Sejarah Penemuan Mekanisme Antikythera - Komputer Tertua di Dunia

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Mekanisme Antikythera adalah sebuah artefak yang didapat dari kapal karam di Antikythera, Yunani. Artefak ini adalah kalkulator astronomi berusia 2.000 tahun yang dibuat oleh orang-orang Yunani kuno. Penemuan yang berusia sekitar 150 tahun sebelum masehi ini disebut-sebut sebagai komputer tertua di dunia yang pernah diciptakan.

Rabu 17 Mei 2017, Google memperingati 115 tahun penemuan mekanisme Antikythera dengan memunculkan  . Pada 17 Mei 1902, seorang arkeolog Yunani bernama Valerios Stais menemukan artefak dari kapal karam di Pulau Antikythera, Yunani. Stais adalah orang pertama yang memperhatikan proses menarik perunggu di antara harta karun tersebut yang kemudian dinamai mekanisme Antikythera.

(Baca juga: "Penemu Komputer Pertama - Charles Babbage")


Penemuan

Pada 17 Mei 1902, Valerios Stais yang merupakan seorang arkeolog Yunani menyaring beberapa artefak dari kapal karam di Antikythera. Kapal karam tersebut merupakan Kapal kargo Romawi yang rusak dan ditemukan dua tahun sebelumnya. Stais adalah orang pertama yang memperhatikan proses menarik perunggu di antara harta karun tersebut. Itu tampak seperti roda gigi atau roda. Potongan logam yang terkorosi itu ternyata merupakan bagian dari mekanisme Antikythera, sebuah komputer astronomi analog kuno.

Setelah temuan itu, mekanisme Antikythera adalah sumber misteri selama bertahun-tahun. Namun, dalam beberapa dekade terakhir, para peneliti mulai menguak satu per satu rahasianya.
Antikythera merupakan sebuah nama pulau di bagian selatan Yunani. Masuk kedalam daerah administratif Attica. Nama Antikythera juga diberikan untuk sebuah selat di sekitar pulau tersebut. Tak lebih dari 40 kilometer ke arah tenggara, terdapat 'pasangan' dari pulau ini yang diberi nama Pulau Kythera. Pulau Antikythera hanya memiliki luas sekitar 20 kilometer persegi. Populasi masyarakat di pulau ini tak sampai 100 orang yang terbagi ke dalam tiga titik kompleks pemukiman.
Pertengahan tahun 2016 lalu, sebuah tim ahli telah mengungkapkan informasi terbaru. Hasil pembacaan terhadap 35.000 karakter Yunani berukuran kecil di perangkat itu ternyata menguraikan beberapa keajaiban teknik paling menakjubkan sepanjang sejarah.

Mekanisme Antikythera dapat melacak posisi planet, meramalkan gerhana bulan dan matahari, dan bahkan memberi isyarat pada Olimpiade berikutnya. Mekanisme ini juga digunakan untuk pemetaan dan navigasi. Sebuah dial di bagian depan menggabungkan kalender zodiak dan matahari, sementara memanggil di belakang menangkap siklus surgawi. Model komputer berdasarkan tomografi tiga dimensi telah mengungkapkan lebih dari 30 gigi canggih, bertempat di kotak kayu dan perunggu seukuran kotak sepatu.

Mekanisme awalnya bertanggal sekitar tahun 85 SM, namun studi terbaru menunjukkan bahwa hal itu mungkin lebih tua (sekitar tahun 150 SM). Perangkat bertenaga engkol jauh di depan waktunya. Komponennya sama rumitnya dengan jam pada abad ke-18.


Deskripsi Mekanisme Antikythera

 Mekanisme Antikythera adalah sebuah artefak yang didapat dari kapal karam di Antikythera Sejarah Penemuan Mekanisme Antikythera - Komputer Tertua di Dunia
Google Doodle 17 Mei 2017 -  Mekanisme Antikythera
Mekanisme Antikythera ditemukan di dalam kotak kayu berukuran 340 milimeter (13 in) × 180 milimeter (7.1 in) × 90 milimeter (3,5 in), perangkat ini adalah mekanisme jarum jam yang kompleks yang terdiri dari setidaknya 30 gigi perunggu meshing. Artefaki ini ditemukan sebagai satu benjolan, kemudian dipisahkan dalam tiga fragmen utama, yang sekarang terbagi menjadi 82 fragmen terpisah setelah karya konservasi. Empat fragmen ini berisi gigi, sementara prasasti ditemukan pada banyak lainnya. Gear terbesar berdiameter 140 milimeter (5.5 in) dan awalnya memiliki 223 gigi.

Artefak itu mungkin ditemukan pada atau sekitar 22 Juli 1901 (dalam kalender Julian, kalender yang terus digunakan orang Yunani saat ini, yang sesuai dengan tanggal 4 Agustus 1901 dalam kalender Gregorian yang digunakan saat ini) dari Karavan Antikythera di pulau Antikythera di Yunani, yang pada zaman purba dikenal dengan nama Aigila. Dipercaya telah dirancang dan dibangun oleh ilmuwan Yunani, instrumen tersebut telah bervariasi bertanggal sekitar 87 SM, atau antara 150 dan 100 SM, atau pada tahun 205 SM, atau Dalam satu generasi sebelum tanggal kapal karam (sekitar tahun 60 SM).

Semua fragmen yang diketahui dari mekanisme Antikythera disimpan di Museum Arkeologi Nasional di Athena, bersamaan dengan sejumlah rekonstruksi artistik tentang bagaimana mekanisme tersebut dapat terlihat. (Sumber)
Sumber https://blogpenemu.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel pemrograman Komputer.

Posting Komentar

© MATERI KULIAH. All rights reserved. Developed by Jago Desain