5 Tips Medesain Taman Rumah

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Apakah rumah anda memiliki taman?Jika belum maka sudah saatnya
anda merencanakan mendesain taman di rumah anda. Tidak perlu menyuruh desainer taman yang akan menambah biaya, cukup anda sendiri dengan keyakinan benar-benar ingin membuat taman agar rumah semakin cantik. Hunian akan semakin cantik, sejuk dan indah tentunya jika memiliki taman. Tumbuhan-tumbuhan di rumah dapat berfungsi menghilangkan stress dan menyerap udara kotor. Membuat taman merupakan sebuah tantangan bagi pemiliknya. Tentunya luas taman yang anda bangun harus disesuaikan dengan ruang kosong yang tersedia di rumah anda. Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan ketika merancang sebuah taman di rumah:
1. Menentukan lokasi
Dimana lokasi taman yang baik?. Tentunya anda harus memerhatikan arah sinar matahari dan lokasi sumber air. Dua hal tersebut merupakan bagian yang sangat penting dalam pertumbuhan tanaman nanti. Pilihlah lokasi yang mendapatkan sinar matahari cukup dan memiliki akses mudah untuk mendapatkan air. Jika rumah anda sempit maka alternatif lain adalah membuat taman vertikal alias di dinding. Vertical Garden saat ini menjadi salah satu tren dalam dunia pertamanan. Konsep tersebut untuk menyiasati keterbatasan lahan di perkotaan yang padat.
2. Menentukan Jenis Tanaman
Memilih jenis tumbuhan merupakan salah satu hal yang penting. Sesuaikanlah jenis tumbuhan dengan tipe tanah di pekaranganmu agar nantinya dapat tumbuh baik. Carilah referensi mengenai tanaman yang mudah dirawat, tidak mudah mati dan memiliki bentuk yang menarik. Jenis tanaman biasanya tergantung kesenangan pemilik rumah masing-masing.
3. Mendesain Taman
Agar taman terlihat rapi dan indah tentunya diperlukan desain taman. Mendesain merupakan hal yang menyenangkan karena melibatkan imajinasi pemilik. Anda bisa membuat peta desain taman dalam kertas, karton atau media lainnya. Perhatikan posisi jenis tanaman/pot, kemudian dimana meletakkan tanaman yang agak besar, kecil atau lainnya. Pemilihan warna juga dapat dipertimbangkan sesuai selera. Jika lahan di rumah agak sempit, taman vertikal (Vertical Garden) dapat menjadi salah satu solusi.
4. Menyiapkan Perkakas Taman
Ketika membuat taman tentunya anda membutuhkan perkakas-perkakas tertentu untuk membantu merawat tumbuhan-tumbuhan. Belilah alat-alat seperti pemotong rumput, alat penyiram, gunting tanaman dan lainnya yang dirasa perlu. Pikirkan juga keawetan perkakas tersebut agar bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.
5. Merawat Secara Berkala
Perawatan secara berkala terhadap tanaman merupakan hal terpenting dalam dunia pertamanan. Ketika anda menanam tumbuhan tertentu maka anda akan berurusan dengan masalah-masalah seperti hama, tanaman mati, lambat tumbuh dan lainnya. Hal tersebut merupakan pembelajaran bagi pemilik agar mengetahui kondisi dan perkembangan tanaman itu sendiri. Dengan melihat langsung keadaan tanaman dari waktu ke waktu maka akan diketahui masalah-masalah dan solusi untuk memperbaikinya. Merawat tanaman di rumah merupakan sebuah pendidikan bagi yang merasakannya.

Semoga bermanfaat, selamat bertaman ria,,,

 
Taman Rumah
Vertical Garden

Sumber dan Gambar:

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

© MATERI KULIAH. All rights reserved. Developed by Jago Desain