Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Strategi dan Trik dalam Permainan Catur

Strategi dan trik dalam permainan catur diketahui adalah kumpulan penjelasan bagaimana permainan catur dapat dilakukan dengan strategi dan trik kemenangan. Setiap dalam suatu permainan ingin mendapatkan kemenangan. Kemenangan dapat dicapai dengan strategi yang tepat dalam setiap permainan. Strategi ini tidak selalu sama setiap waktunya. Anda perlu memilih jenis strategi yang sesuai dengan lawan yang sedang anda hadapi. Itulah sebabnya, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai strategi dan trik dalam permainan catur yang perlu anda ketahui.


Berbicara mengenai strategi dan trik dalam sebuah permainan catur, maka perlu diketahui bagaimana bermain catur dengan menggunakan strategi dan trik ini. Alasannya, strategi dan trik adalah kemampuan untuk berpikir lebih bagaimana dalam sebuah permainan anda dapat meraih kemenangan dan akan menjadi pemenangnya. Intinya berbicara mengenai strategi dalam sebuah permainan catur, maka anda harus memiliki kesabaran dalam bertindak mengatur serangan ini. Olahraga catur, sejarah aturan dan cara bermainnya sangat penting untuk anda mengerti dahulu. Hal ini dilakukan agar langkah-langkah dan pilihan teknik dalam bagian-bagian catur ini akan menjadi suatu bagian penting dalam suatu permainan. Pastikan untuk dapat menghambat gerak lawan dengan strategi dan trik anda.


Penjelasan berikutnya menurut salah seorang dari grand master catur yang mengatakan bahwa strategi dan trik dalam permainan catur sangatlah dibutuhkan agar serangan pada saat bermain bisa diatur dalam langkah-langkah yang proporsional dan anda dapat menjadi menjadikan momok untuk tim lawan anda. Hal ini pun dapat membuat tim lawan tidak memiliki serangan balik yang signifikan untuk mengalahkan anda. Selanjutnya permainan yang penuh strategi dan trik ini akan membuat seseorang menjadi lebih berpengalaman dalam permainan catur. Jadi kemenangan pun dapat anda raih dengan strategi dan trik yang tepat ini. Namun pastikan jangan sampai strategi dan trik yang anda gunakan tidak sesuai dengan peraturan dan pelanggaran dalam catur.


Strategi dan Trik dalam Permainan Catur


Seperti yang dijelaskan sebelumnya disebutkan bahwa strategi dan trik dalam permainan catur ini sangat dibutuhkan. Itulah mengapa bagi anda yang tertarik untuk ahli dalam permainan catur, maka anda perlu mengetahui strategi dan trik ini. Setidaknya ada 9 jumlah strategi dan trik yang anda butuhkan agar anda dapat memenangkan pertandingan catur. Kira kira apa saja kesembilan strategi tersebut? Berikut ini penjelasannya.



  1. Menyiapkan Strategi dan Trik dalam Hal Jangka Waktu Permainan Ideal


Pertama, apabila anda menginginkan kemenangan maka lakukanlah penggunaan trik dari permainan catur berikut ini. Sejarah dan teknik dasar dalam permainan catur sangat berkaitan dengan trik untuk melawan kesabaran dan waktu. Ada baiknya jika permainan ini dilakukan dengan cara memperhatikan lama waktu ideal sebelum permainan mencapai titik jenuh. Biasanya dalam permainan catur rata rata waktu permainan dalam pertandingan adalah sekitar 90 menit. Artinya anda harus melakukan pencapaian dalam strategi dan trik sebelum waktu 90 menit dengan 30 langkah. Jadi anda dapat menghitung kira kira satu langkah anda harus terjadi setiap 90 menit/30 langkah, demikian satu langkah dalam permainan ini anda harus memiliki durasi berjalan dalam waktu 3 menit per langkah.



  1. Menyiapkan Strategi dan Trik dalam Hal Langkah Awal Permainan Catur


Kedua, strategi dalam bermain catur biasanya dibutuhkan ketika seorang pemain catur sedang melakukan serangan. Suatu permainan catur pastinya sambil melakukan serangan, hendaklah anda melihat gerak-gerik bagaimana lawan anda mencoba menyerang anda. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar anda dapat memutuskan langkah pion dan kuda yang tepat berfungsi sebagai pengecoh gerak-gerik dari benteng. Akhirnya, anda pun dapat segera mendapatkan posisi skak dari raja lawan anda. Jika raja telah berada dalam posisi skak, maka anda dapat melakukan upaya penekanan hingga raja tidak dapat bergerak lagi atau skak mat.



  1. Menyiapkan Strategi dan Trik dalam Hal Langkah Tiap Pion


Ketiga, salah satu strategi dan trik yang perlu anda lakukan dalam permainan catur adalah pertimbangan langkah tiap pion. Sebagai barisan terdepan dari pertahan anda, pion harus memiliki langkah yang sangat berhati-hati. Jika tidak, maka lawan akan sangat mudah membongkar pertahanan anda. Selain itu, pion pun adalah yang pertama digerakkan. Jadi pastikanlah untuk tidak menggerakkan pion tanpa pertimbangan.



  1. Menyiapkan Strategi dan Trik dalam Hal Langkah Kuda


Keempat, selain pion anda pun penting untuk memikirkan strategi dan trik langkah kuda. Kuda adalah pin catur yang bisa bergerak lebih berbeda dengan pin lainnya. Jadi seorang pemain catur jika ingin memenangkan pertandingan perlu melakukan langkah gerakan trik pin kuda anda. Anda bisa terlebih dahulu mengatur serangan dengan memajukan langkah kuda pertama kemudian diikuti oleh pin lainnya seperti benteng. Alasaanya gerakan langkah kuda pada permainan catur secara zig-zag dapat dimanfaatkan untuk menyulitkan barisan pertahan lawan. Bahkan pada awal-awal permainan, gerakan ini dapat membuat raja dari lawan ada mati gerakannya. Demikian sehingga anda pun dapat memenangkan pertandingan ini.



  1. Menyiapkan Strategi dan Trik dalam Hal Menutup Gerak Lawan


Kelima, jika anda ingin dapat menjadi pemenang dalam suatu pertandingan catur pastinya salah satu trik ini sangat anda butuhkan, yaitu strategi dan trik dalam menutup setiap gerakan lawan. Sebagai salah satu jenis olahraga untuk meningkatkan konsentrasi, maka pastikanlah untuk dapat berkonsentrasi saat berhadapan dengan lawan.  Gerakan agar anda mengetahui setiap pertahanan dan gerak-gerik langkah baik untuk pion, kuda, benteng, dan tentunya raja. Hal ini dilakukan supaya anda nantinya siap memutuskan langkah gerakan untuk memenangkan pertandingan catur tersebut.



  1. Menyiapkan Strategi dan Trik dalam Hal Menumpuk Pemain Bidak


Keenam, langkah pada ini bisa seorang pecatur mengatur trik dengan menghindari penumpukan bidak. Karena alasannya bisa membuat langkah gerakan kuda,pion, benteng, serta ratu, raja,dari tim anda bisa menjadi penghambat bila ada penumpukan pemain bidak di catur maka akan menghentikan gerakan langkah anda maka trik ini harus anda hindari supaya gerakan langkah berjalan anda untuk mematikan raja tidak menjadi penghambat.










  1. Menyiapkan Strategi dan Trik dalam Hal Fokus Permainan


Ketujuh, bila anda saat menghadapi pertandingan bermain catur sebaiknya pencantur harus memiliki kinerja fokus, rileks, dalam sebuah permainan agar pemikiran suatu para pencatur tidak mengalami hal-hal pemikiran tentang lain sehingga akan menjadikan pemikiran akan tidak fokus maka sebaiknya anda bisa mengatur sistem kemampuan otak anda secara fokus, rileks dalam sebuah permainan catur ini.



  1. Menyiapkan Strategi dan Trik dalam Hal Perlindungan Raja


Kedelapan, suatu pencantur hendak ingin mengatur trik sebaiknya seorang pencanur harus melindungi raja. Alasannya agar dari serangan tim lawan tidak bisa mengetahui gerak-gerik si raja sehingga pertahanan dalam tim akan tetap kuat, dengan mengadakan trik ini secara baik dan benar.



  1. Menyiapkan Strategi dan Trik dalam Hal Melakukan Gerak Tipu


Kesembilan, apabila seorang akan melakukan gerakan untuk memajukan bagian catur sebaiknya anda menggunakan trik tipuan pada saat bertanding catur. Alasannya agar pertahanan dalam tim lawan akan mengalami goncangan dalam lini pertahanan sehingga akan membuat longgar serangan tim secara leluasa maka akan bisa membuat mematikan dalam sebuah tim lawan.



  1. Menyiapkan Strategi dan Trik dalam Hal Gerak Pion di Langkah Awal


Dan terakhir kesepuluh, jika anda merasakan ingin kemenangan sebaiknya anda melakukan trik dengan memajukan pion pada partai pembukaan. Alasaanya apabila anda memajukan pion pada seluruh pada partai pembukaan akan membuat tim lawan leluasa melakukan serangan sehingga akan sulit untuk mengendalikannya maka juga bisa dimakan oleh tim lawan secara habis demikian akan membuat tim lawan dapat mensekak raja secara cepat.


Manfaat Mengetahui Strategi dan Trik dalam Permainan Catur


Setelah mengetahui beberapa strategi dan trik di atas, anda pastinya akan lebih ungul dalam permainan. Apa alasannya? Alasannya adalah karena ada manfaat yang dapat anda miliki selama permainan. Berikut ini manfaat selama permainan yang dapat anda rasakan karena anda sudah mempersiapkan strategi dan trik sebelumnya.



  • Menghasilkan permainan anda yang lebih kreatif

  • Menggunakan pengalaman permainan catur dengan lebih efektif

  • Memiliki pergerakan dalam permainan catur yang lebih lincah

  • Membuat permainan catur tidak membosankan dan lebih menarik

  • Memiliki gerakan yang lebih aktif dalam menyerang dan kuat dalam bertahan


Berikut tadi informasi lengkap mengenai 10 strategi dan trik dalam permainan catur yang perlu anda kuasai. Jika anda selalu mempertimbangkan kesepuluh strategi dan trik, maka kemungkinan besar pertandingan catur ini dapat anda menangkan. Jadi pastikanlah untuk mencari tahu dulu kebiasaan serangan lawan anda, untuk kemudian dapat anda siapkan strategi untuk melawannya. Itulah mengapa catur sangat disarankan sebagai salah satu jenis jenis permainan olahraga untuk anak SD coba dalam pelajaran olahraga. Selamat mencoba memenangkan pertandingan catur anda untuk selanjutnya.



Sumber https://indoint.com/