10 Langkah Mengulas Jurnal, Kenali Cara Persisnya

Langkah mengulas jurnal tidak dapat asal-asalan. Karena, ulasan jurnal ialah sebuah pembahasan pada suatu jurnal agar ketahui kwalitasnya. Langkah ulasan jurnal umum dilaksanakan oleh orang yang telah kuasai sektor dari ulasan jurnal itu.

Dalam sektor pengajaran, ulasan jurnal lebih ke arah beberapa peningkatan ilmu dan pengetahuan. Pahami langkah mengulas jurnal ialah cara yang penting dilaksanakan dalam aktivitas akademis, dan diperlukan untuk cari rekomendasi simpatisan atau memelajari sebuah riset yang telah ada dan diedarkan jadi jurnal ilmiah.



Baca



Langkah mengulas jurnal akan latih pengetahuan dan cari pokok-pokok yang dihidangkan dalam sebuah jurnal. Tetapi, langkah mengulas jurnal ada banyak ketetapan yang perlu dilaksanakan. Pasalnya langkah mengulas jurnal harus seimbang, lengkap, dan bernilai.

Berikut Liputan6.com sudah meringkas dari beragam sumber, bagaimanakah cara mengulas jurnal yang pas, Senin (1/3/2021).

1. Baca sepintas

Saksikan artikel jurnal dan coba susuri asumsinya. Lihat judul, abstrak, dan judul untuk ketahui bagaimana jurnal ini diatur. Dalam skim cepat dan awalnya ini, analisis pertanyaan atau permasalahan yang diulas jurnal itu.

Sesudah membaca sepintas, baca jurnal dari sejak awalnya sampai akhir untuk meningkatkan kesan-kesan keseluruhnya. Pada tahapan ini, analisis tesis, atau argument khusus, sorot atau garis bawahi yang dipastikan dalam pendahuluan dan ringkasan.



2. Ketahui style publisitas

Langkah mengulas jurnal perlu mengecek pola dan dasar style publisitas. Melatih diri dengan standard publisitas akan memberikan deskripsi mengenai langkah menilai jurnal dan membuat ulasan. Melatih diri dengan pola dan dasar style penting bila tidak pernah mengeluarkan jurnal itu awalnya.

Misalnya, jurnal kemungkinan mewajibkan untuk mereferensikan jurnal untuk diedarkan, penuhi perhitungan kata tertentu, atau sediakan koreksi yang perlu dibikin oleh penulisnya.



3. Dalami sistemnya

Langkah mengulas jurnal yang tidak kalah penting yakni pahami sistem penelitan. Pikirkan langkah yang lain kemungkinan untuk mempersiapkan uji coba atau membuat riset, dan tulis pembaruan apa saja yang bisa dilaksanakan oleh penulis.

4. Baca lagi dan buat catatan

Langkah mengulas jurnal seterusnya dengan membuat catatan penting. Sesudah membaca selengkapnya, baca artikelnya sisi untuk sisi. Kamu bisa cetak salinan dan menulis catatan dan komentar di margin. Bila kamu lebih sukai bekerja dengan salinan digital, catat catatan dan komentarmu di document Word.

Sambil membaca lebih dekat, ukur apa dan berapa baik jurnal itu menuntaskan permasalahan intinya. Pada tahapan ini, tulis tiap tidak konsisten terminologis, permasalahan pengaturan, kekeliruan tulis, dan permasalahan pola.



5. Tetapkan kualitas abstrak dan pendahuluan memetakkan jurnal

Lihat abstrak dan pendahuluan dengan detail, selanjutnya mencari jawaban dari pertanyaan berikut ini:

- Berapa baik abstrak meringkas artikel, permasalahan yang diulas, tehnik, hasil, dan signifikansinya?

- Apa pendahuluan memetakkan susunan artikel?

- Apa secara jelas menempatkan dasar-dasarnya?



6. Lihat style penulisan

Langkah mengulas jurnal seterusnya dengan menilai tata bahasa. Walau ditujukan untuk publik khusus, style penulisan jurnal harus terang, singkat, dan betul. Penilaian style dengan menanyakan dalam diri sendiri beberapa hal berikut ini:

- Apa bahasanya terang dan tidak problematis, atau apa slogan yang terlalu berlebih mengusik kekuatannya untuk membikin argument?

- Adakah lokasi yang terlampau berbelit-belit? Apa ada gagasan yang bisa dipastikan secara lebih simpel?

- Apa gaya bahasa, pertanda baca, dan terminologi telah betul?

7. Penilaian rekomendasi jurnal dan pantauan pustaka

Langkah mengulas jurnal setelah itu menilai rekomendasi. Mayoritas artikel jurnal meliputi pantauan literatur yang ada semenjak awalnya dan, di semua, mencuplik kreasi ilmiah awalnya. Tetapkan apa sumber yang ditunjuk paling dipercaya, berapa baik pantauan pustaka meringkas sumber, dan apa sumber itu tempatkan artikel dalam sektor riset atau cuman memberikan beberapa nama populer. Bila perlu, sempatkan diri untuk pelajari salinan sumber jurnal agar lebih pahami literatur topik yang ada.



8. Nilai bagaimana artikel menyuguhkan data dan hasil

Perhatikan apa tabel, grafik, legenda, dan alat tolong visual yang lain atur info secara efisien. Apa sisi hasil dan dialog merangkum dan menerjemahkan data secara jelas? Apa tabel dan gambar mempunyai arah atau terlalu berlebih?



9. Penilaian bukti dan analitis non-ilmiah

Untuk jurnal non-ilmiah, tetapkan berapa baik artikel itu menyuguhkan bukti yang memberikan dukungan argument-nya. Apa bukti itu berkaitan, dan apa jurnal itu menganalisa dan menerjemahkan bukti secara memberikan keyakinan?



10. Buat garis besar ulasan

Langkah mengulas jurnal dalam tahapan penulisan yang pertama ialah membuat garis besar ulasan. Saksikan kembali catatan yang kamu bikin dalam penilaian sisi untuk sisi. Buat tesis, lalu jabarkan bagaimana kamu ingin memberikan dukungan tesismu pada tubuh ulasan. Masukkan contoh detil yang mengarah pada kemampuan dan kekurangan yang dicatat dalam penilaian.

Tesis dan bukti harus bernilai dan dalam. Perlihatkan kemampuan dan kekurangan, dan usulkan jalan keluar alternative bukannya cuman fokus pada kekurangan.



11. Catat draf pertama ulasan

Berikut pedomann umum saat membuat draf ulasan:

- Pendahuluan meringkas artikel dan mengatakan tesis.

- Isi memberinya contoh detil dari text yang memberikan dukungan tesis.

- Ringkasan meringkas pembahasan, mengatakan kembali tesis, dan tawarkan anjuran untuk riset di periode kedepan.



12. Check semua ulasan

Sesudah menulis draf pertama, check kekeliruan tulis dan yakinkan gaya bahasa dan pertanda baca. Coba membaca karyamu seakan-akan kamu ialah seseorang. Apa kritikmu adil dan imbang, dan apa contoh yang kamu masukan memberikan dukungan argumenmu?

Yakinkan tulisan terang, singkat, dan rasional. Bila memungkinkannya, minta seorang yang dekat dengan topik itu untuk membaca drafmu dan meminta operan balik.