Cara Mengisi/ Input Nilai Rapor dan USBN Dapodik 2019

.

Cara mengisi/ input nilai rapor dan USBN di Dapodik 2019 | Aplikasi Dapodik Dapodik 2019  beberapa waktu telah dirilis untuk pemutakhiran data pada semester genap T.P 2018/2019. Tujuan dari di rilisnya  adalah untuk memperbaiki beberapa bugs yang ada pada versi sebelumnya. Bagi satuan pendidikan diharapkan untuk menindaklajuti surat edaran dari DIRJEN GTK Dapodikdasmen terkait pengecekan data pembaruan Dapodik.
beberapa waktu telah dirilis untuk pemutakhiran data pada semester genap T Cara Mengisi/ Input Nilai Rapor dan USBN Dapodik 2019
Cara Mengisi/ Input Nilai Rapor dan USBN Dapodik 2019
Menu nilai di Dapodik 2019 pada semester 1/ganjil  sudah kembali diaktifkan. Pengisiaan nilai Rapor dan USBN jenjang SD menggunakan aplikasi Dapodikdasmen, sedangkan untuk SMP/SMA/SMK pengisiannya dengan aplikasi e-rapor yang disediakan oleh Direktorat Pembinaan pada sekolah masing-masing. Hasil dari pengisian nilai Rapor dan USBN tersebut langsung bisa ter intregasi dengan Dapodik.

Mengisi/ input nilai Rapor, USBN adalah tugas Operator Sekolah yang bisa bekerja sama dengan wali kelas dan guru mata pelajaran. Maka dari itu sebelum melakukan pengisian sebaiknya memperhatikan beberapa hal penting berikut ini:
  • Pemilihan Kurikulum yang digunakan sekolah yaitu KTSP/Kurikulum 2013 pada ROMBEL.
  • Anggota atau peserta didik pada ROMBEL.
  • Metode pembelajaran yang digunakan.
Cara Mengisi/ Input Nilai Rapor dan USBN Dapodik 2019
  1. Terlebuh dahulu download prefill rapor yang akan digunakan untuk pengisian.
  2. Setelah itu simpan hasil unduhan prefill tersebut di Local disk C kemudian buat folder baru dan diberi nama Prefill_Dapodik.
  3. Lakukan generat prefil dengan cara login ke aplikasi dapodik terlebih dahulu, setelah berhasil login pilih menu pengaturan/setting dan pilih prefill rapor, dan secara otomatis data prefill akan masuk Dapodik 2019.
  4. Kemudian masuk ke bagian menu nilai di aplikasi Dapodik untuk melakakukan pengisian/ penginputan nilai rapor.
  5. Jika ingin mempercepat pengisian nilai Rapor, USBN caranya download file input nilai rapor dalam format excel setelah itu bagikan kepada wali kelas atau guru mata pelajaran untuk di isi format yang sudah di unduh tadi.
Download Panduan Lengkap Cara Input Nilai Rapor di Dapodik 2018 B PDF
Demikian tadi cara mengisi/ input nilai rapor USBN Dapodik 2019 Semoga bermanfaat.


Sumber https://www.pelitaguru.id/

Posting Komentar