Mineral Quartz dan Kaitannya Dengan Penyebaran Batuan

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Jika anda sedang mempelajari tentang materi batuan baik itu di kuliahan
atau di sekolah tentu kan sering mendengar yang namanya mineral Quartz. Apa itu Quartz?. Quartz adalah salah satu dari sekian jenis mineral paling banyak yang terdapat di bumi dan merupakan komponen utama dalam batuan. Hampir sekitar 12% massa kerak bumi tersusun atas mineral Quartz. 

Dalam kondisi apapun baik itu di dalam atau dekat permukaan bumi, Quartz adalah mineral paling stabil dibandingkan jenis mineral lain dan termasuk kategori mineral bertipe pasif dalam lingkungan geologi. Hal tersebutlah yang mengkibatkan  batuan Quatz tua di Brazil berumur milyaran tahun terlihat masih muda sama dengan mineral Quatz yang terdapat di Pegunungan Alpen yang berumur baru 10 juta tahun. 

Akan tetapi jika berada jauh di dalam bumi, Quartz akan menjadi mineral aktif dalam pengaruh suhu dan tekanan tinggi sehingga akan mengahasilkan perubahan struktur kimia mineralnya.

Quartz tidak menyebar secara merata di seluruh penjuru bumi. Beberapa batuan dapat tersusun sepenuhnya atas Quartz sebagian lagi bahkan tidak sama sekali mengandung mineral tersebut. Klasifikasi batuan di bumi terbagi menjadi 3 yaitu:
  • Batuan beku/Igenous Rocks, merupakan batuan yang terbentuk dari magma yang membeku atau sering disebut juga magmatic rocks. Magma yang membeku di dalam permukaan bumi secara lambat disebut intrusive igneous rocks atau plutonic rocks. Sedangkan magma yang membeku secara cepat dekat dengan permukaan bumi disebut extrusive igneous rocks atau disebut juga volcanic rocks. Diperkirakan igenous rocks menyusun sekitar 64,7% volume kerak bumi kita.
  • Batuan sedimen/Sedimentary Rocks, merupakan batuan yang terbentuk karena proses pengendapan. Kebanyakan permukaan bumi kita tertutupi oleh batuan sedimen atau sedimen yang tidak terkonsolidasi seperti pasir. Namun secara keseluruhan batuan sedimen hanya menyumbang sekitar 7,9% dalam kerak bumi.
  • Batuan metamorf/Metamorphic Rocks, merupakan batuan yang telah mengalami perubahan struktur fisik maupun komposisi kimia karena pengaruh tekanan dan suhu yang tinggi di dalam bumi. Batuan metamorf merupakan batuan yang memiliki bermacam-macam komposisi mineral dan menyusun sekitar 27,4% kerak bumi kita.
Mineral Quartz paking banyak terdapat dalam batuan beku, dalam kaitannya sering disebut juga tipe granitoid. Secara keseluruhan istilah volcanic rocks lebih lazim digunakan daripada granitoid karena kerak samudera lebih banyak mengandung basalt dan gabro. Kedua batuan tersebut jarang memiliki unsur Quartz didalamnya bahkan tidak ada sama sekali. Di sisi lain kerak benua mengandung banyak unsur Granit yang banyak terkandung Quartz didalamnya.
Kandungan Quartz terbanyak adalah terdapat pada batuan sedimen seperti batupasir/sandstone atau batu lain yang terdapat di sungai atau dekat laut. Di sisi lain , limestone/batukapur lebih sedikit mengandung unsur Quartz. Meskipun batuan sedimen menutupi permukaan bumi paling banyak namun dikarenakan volumenya yang lkecil jadi persentase keterdapatan mineral Quatz dalam batuan ini tidak sebanyak batuan beku.
Batuan metamorf adalah batuan yang memiliki variasi mineral Quartz terbanyak. Mineral Quartz dalam batuan metamorf sering identik dengan mineral dari batuan induknya/asalnya. Konsentrasi Quartz terbesar terdapat pada schist dimana batuan tersebut berasal dari batukapur. Prsentase Quartz di batuan metamorf lebih sedikit dari batuan beku namun lebih banyak dibanding batuan sedimen.
Quartz
Mineral Quartz dalam Granit
Gambar:
disini
disini
Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

© MATERI KULIAH. All rights reserved. Developed by Jago Desain