Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mudah Membuat Font Sendiri



Assalamualaikum. Hari ini IndoINT.website punya tutorial menarik untuk sobat, yaitu "Cara mudah membuat font sendiri". melihat banyaknya font gratisan di internet, tidak ada salahnya kalau sobat juga membuat font dengan ciri khas tersendiri. caranya pun tidak sulit, hanya perlu kreatifitas untuk membentuk setiap huruf pada abjad a-z. 

Setiap font kita temui pada komputer maupun di website tertentu adalah buatan manusia. jadi jangan pernah merasa, kalau sobat tidak bisa menciptakannya juga. hanya butuh kemauan, karena proses pembuatan font itu sendiri sangatlah mudah. 

Dasar dalam membuat font sendiri adalah imajinasi. pikirkan bentuk yang mungkin belum pernah ada, atau desain ulang font yang sudah ada menjadi lebih menarik. setelah itu, tuangkan dalam bentuk kasar pada kertas, sketsa lah ide bentuk font. lalu gunakan aplikasi desain, seperti : photoshop, adobe illustrator, corel draw dll. atau gunakan situs online yang mempunyai editor untuk membuat font. selebihnya, kita memanfaatkan aplikasi untuk konversi kedalam bentuk "TTF" yang bisa dibaca oleh komputer. maka selesai.
Agar tidak memakan waktu, silahkan pelajari tutorial dibawah.

1. Cara Membuat Font Secara Manual Tulisan Tangan

Membuat font secara manual pasti akan menghasilkan font yang lebih menarik. karena disini kreatifitas yang sebetulnya akan diuji. seperti biasa, ketika menulis ataupun membuat sketsa pasti menggunakan Pensil dan Pulpen. nah selebihnya tuangkanlah imajinasi sobat kedalam kertas untuk membentuk huruf a-z beserta simbolnya. 

Berikut langkah membuat font secara manual menggunakan pulpen.
Pertama-tama kita harus mengunjungi situs Myscriptfont.com. situs ini yang nantinya akan membuat font hasil tulisan tangan kita menjadi TTF yang bisa dipakai pada komputer. ketika pertama mengunjungi, sobat akan di suguhkan pilihan.

Pada Fill out the template, sobat harus mendownload dulu format berbentuk pdf atau png. 
 melihat banyaknya font gratisan di internet 2 Cara Mudah Membuat Font Sendiri
Seperti inilah tampilan template font yang akan sobat isikan dengan abjad A-Z beserta simbol simbolnya.

Kalau sudah didownload, kemudian print menggunakan kertas. lalu mulailah membuat model huruf pakai pulpen. sudah ada instruksi penempatan huruf disetiap kotak. tapi ingat, jangan membuat font keluar dari batas kotak yang sudah disediakan, karena nantinya tidak akan terbaca.
 melihat banyaknya font gratisan di internet 2 Cara Mudah Membuat Font Sendiri

Kalau sudah selesai, kemudian Scan hasil font tulisan tangan sendiri ke bentuk JPG atau PNG, TIFF maupun PDF. intinya besar file tidak melebihi 6mb dan ukurannya maksimal 6500 x 6500 pixels. seperti inilah hasil model font yang sudah saya buat sendiri.
 melihat banyaknya font gratisan di internet 2 Cara Mudah Membuat Font Sendiri

Selanjutnya, kembali kesitus "myscriptfont.com". lalu pada pilihan nomor 2, klik "upload a file" - cari file hasil scan sobat. kosongkan saja "or enter a url". pada "Name your font" isikan nama font sesuai selera. Out put pilih "TTF". lalu klik Start, maka proses pembuatan font akan berjalan. tinggal ditunggu sampai selesai.
 melihat banyaknya font gratisan di internet 2 Cara Mudah Membuat Font Sendiri

Kalau sudah finish. maka akan terbuka hasilnya seperti dibawah, lengkap dengan preview font sobat. Klik nama font untuk download. selamat sekarang font hasil tulisan tangan sendiri sudah siap untuk digunakan.
 melihat banyaknya font gratisan di internet 2 Cara Mudah Membuat Font Sendiri


2. Cara Membuat Font Secara Online

Metode selanjutnya untuk membuat font adalah menggunakan tools online. situs Fontstruct.com dibuat khusus bagi desainer yang ingin menciptakan font sendiri. didalam situs ini sudah terdapat alat lengkap, mulai dari draw, erase, rectangle dsb.

Langkah pertama, kunjungi dulu Fontstruct.com. kemudian buatlah akun menggunakan email sobat. tidak lama kok. kalau sudah, silahkan login. lalu cari menu Fontstructor, disitulah tempat kita akan membuat bentuk font.

Silahkan mencoba tool yang ada disebelah kiri dan lainnya. caranya tidak ribet. cukup pilih dan klik pada bagian kotak grid. bentuklah sesuka hati.
 melihat banyaknya font gratisan di internet 2 Cara Mudah Membuat Font Sendiri

Pada bagian paling bawah, akan terdapat urutan abjad dari A-Z serta simbol dan deretan angka. pilih satu persatu, misalnya huruf A, berarti sobat sekarang sedang membuat bentuk huruf a. kalau sudah fix lanjut ke huruf selanjutnya.
 melihat banyaknya font gratisan di internet 2 Cara Mudah Membuat Font Sendiri

Terakhir, tinggal di preview terlebih dahulu kemudian klik menu Download. maka font sobat sudah bisa di pakai pada aplikasi komputer.
    Itulah cara mudah membuat font sendiri. pokoknya dijamin tidak pusing. font bisa tercipta dalam waktu beberapa menit saja. nah kalau sudah terbiasa membuat font, pasti lama-lama timbul niat menciptakan font menarik.

Mungkin sampai disini dulu pertemuan kita. semoga tutorial cara mudah membuat font sendiri, baik secara online maupun manual (tulisan tangan) dapat membantu. terima kasih. Assalamualaikum.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Posting Komentar untuk "2 Cara Mudah Membuat Font Sendiri"