Mari Membaca dan Menulis Sejak di Sekolah Dasar

Assalamu`alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah, Wasyukurillah `ala ni`matillah.Wassalatu wassalamu `ala Rasulillah. Sayidina Muhammadin, waala alihi wasohbihi wamawalah.

Amma Ba`du
Pertama tama dan yang paling utama, marilah kita panjatkan puji serta syukur ke hadlirat Allah SWT. Atas berkat rahmat dan karuniaNya, kita bisa bersama sama berkumpul di tempat yang mulia ini dalam keadaan sehat wal afiat. Shalawat dan salam, semoga tercurahlimpahkan kepada panutan kita, Habibana Wanabiyana Muhammad SAW. Kepada keluarganya, sahabatnya, para pejuang risalah Islam sepanjang masa dan seluruh umat muslim di manapun berada. Semoga kita kelak mendapat safaat dari beliau.

Dewan juri yang saya hormati, dan hadirin sekalian yang hadir di tempat yang mulia ini, perkenankan saya untuk menyampaikan pidato dengan tema “ Mari membaca dan Menulis Sejak Di Sekolah Dasar”.

Ke warung beli lifebuoy
Uangnya disimpan di saku
Dari pada menonton Si Boy
Lebih baik membaca buku

Angkat tangan yang suka nonton Si Boy? .........Wah, ternyata hampir semua yang hadir disini adalah penggemar Si Boy. Sekarang angkat tangan yang suka membaca dan menulis?.............lho, kok Cuma sedikit?

Rekan-rekan, bukan tidak boleh menonton  televisi, bukan tidak boleh menonton sinetron Si Boy, tapi alangkah baiknya utamakan kegiatan membaca dan menulis. Bacalah sehari minimal satu halaman buku. Dengan membaca sehari minimal satu halaman saja, Insya allah itu akan jauh lebih bermanfaat daripada menonton sinetron seharian.

Membaca adalah gerbang ilmu pengetahuan. Dengan membaca wawasan kita akan berkembang. Ilmu kita bertambah luas dan kita tidak akan mudah dibodohi oleh orang. Membaca adalah gerbang menuju kemajuan. Siapa yang suka baca, maka ia akan mendapat manfaat yang tak terhingga.

Demikian pula menulis. Menulislah sehari minimal satu halaman. Dengan latihan menulis yang teratur, lama-kelamaan kita akan terbiasa. Menulis itu terasa susah bagi tidak terbiasa. Menulis terasa berat bagi yang malas. Namun sesungguhnya menulis itu mudah bila kita punya semangat. Menulis itu mudah bila dibiasakan.

Belajar menulis dan membaca merupakan hal yang baik yang perlu dilakukan sejak Sekolah Dasar. Inilah saatnya kita belajar membaca dan menulis. Jangan sia-siakan kesempatan yang kita dapatkan. Mumpung masih ada kesempatan, mumung masih kecil, marilah kita belajar membaca dan menulis.

Hadirin sekalian yang saya hormati

Mengingat betapa pentingnya keterampilan membaca dan menulis dalam kehidupan di dunia nyata, maka saya mengajak rekan-rekan semua, marilah kita biasakan membaca dan menulis sejak sekarang. Tak ada kata terlambat. Masa-masa sekolah di sekolah dasar adalah masa terbaik untuk mengembangkan potensi yang kita miliki.

Rupanya hanya sekian pidato dari saya. Mohon maaf bila banyak kesalahan.
Wabilahi taufik walhidayah, Wassalamu`alaikum Wr.Wb.
Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com/

Posting Komentar