Mengenal Lebih Jauh Apa Itu App Inventor 2?

.


Sebelumnya admin telah membuat artikel mengenai Mengenal App Inventor 2, yang admin kembangkan dari ilmu shopansoft.com. Begitu juga dengan artikel selanjutnya admin juga menjadikan shopan soft.com menjadi referensi. 
Sebelumnya admin telah membuat artikel mengenai  Mengenal Lebih Jauh Apa Itu App Inventor 2?

Untuk artikel Android Programming Ke-2 ini, memahas mengenai Mengenal App Inventor 2 Lebih Jauh. 

Visual Blocks Programming 

Merupakan visual bloks pemrograman yang berbasis visual (gambar) menggunakan blok-blok kode program seperti halnya ketika kita bermain puzzle (Teka-teki). Pada App Inventor tidak perlu lagi menuliskan kode-kode program. Kita cukup melakukan drag and drop blok-blok kode program ke dalam blocks editor  dan menyusunyya seperti halnya ketika bermain puzzle. Berikut ini contoh blok-blok kode program sederhana yang telah disusun. 


Keunggulan App Inventor 2

App Inventor 2 memimiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan IDE Android yang lain. berikut ini keunggulan-keunggulan App Inventor 2:

  1. Tidak perlu menuliskan kode program konvensional, App Inventor berbasis visual blocks programming . Penggunaan blok-blok kode program tersebut memungkinkan pengguna untuk mengembangkan aplikasi Android tanpa perlu menuliskan kode program konvensional dengan bahasa tertentu. 
  2. Berbasis drag and drop, memudahkan pengguna dalam mendesain aplikasi. Pengguna cukp melakukan drat and rop  komponen-komponen yang dibutuhkan dari Pallete  ke Viewer (layar aplikasi). Kemudian mengatur UI melalu panel Properties.
  3. Ramah Pengguna (User Friendly), App Inventor 2 didesain secara simpel dan mudah digunakan. pengguna tidak akan dipusingkan dengan bahasa java maupun kode XML. Sebab, di App Inventor tidak ada penulisan program meenggunakan bahasa java dan XML. Itu lah tujuan utama IDE App Inventor 2, yaitu agar semua kalangan dapat mengembangkan aplikasi Android dengan mudah.   
  4. Tersedia 3 pilihan pengujian program secara langsung (live testing) yaitu Menggunakan Kabel data USB, emulator, maupun jaringan wireless (Wifi). Jika ingin megji coba menggunakan sambungan kabel data USB, dapat memilih menu USB. Jika belum memiliki smartphone android tidak perlu cemas, sebab menyediakan emulator untuk mencoba program secara vitrual. Hebatnya lagi kita bisa mencoba program tanpa menggunakan kabel data USB, kita dapat menguji coba program menggunakan jaringan Wifi. 

Aplikasi apa yang dapat di Kembangkan?

  1. Aplikasi Mutltimedia (Multimedia Apps), Contohnya: Music Player, Fhoto and sharing, Recording, Shooting.
  2. Aplikasi Sensor (Sensor Apps), Contohnya: Aplikasi Barcode and QR Scanner, Aplikasi Sensor Lokasi (Location Sensor), Aplikasi sensor akselerometer (Accelerometer Sensor), Aplikasi Sensor Orientasi (Orientation Sensor), Aplikasi Sensor Jarak (Proximity Sensor).
  3. Aplikasi Sosal (Social Apps), Contohnya : Aplikasi pesan singkat, Aplikasi panggilan telepon.
  4. Aplikasi Database (Database Appas), Contohnya : Aplikasi Database Lokal, Berbasis Web
  5. Aplikasi Baca Teks dengan Suara (Text to Speech Apps), komponen yang digunakan adalah TextToSpeech.
  6. Aplikasi Pengenal Suara (Speech Recognizer).

Siapa yang dapat menggunakan App Inventor 2

App Inventor 2 ini didesaian bagi siapa saja yang tertarik dalam dunia pengembangan aplikasi android, baik itu pelajar, mahasiswa, guru, dosen maupun yang lainnya. Jadi, siapapun diri anda saat ini dapat menggunakan App Invenotr untuk mengembangkan aplikasi Androird.

Artikel Terkait Lainnya:

  1.  Apa itu App Inventor 2

Sumber https://secercahilmu25.blogspot.com/

Posting Komentar