Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Raport MI Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019

.

Aplikasi Raport MI Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs https://indoint.com/ ini akan membahas dan membagikan file tentang Aplikasi Raport MI Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Aplikasi Raport MI Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 mengemukakan pengertian kurikulum yakni, Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Atas dasar pengertian tersebut sudah sangat jelas bahwa tanpa adanya kurikulum proses pendidikan tidak akan berjalan sebagaimana biasanya, bahkan bisa dikatakan bahwa proses pembelajaran tidak akan bisa berjalan.

Sejarah kurikulum di Indonesia mencatat bahwa ada beberapa kurikulum yang pernah berlaku sebagai pedoman pendidikan di Indonesia. Kurikulum tersebut yakni, Kurikulum Rencana Pelajaran 1947, Kurikulum Rencana Pelajaran Terurai 1952, Kurikulum 1968, Kurikulum 1976, Kurikulum 1987, Kurikulum 1993, Kurikulum 2004 (Kurikulum Berbasis Kompetensi), Kurikulum 2006 (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), dan Kurikulum yang terbaru diterapkan di Indonesia adalah Kurikulum 2013 (Kurtilas). kurikulum tersebut berganti atas dasar kemajuan ilmu pengetahuan yang semakin kompleks dan berkembang, sehingga pembaruan kurikulum dilakukan guna menunjang pendidikan yang lebih baik di Indonesia sesuai dengan tuntutan zaman.

Pergantian kurikulum tersebut berdampak pada tujuan, isi dan bahan pelajaran berbeda pada masing-masing kurikulum yang diterapkan.Salah satunya adalah pada buku Raport siswa, khususnya raport siswa untuk jenjang Sekolah Dasar. Raport merupakan laporan hasil pembelajaran siswa yang bersangkutan dari guru atau walikelas masing-masing kelas. Buku raport disusun atas dasar rangkuman nilai dari semua proses pembelajaran baik nilai UTS, UAS, tugas, PR, dan nilai tingkah laku siswa yang bersangkutan atas dasar aspek kesopanan, kerapian, tingkahlaku, absensi. 

Buku raport digunakan sebagai acuan penilaian siswa selama mengikuti pembelajaran, dengan adanya buku raport guru dan orang tua dapat memantau bagaimana perkembangan siswa selama menerima proses belajar mengajar. Buku raport digunakan oleh guru sebagai hasil pertimbangan siswa yang bersangkutan naik kelas atau tinggal kelas, juga dijadikan sebagai pedoman dalam kelulusan siswa untuk kelas IV Sekolah Dasar. 
Pemahaman mengenai kurikulum dan buku raport tersebut kiranya dapat mengantarkan kita akan bagaimana pentingnya guru sekolah dasar mengikuti acuan-acuan dalam pengisian buku raport berdasarkan kurikulum yang berlaku. 

Dan masih banyak Aplikasi Raport MI Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019 lainnya.

Berikut ini File Aplikasi Raport MI Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :


Sumber http://www.materipendidikan.net/

Posting Komentar untuk "Aplikasi Raport MI Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019"