Latihan Teknik Dasar Mengapung Dalam Olahraga Renang

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Sebuah terori mengatakan; Kapal yang muatannya ringan akan mudah ditarik atau didorong di air.  Begitupun bagi orang yang berenang, tubuhnya akan mudah di dorong di air dari pada orang yang berat mengapungnya. Perenang memiliki mermacam-macam bentuk tubuh, ukuran tulang, dan perkembangan otot, berat badan, jaringan lemak, dan kapasitas paru-paru. Yang semua itu memiliki pengaruh terhadap gaya apung seseorang di dalam air.

Secara psikologis terdapat beberapa unsure yang harus ada dan berkembang untuk belajar berenang dan menguasainya dengan cepat dan baik.  Unsur-unsur itu adalah:

  1. Kesenangan (kegembiraan)
  2. Keberanian
  3. Kepercayaan diri
  4. Dan keuletan.

Bagi perenang pemula, mengapung di air adalah suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Untuk dapat mengapung dengan mudah, dibutuhkan waktu yang cukup lama dalam berlatih.  Disini ada dua cara untuk latihan mengapung bagi perenang pemula. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Masuklah ke dalam air/kolam

Belajar berenang sebaiknya dilakukan di dalam kolam yang dangkal, misalnya setinggi pingang. Untuk latihan mengapung lakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Berlutut/berjongkok dengan menggerak-gerakkan lengan di bawah permukaan air
  2. Cara kedua adalah dengan berpegangan tepi kolam tariklah tubuh maju mundur, menjauh-mendekat.
  3. Carilah tangga masuk kolam yang terendam dalam air, letakkan dua tangan di atas permukaan tangga dengan menghadap ke bawah dan kepala menghadap ke dinding kolam. Kemudian gerakkan kaki dengan memukul-mukulkan ke permukaan air. Lepaskan tangan yang berpegangan di dinding kolam, jika masih tenggelam berpeganglah lagi. Lakukan latihan berulang-ulang hingga anda bisa mengapung.
  4. Berjongkoklah di tangga menghadap ke kolam. Tolakkan kedua kaki pada tangga, kemudian mengambanglah dengan posisi telungkup. Tangan lurus ke depan, dan kepala terangkat dari permukaan air.

2. Mengapung

Latihan mengapung dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Tangan berpegangan pada tiang atau parit dinding kolam. Angkat kaki hingga tubuh dalam posisi telungkup. Dan gerakkan kedua kaki naik turun berulang-ulang hingga tubuh mengambang dipermukaan air.
  2. Berlatih mengapung dengan tangan memegang papan luncur masuk ke dalam air. Saat tangan memegang papan luncur, angkatlah kedua kaki hingga tubuh merasakan mengambang di permukaan air.

Itulah beberapa cara mengapung dalam belajar renang. Latihan dapat dilakukan di kolam renang, sungai, atau tempat-tempat yang dapat di pakai untuk latihan renang.




Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

© MATERI KULIAH. All rights reserved. Developed by Jago Desain