Contoh dan Langkah Membuat Surat yang baik dan benar

Surat sah umumnya sering digunakan untuk kepentingan lembaga, organisasi, kepentingan dinas, atau kebutuhan antara perusahaan. Walau demikian surat sah tidak selalu harus dibikin oleh barisan, juga bisa dibikin oleh pribadi. Contoh surat sah yang dibikin oleh pribadi ialah surat lamaran kerja, atau surat pemunduran diri di mana langkah penulisan surat itu memakai pola surat sah yang berjalan dan bahasa yang dipakai sebagai bahasa Indonesia yang benar dan baik. Surat ini dibikin dalam beragam aktivitas sah seperti pada sekolah, dinas atau di beberapa lembaga pemerintahan.

Pada paragraf di atas bisa ditarik simpulan jika surat sah sebagai surat yang dipakai dalam beragam masalah sah baik secara individual, lembaga atau organisasi. Surat sah umumnya dibikin untuk sampaikan info tercatat oleh satu faksi ke faksi lainnya. Peranan dari surat sah umumnya meliputi lima hal ini. Sebagai fasilitas pernyataan, buah pertimbangan, keinginan, ide dan sebagai dasar kerja.

Walau sekarang ini telah jarang-jarang dipakai dalam komunikasi individu karena telah terpindahkan dengan beragam media yang lain lebih kekinian. Tapi untuk aktivitas yang memiliki sifat resmi pasti diperlukan komunikasi melalui surat, karena jika memakai handphone pasti kelihatan tidak professional hingga bisa ditampik. Lantas bagaimana jika tidak dapat membuat surat sah? Tenang saja kami akan memberinya langkah membuat surat sah komplet dengan misalnya . Maka baca sampai usai ya.

Langkah Membuat Surat Sah

Sisi Surat Resmisumber Gambar :skipnesia.com

Saat membuat surat sah harus ikuti ketentuan baku yang telah ada. Dengan demikian surat yang sudah dibikin dapat diterima oleh semua kelompok. Pada dasarnya dalam sebuah surat umumnya mempunyai pola seperti sisi pembuka, isi surat dan paling akhir ialah penutup. Berikut sisi dari surat sah.

Saat menulis surat sah, kehadiran kop surat sangat penting. Ada kop surat memberikan dari instansi mana surat itu berasal. Kehadiran kop surat sebagai satu penegasan jika surat yang diterbitkan itu sebagai surat sah dari instansi atau perusahaan yang keluarkan surat. Dalam sebuah kop surat minimal harus mempunyai 5 sisi supaya orang yang terima surat ketahui asal surat dengan jelas. Ke-5 sisi kop surat itu ialah seperti berikut.

Tidak seluruhnya kop surat mengikutkan ke-5 sisi di atas karena beragam argumen. Dan untuk penulisannya umumnya memakai huruf kapital yang diperbesar dan dipertebal. Untuk penulisan kop surat biasanya memakai rata tengah, tapi kadang ada pula yang memakai rata kanan atau kiri.

Contoh Penulisan Nomor Surat ResmiSumber Gambar:slideshare.net

Nomor surat pada surat sah sebagai salah satunya sisi yang mempunyai peranan penting. Di bagian ini tidak dapat dibikin asal-asalan, karena tiap watak yang ada di nomor surat sah bermakna dan makna. Orang yang sudah lama menekuni dalam surat menyurat pasti sudah mengetahui benar bagaimana tata langkah penulisan nomor surat dengan benar dan baik. Lantas bagaimana orang yang baru belajar? Bagaimana menulis nomor surat? Berikut penuturannya.

Pada surat sah ada bagian-bagian seperti nomor surat, code surat dan bulan dan tahun pembikinan. Semua sisi itu mempunyai peranan yang penting pada bagian kearsipan. Tiap instansi bebas untuk membikin code sendiri dalam nomor surat. Berikut contoh nomor surat dan ulasannya.

Nomor : A.001/Pan-Pel/AKB/I/2015

A = Sebagai code surat intern (dapat dipakai untuk undangan anggota, atau surat apa saja yang terkait dengan instansi atau perusahaan) Dan code "B" dapat dipakai untuk faksi luar instansi.

001 = Nomor ini sebagai nomor seri surat yang sudah dikeluarkan. Contoh untuk surat pertama kali yang dikeluarkan oleh instansi, dan untuk surat ke-2 dapat memakai code "002".

Pan-Pel = Maknanya Panitia Eksekutor (bila surat itu khusus untuk sebuah kepanitiaan acara / aktivitas. Jika sisi ini dapat ada dan dapat dihilangkan. Code tipe ini biasanya ada: Konferensi; Musda; Rapat; Prop; dan lain-lain

AKB = Identitas organisasi / lembaga

I = Bulan dibikinnya surat. Yang memiliki arti bulan awal memakai angka romawi.

2015 = Tahun surat itu di keluarkannya.

Tempat dan tanggal surat sebagai info yang menerangkan lokasi dan kapan ditulisnya surat itu. Tapi jika lokasi penulisan surat telah dipastikan pada kop surat, karena itu dalam masalah ini tak perlu dicatat kembali, cukup tangganya saja. Lokasi penulisan tempat dan tanggal surat umumnya ada di sudut atas kanan sejajar bernomor surat. Nama tempat umumnya dicatat menyusul tanggal surat. Penulisan nama tempat dan tanggal dibagi dengan pertanda koma dan disudahi dengan pertanda titik. Contoh : Bandung, 17 Agustus 2015.

Tambahan surat sebagai satu document tambahan yang di lampirkan ke document khusus. Tambahan umumnya berisi document simpatisan yang memperkuat document khusus seperti photo aktivitas, neraca keuangan lebih mendalam dan lain-lain.

Banyak yang tidak begitu memerhatikan penulisan alamat surat, hingga banyak terjadi kesalahan dalam penulisannya, terutamanya saat menulis alamat dalam surat sah. Berikut beberapa hal yang perlu jadi perhatian saat menulis alamat surat.

Penulisan salam seharusnya memakai kalimat umum yang umum dipakai dalam pembicaraan sah seperti salam sejahtera, atau jika satu kepercayaan dapat memakai salam yang diberikan oleh agama semasing. Penulisan salam pada surat sah umumnya disudahi dengan huruf koma.

Berikut sisi dasar dari sebuah surat. Isi surat umumnya di simpan pada tengah surat yang berisi mengenai keterangan tujuan dan maksud dari sebuah surat. Ini surat yang bagus ialah yang memakai bahasa baku dan kalimat yang singkat dan gampang untuk dipahami oleh yang menerima surat. Penyeleksian kalimat dan kata yang dipakai sebagai aspek khusus dari isi surat sah.

Penutup surat harus memakai kalimat yang benar dan baik. Berikut sejumlah contoh kalimat penutup yang umumnya dipakai dalam surat sah.

Disamping itu di bagian penutup umumnya di melengkapi dengan kedudukan, nama dan NIK, dan tanda-tangan orang yang membuat surat. Disamping itu ada tembusan surat, ke siapa surat ini diperuntukkan pada sebuah instansi itu.

Contoh Surat Sah Lembaga PerusahaanSumber Gambar:portalpagi.blogspot.com

Surat undangan sah untuk kepentingan acara sekolah

Pengurus OSIS SMK Negeri 1 Bandung Jl. Papintaran Kuring No. 12 Bandung

Dengan hormat,

Berkenaan akan usainya periode aktivitas belajar mengajarkan tahun tuntunan 2014/2015 ini, kami sebagai pengurus OSIS SMA Negeri 3 Bandung meminta kedatangan dari perwakilan sekolah untuk ikuti beberapa perlombaan bagus yang telah kami rancang yang hendak diadakan pada :

Hari : Sabtu, 25 Oktober 2015 — Senin, 27 Oktober 2015 Waktu : Jam 08.00 WIB s/d usai Tempat : Lapangan Gasibu Bandung Acara : PORSENI (Minggu Olahraga dan Seni)

Dengan benar-benar hormat kami menginginkan kedatangan dari beberapa perwakilan sekolah dan dapat datang ke arah tempat penerapan secara tepat waktu.

Hormat Kami.

Ketua Osis SMK Negeri 1 Bandung,

Ridwan Kamil

Itu artikel simpel mengenai langkah dan contoh surat sah, mudah-mudahan berguna. Simak juga artikel lain berkenaan langkah membuat surat pemunduran diri yang bagus.