Karakter Yang Wajib Dimiliki Kepala Sekolah

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Apakah anda bercita-cita menjadi kepala sekolah?Ataukah sekarang sudah menjadi
kepala sekolah?. Menjadi kepala sekolah merupakan sebuah tantangan dan impian bagi sebagian orang khususnya guru. Pada dasarnya kepala sekolah adalah guru yang diberi tugas tambahan mengelola sebuah sekolah. Lalu seperti apakah karakter yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah agar dapat berhasil mengelola sekolahnya. Berikut ini beberapa karakter yang wajib dimiliki seorang kepala sekolah tersebut:
1. Kepala sekolah harus mencerminkan jiwa kepemimpinan
Jiwa kepemimpinan merupakan karakter yang wajib dimiliki oleh setiap kepala sekolah. Kepala sekolah adalah pengatur berkembangnya sebuah instansi sekolah. Kepala sekolah harus bertanggung jawab terhadap kemajuan dan kemunduran sebuah sekolah. Kepala sekolah akan lebih mengutamakan kepentingan umum dibanding kepentingan pribadinya. 
2. Kepala sekolah harus mampu beradaptasi dengan semua orang
Jika anda hanya menyukai orang tertentu dan tidak suka dengan tipe-tipe orang lain maka janganlah sekali-kali anda menjadi kepala sekolah. Seorang kepala sekolah akan berinteraksi dengan berbagai macam orang setiap hari dengan karakter yang berbeda. Anda haruslah dapat melakukan pendekatan yang berbeda dengan setiap orang agar tidak terjadi miskomunikasi. Setiap orang memiliki variasi emosi seperti bahagia, sedih atau marah. Anda sebagai kepala sekolah harus menyadari situasi tersebut dan tunjukkan bahwa anda memiliki perhatian terhadap setiap orang. Mereka harus percaya bahwa anda akan melakukan apapun agar kondisi sekolah menjadi semakin baik.
3. Kepala sekolah harus bersikap adil dan konsisten
Dalam menghadapi suatu persoalan entah dengan siswa, guru, karyawan atau orang tua siswa maka seorang kepsek haruslah bersikap adil tanpa memandang status apapun. Contoh kepala sekolah harus memberikan sanksi kepada setiap siswa yang melanggar peraturan yang telah disepakati. Sanksi tersebut hendaknya dijalankan sesuai dengan ketentuan tanpa pandang bulu dan campur tangan tertentu agar nantinya sekolah dipandang sebagai lembaga yang memiliki integritas. Siswa dan orang tua tentunya akan menilai sejauh mana kepemimpinan kepala sekolah dari kebijakan-kebijakan yang diambil. Sikap yang sama juga harus diberlakukan terhadap guru dan karyawan lainnya. Siapa pun yang melanggar peraturan maka wajib diberi sanksi yang mendidik tentunya.
4. Kepala sekolah harus memuji kinerja setiap orang
Hal ini berlaku untuk siswa maupun guru yang berada di lingkungan sekolah. Apresiasi wajib diberikan kepada siswa berprestasi maupun guru berprestasi. Hal tersebut untuk memberikan motivasi kepada orang lain untuk mengikuti jejak-jejak siswa dan guru yang berprestasi. Memberikan penghargaan walaupun dalam bentuk kecil akan memberikan dampak psikologis yang sangat besar dan tentunya kepala sekolah akan dinilai sebagai pemimpin yang perhatian terhadap anak buahnya.
5. Kepala sekolah harus berorganisasi dan merencanakan
Setiap hari kepala sekolah tentunya akan mendapat persoalan yang berbeda dan akan bertambah seiring hari. Seorang kepala sekolah yang handal tentunya akan menyiapkan rencana-rencana kegiatan yang terus ia pantau sehari-hari. Alangkah lebih baik di ruangan kepala sekolah disediakan papan board besar tentang rencana kegiatan semester/tahunan. Dengan demikian kepala sekolah akan senantiasa memantau kegiatan-kegiatan yang akan dan telah dilalui untuk dievaluasi di kemudian hari. Hal tersebut menandakan bahwa anda adalah seorang planner yang baik.
6. Kepala sekolah adalah pendengar yang baik
Masalah-masalah yang muncul di sekolah tidak akan pernah sampai di telinga kepala sekolah jika ia bukan seorang pendengar yang baik. Kepala sekolah harus mampu menjadi seorang pendengar jika terjadi masalah-masalah yang terkait dengan siswa, guru maupun manajemen sekolah. Selain itu kepala sekolah yang baik adalah mau menerima segala kritik dan saran dari semua pihak, tidak main sendiri dan egois. Rapat rutin bersama guru dan orang tua siswa perlu dijadwalkan agar komunikasi dapat dijalin dengan berkelanjutan dan setiap persoalan dapat diselesaikan dengan baik.
7. Kepala sekolah harus visioner
Lembaga pendidikan yang akan senantiasa berkembang dari waktu ke waktu tidak statis bahkan mengalami penurunan. Perkembangan tersebut dapat meliputi berbagai hal mulai dari bangunan, metode pembelajaran, jumlah siswa, prestasi dan lainnya. Semua hal tersebut dapat terjadi bila seorang kepala sekolah memiliki visi yang jelas dalam arti memiliki gambaran arah sebuah lembaga pendidikan di masa yang akan datang. Tanpa visi maka kepala sekolah akan asal-asalan mengelola sekolah.  


http://www.janesville.k12.wi.us/portals/1/images/MP900341522.JPG

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

© MATERI KULIAH. All rights reserved. Developed by Jago Desain