Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sulit Hafal Dan Mudah Lupa? Ini Penyebabnya!

.

Hal Yang Membuat Hafal Dan Mudah Lupa dlam belajar Sulit Hafal Dan Mudah Lupa? Ini Penyebabnya!

Tulisan ini saya sadur kembali dari kitab aslinya Ta'lim Muta'alim Karya Al-‘Allamah Asy-Syaikh Burhanuddin Az-Zanurji karena memang sangat bermanfaat bagi kita sebagai seorang pelaku penuntut ilmu. Penting bagi kita untuk selalu berusaha menjauhkan hal-hal perbuatan sepele yang dapat merugikan diri kita selama dalam proses mencari ilmu. Tentu apa yang sudah kita pelajari tidak ingin rasanya terbuang sia-sia.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan lemah dan kuatnya ingatan kita saat mempelajari suatu ilmu. Dan faktor inilah yang harus kita ketahui agar permaslahan dalam belajar dapat kita atasi sendiri dengan mudah.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan Kuatnya Hafalan

Yang paling kuat menyebabkan mudah hafal adalah kesungguhan, kontinuitas, mengurangi makan dan shalat di malam hari. Membaca Al-Qur’an termasuk penyebab hafalan seseorang. Sebuah pernyataan tertulis sebagai penguat pendapat tersebut : “Tiada sesuatu yang lebih bisa menguatkan hafalan seseorang, kecuali membaca Al-Qur’an dengan menyimak. “Membaca Al-Qur’an yang dilakukan dengan menyimak itu lebih utama, sebagaimana sabda Nabi saw : “Amalan umatku yang paling utama adalah membaca Al-Qur’an dengan menyimak tulisannya.”
ورأى شداد بن حكيم بعض إخوانه فى المنام، فقال لأخيه: أى شيئ وجدته أنفع؟ قراءة القرآن نظرا.
Syaddad bin Hakim pernah bermimpi ketemu temannya yang mati, lalu bertanya: “Perbuatan apakah yang engkau rasakan lebih bermanfaat? Jawabnya : “membaca Al-Qur’an dengan menyimak tulisannya.”

Termasuk penguat hafalan lagi, yaitu waktu mengambil buku berdo’a: Bimillahi wasubhanallohi walhamdulillahi wala illaha illallohu wallohu akbar wala haula wala kuwwata illa billahil a’liyyil a’zhimil a’jijil a’limi a’dada kulli harfin kutiba wayuktabu abadal abidina wadahroddahirina.

Artinya : (Dengan menyebut Asnma Allah, Maha suci Allah, segal puji milik Allah dan tiad tuhan selain Allah yang Maha Agung, tiada daya dan kekuatan selain atas pertolongan Allah Yang Maha Mulya Agung Luhur Lagi Mah Mengetahui, sebanyak huruf yang tertulis dan akan di tulis, berabad-abad dan sepanjang masa). Dan setiap selesai menulis berdo’a : Amantu billahil wahidi wahdahu lasyarika lahu wakafartu bima siwahu.

Artinya: (Aku beriman kepada Allah Yang Tunggal, Maha Esa, berkesendirian tiada teman dalam ketuhannaNya, dan saya hindari dari bertuhan kepad selainNya.)

Dan dengan banyak membaca shalawat Nabi saw. Karena shalawatlah yang menjadi dzikir seluruh alam. Sebuah syair berikut disebutkan :
Aku laporkan kepada ki Waki’; hafalanku lemah
Ia menunjuki, agar kutinggal laku maksiat
Hafalan itu, sebagai anugrah dari sisi Tuhan
Orang yang maksiat tak diberi anugrah dari Tuhan
Ringkasnya Amalan yang dapat membuat kita mudah hafal:
  1. Niat bersunguh-sungguh
  2. Istiqomah
  3. Mengurangi banyak makan
  4. Sholat malam
  5. Membaca Al-Qur'an
  6. Perbanyak baca Shalawat
  7. Berdo'a sebelum dan seduah belajar
Amalan diatas merupakan pendorong bathiniyah. Selain itu, pendorong jasmaniyah pun harus pula diperhatikan seperti bersiwak, minum madu, makan kandar (kemenyan putih), bercampur gula dan menelan buah zabib merah 21 butir setiap hari, kesemuanya dapat mempermudah hafal lagi dapat mengobati berbagai macam penyakit. Segala sesuatu yang bisa mengurangi pelendiran dahak dan mengurangi pelemakan kulit badan yang diakibatkan terlalu banyak makan, adalah juga bisa memperkuat hafalan. Sesuatu yang memperbanyak lendir dahak, akan membuat orang jadi pelupa.

Kenapa harus bersiwak/ gosok gigi?
Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah bersabda,
السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ
“Bersiwak itu membersihkan mulut dan merupakan sesuatu yang mendatangkan ridha Rabb” (HR. Bukhari dan An Nasa’i).

Imam An Nawawi mengatakan, bahwa bersiwak (dari segi perbuatan) dapat diartikan apa saja yang bisa menghilangkan kotoran dari gigi dan mulut. Jadi, menyikat gigi, berkumur dengan obat kumur, dapat dikatakan sebagai kegiatan bersiwak.

Tinjauan para ahli kesehatan tentang penggunaan siwak World Health Organization (WHO) juga merekomendasikan siwak untuk menyikat gigi. Beberapa penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa penggunaan kayu siwak lebih efektif dalam mengurangi bakteri yang ada pada gigi dan mulut dibanding sikat gigi modern. Secara mekanik, kayu siwak dapat menyikat permukaan gigi seperti halnya sikat gigi. Saat menggunakan siwak, kita tidak perlu menggunakan pasta gigi, karena kandungan dalam pasta gigi seperti antibakteri dan fluoride juga dimiliki oleh siwak (pembersihan secara kimiawi)

Kenapa harus minum madu?
Madu merupakan campuran zat vitamin, zat mineral, bio-hormon serta enzim yang dapat merangsang kerja otak dan membantu Anda berkonsentrasi lebih baik serta mengusir stress.

Secara medis, madu mengandung lebih dari 70 materi yang berbeda-beda, dimana madu merupakan sumber terpenting zat-zat gula alami. Selain itu, madu juga mengandung sebagian enzim yang dapat membantu dalam proses metabolisme dan pencernaan.

Selain itu kandungan yang terdapat di madu adalah sejumlah vitamin-vitamin penting dalam tubuh. Diantaranya adalah vitamin B, vitamnin B2, vitamin B3 (asam pantosin), vitamin B5, vitamin B6 (pridaksin), vitamin C, vitamin K, vitamin E, dan vitamin A.

Imam Sayuti dalam kitabnya al-Rahmat Fi al-Tib Wal Hikmah berkata bahawa Rasulullah s.a.w. bersabda yang bermaksud:“Wahai kalangan yang mengandung (wanita), perkenalkanlah kepada anak-anakmu semasa mereka di dalam perut kamu, Luban putih (luban) dengan memberi makannya, kerana sesungguhnya ia menambahkan hafalan, kecerdasan dan kekuatan tulang (riwayat al-Dailami).

Kenapa harus makan kandar (kemenyan putih)?
Luban mengandung olibanol, materi resin, dan terpenes. Kandungan lain, saponin, flavonoida dan polifenol. Kini para ilmuwan telah mengamati bahwa ada kandungan dalam Luban yang mampu menghentikan penyebaran kanker. Belum diketahui secara pasti kandungan luban sebagai antikanker.Namun dulu pada abad kesepuluh, Ibnu Sina, ahli pengobatan Arab, merekomendasikan luban sebagai obat untuk tumor, bisul, muntah, disentri dan demam.

“Di riwayaktkan  daripada Saidina Ali (k.w.) bahawa dia menyatakan kepada seorang lelaki yang mengadu kepadanya tentang masalah penyakit lupa. Lalu Saidina Ali(k.w.) menyuruh ia menggunakan luban, karana luban  dapat menguatkan hati  serta  menghilangkan masalah kelupaan”. Luban amat berkesan bagi menambahkan daya ingatan dan mencerdaskan otak karena ia berfungsi menghilangkan lendir balagham dalam otak. Gumpalan balagham yang banyak menyebabkan lemah daya ingatan, selsema, resdung, lelah, batuk dan sebagainya yang berkaitan dengan sIstem pernafasan.

Sejarah juga menyatakan bahwa Imam Syafie yang amat terkenal dengan kekuatan daya ingatannya selalu mengamalkan memakan Luban sehingga akhir hayat beliau.

Kenapa harus makan buah zabib merah?
Nabi saww bersabda: "Barangsiapa memakan kismis merah sebanyak 21 biji setiap hari sebelum  sarapan pagi, maka dia tidak akan tertimpa penyakit kecuali kematian".

Imam Ali a.s. bersabda: "Barangsiapa memakan 21 biji kismis merah, maka dia tidak akan melihat pada jasadnya suatu yang tidak disenangi".

Imam Ali a.s. bersabda: "Kismis dapat menguatkan jantung, menghilangkan penyakit, menghilangkan panas dan memulihkan kesehatan jiwa".

Pada riwayat lain dari Abi Ja'far At-thusi disebutkan bahwa kismis dapat menghilangkan lendir dan menyehatkan jiwa".

Nabi saww bersabda: "Biasakanlah memakan kismis karena kismis dapat menghilangkan kepahitan (empedu/cairan kuning), menghilangkan lendir, menyehatkan badan, membaguskan rupa, mengua! tkan saraf dan menghilangkan letih". Diriwayatkan di dalam Kitab "At-Tib An-Nabawi" (Perubatan Nabi) dalam hadis yang bermaksud;

"Sebaik-baik makanan ialah buah zabib (kismis), ia menghilangkan keletihan, menguatkan urat saraf, meredakan kemarahan, mencerahkan warna kulit dan mengharumkan bau hidung serta mulut"

Kismis adalah satu "gula-gula" asli ciptaan Allah SWT. Ia adalah sejenis buah-buahan kering yang paling berkhasiat di dunia, Ia tidak mengandungi kolestrol atau lemak serta rendah kandungan garam. Ia membekalkan tubuh badan dengan banyak vitamin dan minerals yang penting seperti zat besi, potassium, magnesium, kalsium dan vitamin B1, B3 dan B6.

Zat besi adalah penting untuk pembinaan darah bagi pengangkutan oksijen ke otak ke seluruh badan. Kismis juga merupakan serat yang baik yang kaya dengan agen anti-oksida(anti-penuaan). Kismis mengandungi 70% fruktosa(suatu bentuk gula ringkas yang asli) yang dapat dihadamkan dengan cepat untuk tenaga segera. Ianya sangat sesuai terutama bagi mereka yang menggunakan banyak tenaga untuk berfikir seperti guru dan pelajar.

Ringkasnya makanan yang dapat membantu menguatkan daya ingatan:
  1. Madu
  2. Luban
  3. Buah zabib merah

Segala perbuatan yang sudah di singgung diatas sebisa mungkin harus kita lakukan dan kita jaga selalu. Selain itu kita juga harus mengetahui kenapa kita sering mudah lupa dalam hal mempelajari ilmu.

Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab mudah Lupa

Penyebab lupa adalah berbuat maksiat, banyak dosa, gila dan gelisah karena urusan dunia. Seperti telah di kemukakan di atas, bahwa orang yang berakal itu jangan tergila-gila dengan perkara dunia, karena akan membahayakan dan sama sekali tidak ada manfaatnya. Gila dunia tak lepas dari akibat kegelapan hati, sedang gila akhirat tak lepas dari akibat hati bercahaya yang akan tersakan di kala shalat. Kegilaan dunia akan menghalangi berbuat kebajikan, tetapi kegilaan akhirat akan membawa kepada amal kebajikan.

Membuat dirinya terlena melakukan shalat dengan khusu dan mempelajari ilmu pengetahuan itu dapat menghilangkan kekacauan dalam hati, sebagaimana tersebut di dalam gubahan Syaikhul Islam Nasrhr Ibnul Hasan Al-Marghibani :
Pohonlah inayah, oh Nasr putra Al-Hasan
Untuk mencapai ilmu yang tersimpan
Hanya itu, yang bisa membuang duka
Selain itu, jangan percaya
Syaikhul Imam Najmuddin Umar bin Muhammad An-Nasafi dalam menyifati jariyah Ummi waladnya, tergubah beberapa bait syi’ir :
Salamku buat si dia, yang membuatku terpesona karena lembut tubuhnya
Halus pipinya dan giuran kerdipan matanya
Si cantik molek, diriku jadi tertahan, hatikupun tertawan
Hati kebingungan, bila bermaksud tuk menggambarkan
Aku berkata : tinggalkan daku, maafkan aku
Karena kusibuk membuka jalan dan menuntut ilmu
Selama aku mencari utama dan taqwa
Tak perlu lagi, rayuan si cantik dan harum baunya
Sebab-sebab yang membuat mudah lupa, yaitu makan ketumbar, buah apel masam, melihat salib, membaca tulisan pada kuburan, berjalan disela-sela unta terakit, membuang ke tanah kutu yang masih hidup, dan berbekam pada tengkuk kepala. Singkirilah itu semua, karena membuat orang jadi pelupa.

Semoga bermanfaat.
Sumber https://ibadjournals.blogspot.com/

Posting Komentar untuk "Sulit Hafal Dan Mudah Lupa? Ini Penyebabnya!"