peserta dari Kuis Kihajar Provinsi yang berasal dari 34 provinsi terdiri dari jenjang pendddidikan SD, SMP sampai dengan  SMA atau yang sederajat masing-masing satu orangpeserta.

Tak hanya berkesempatan meraih tabungan pendidikan, para peserta Kuis Kihajar diharapkan akan semakin mendapatkan banyak pengalaman. Serta timbul dorongan untuk memanfaatkan TIK guna mendukung aktivitas pembelajaran setiap hari.

Untuk Pendaftaran dan keterangan lebih lanjut seputar pelaksanaan Kuis Kihajar 2017 bisa anda lihat pada website.

Mekanisme Penyelenggaraan Kuis Kihajar 2017

Adapun mekanisme penyelenggaraan Kuis Kihajar 2017 akan digelar di dalam 4 kegiatan, yaitu:

  • Kuis Harian 
  • Kuis Website
  • Kuis Provinsi 
  • Kuis Nasional

Cara Mendaftar, Login dan Mengerjakan Kuis Kihajar 2017

Jika anda berminat mengikuti kuis ini maka silahkan terlebih dahulus mendaftarkan diri. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan membuat akun anda melalui Link PENDAFTARAN AKUN
  2. Sesudah anda selesai membuat Akun, kemudian silahkan LOGIN dengan menggunakan Username (email) yang telah anda gunakan ketika pendaftaran tadi
  3. Apabila anda sukses melakukan Login, maka dibagian sebelah kiri akan tampil sebuah fitur bertuliskan KERJAKAN SOAL. Klik Fitur tersebut
  4. Selanjutnya silahkan klik Tombol MULAI MENGERJAKAN SOAL
  5. Untuk Mengerjakan Kuis Kihajar 2017 caranya adalah dengan memilih Jawaban lalu Klik JAWAB SOAL

Contoh Soal Kuis Kihajar

Mengenai Contoh Soal Kuis Kihajar sebenarnya sangat banyak sekali terdapat di internet. Anda bisa mengetahuinya secara bebas.

Yang jelas, soal kuis Kihajar akan disesuaikan dengan jenjang pendidikan dari masing-masing peserta didik.

Waktu Pelaksanaan Kuis Kihajar 2017

Kuis Kihajar 2017 untuk Tingkat Provinsi akan dilasanakan secara bersama antara bulan Agustus s/d Oktober 2017.

Mekanismenya ialah para petugas pusat dan juri di tingkat nasional akan datang secara langsung ke masing-masing provinsi.

Kuis Kihajar 2017 di masing-masing provinsi mencakup 2 kegiatan, yakni:

Hari Pertama:

Menggelar Kuis Kihajar di Tingkat Provinsi (Lokal) guna memilih 6 orang finalis di mana mereka masing-masing merupakan 2 peserta yang berada pada peringkat teratas siswa: jenjang pendidikan SD/SMP/ SMA atau sederajat. Peserta kuis untuk tingkat provinsi ini bukanlah merupakan finalis di kuis Kihajar Harian.

Hari Kedua:

Para finalis akan mengikuti sebuah tes yang terkait dengan kompetensi yang diukur berupa keterampilan/skill dalam yang memanfaatkan TIK berupa membuat sebuah proyek dalam bentuk digital, dengan mengacu pada ketentuan sebagai berikut:

Presentasi: setiap peserta telah mempersiapkan presentasinya melalui sebuah powerpoint yang materi di dalamnya bersumber dari VoD TV Edukasi (silahkan lihat pada website tve.kemdikbud.go.id/vod)
Format presentasi tersebut dapat berupa file pengolah kata (Ms word), file presentasi (Ms. power point), file video, ataupun juga file multimedia.

Bobot Penilaian Kuis Kihajar 2017

Untuk Bobot Penilaian Kuis Kihajar 2017 adalah sebagai beriktu

  • Konten bobotnya adalah 50
  • Performan penyajian bobotnya adalah 30
  • Kompleksitas materi sajian dari aspek TIK bobotnya adalah 20

Demikian informasi mengenai Kuis Kihajar 2017: Cara Mendaftar, Login dan Mengerjakan yang dapat kami sampaikan.


Sumber https://www.panduandapodik.id/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel pemrograman Komputer.

Posting Komentar untuk "Kuis Kihajar 2017: Cara Mendaftar, Login dan Mengerjakan"