Tips Meninggikan Badan Untuk Usia Remaja

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Kebanyakan seseorang memimpikan punya tinggi badan yang ideal. Terutama bagi kaum remaja, mereka cenderung memperhatikan penampilan fisik mereka, termasuk urusan tinggi badan. Pertumbuhan tinggi badan memang hanya bisa tumbuh pada usia-usia tertentu yaitu pada usia muda. Pertumbuhan tinggi badan dipengaruhin oleh lempeng efifisis di ujung tulang. Saat lempeng efifisis menutup maka saat itu pula pertumbuhan tinggi badan berhenti.

Diketahui untuk perempuan akan lebih cepat berhenti tinggi badannya dari pada laki-laki. Pertumbuhan badan untuk perempuan maksimal pada usia 19 tahun, sedangkan untuk laki-laki akan terhenti pada usia 21 tahun.

Untuk itu jika ingin memaksimalkan tinggi badan saat yang tepat adalah masa-masa remaja. Berikut ini adalah beberapa cara atau tips untuk memaksimalkan tinggi badan untuk anak-anak dan remaja.

1. Tidur yang cukup

Dalam beberapa penelitian membuktikan bahwa tubuh manusia itu mengalami pertumbuhan pada saat tidur. Pada saat tudur  sel-sel tubuh dan jaringan regenerasi bekerja secara bekerja secara efektif untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak, termasuk pertumbuhan tinggi badan.

Bagi anak-anak dan remaja, waktu ideal untuk tidur adalah 7-8 jam, sementara untuk orang dewasa idealnya memerlukan waktu 6-7 jam.

2. Makan protein, zat besi dan kalsium

Makanan yang tepat secara signifikan dapat mempengaruhi tinggi badan. Makanan yang mengandung protein, zat besi dan kalsium baik untuk pertumbuhan tinggi badan tersebut.

Beberapa makanan yang mengandung protein, zat besi dan kalsium adalah telur, daging sapi, ikan, susu, keju, sayuran hijau, kacang kedelai, tahu dan jeruk. Usahakan agar makanan-makanan ini selalu terhidang di meja makan keluarga.

3. Olahraga rutin

Cara ampuh lainnya untuk meninggikan berat badan adalah dengan berolahraga secara teratur. Hal ini penting dibiasakan bahkan sejak kanak-kanak. Apalagi, dengan menjamurnya gadget saat ini membuat anak-anak semakin jarang bergerak, apalagi berolahraga.

Beberapa olahraga yang dapat meninggikan badan adalah sprint atau lari cepat dalam lintasan yang pendek, menendang, melompat, bersepeda, berenang dan lompat tali, olahraga bola voly, dan olahraga bola basket. Lakukan beberapa olahraga ini agar pertumbuhan tulang semakin cepat. Untuk anak-anak, tentu olahraga ini harus dalam pengawasan orang tua.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

© MATERI KULIAH. All rights reserved. Developed by Jago Desain