Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengenali Potensi Diri


Potensi diri adalah  kemampuan , kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang ada dalam diri seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal.
Berdasarkan pengertian di atas potensi merupakan daya yang dimiliki oleh setiap manusia. Hanya saja, daya itu belum terwujud atau belum dimanfaatkan secara maksimal. Potensi diri sangat berhubungan erat dengan cipta, rasa, dan karsa yang dimiliki seseorang.

Macam-macam potensi diri:

Potensi yang ada pada diri sendiri dapat dikatakan sebagai bakat yang terpendam. Potensi yang kita miliki biasanya dapat kita kenali dengan cara melihat apa yang kita sukai. Ada bermacam-macam potensi dalam diri seseorang, antara lain:

a. Potensi fisik (psychomotoric) Potensi fisik adalah potensi yang berhubungan dengan kemampuan gerak seseorang. Potensi fisik dapat dipergunakan untuk melakukan gerakan-gerakan misalnya berolahraga dan untuk berbagai kepentingan pemenuhan kebutuhan hidup. Setiap potensi fisik yang dimiliki manusia mempunyai fungsi sendiri-sendiri. Misalnya: kaki untuk berjalan, mulut untuk berbicara, telinga untuk mendengar dan lain sebagainya.

b. Potensi mental intelektual (intellectual quotient) adalah potensi kecerdasan yang ada dalam otak manusia. Potensi ini berfungsi untuk menganalisis, merencanakan, menghitung dan lain sebagainya.

c. Potensi emosional (emotional quotient), adalah potensi kecerdasan yang ada pada otak manusia (otak belahan kanan). Potensi berfungsi untuk mengendalikan marah, bertanggung jawab, motivasi, kesadaran diri dan lain sebagainya.

d. Potensi mental spiritual (spiritual quotient), adalah potensi kecerdasan dalam diri sendiri yang berhubungan dengan kearifan di luar jiwa sadar (bukan hanya mengetahui nilai tetapi menemukan nilai. Spiritual quotient dapat terbentuk melalui pendidikan agama formal.

e. Potensi Ketahanmalangan (adversity quotient), adalah potensi kesadaran manusia yang bersumberkan pada bagian dalam diri manusia yang berhubungan dengan keuletan, ketangguhan dan daya juang. Adversity quotient (AQ) adalah faktor spesifik sukses (prestasi) seseorang karena mampu merespon berbagai kesulitan. Melalui AQ manusia mampu mengubah suatu rintangan sebagai penghalang menjadi peluang.

Cara Mengenali Potensi Diri

Kita dapat mengenali potensi yang ada pada diri kita dengan dua factor. Yang pertama adalah factor intern dan yang kedua adalah factor ekstern. Bagaiamana cara mengenali potensi diri-sendiri dari factor intern ? Berikut beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengenali potensi diri dari factor intern kita:
1.       Memiliki informasi yang lengkap tentang diri kita sendiri.
2.       Mengenali dan mengetahui apa yang kita sukai, karena potensi dan bakat yang kita miliki adalah sesuatu yang kita sukai.
3.       Memahami kemampuan atau kelebihan-kelebihan yang kita miliki,

Faktor ekstern atau faktor yang berasal dari luar diri kita sendiri:

Cara mengenali potensi diri dilihat dari faktor ekstern dapat dicapai dengan hal-hal sebagai berikut :

1.       Kita perlu menguji coba kemampuan diri kita dengan mengikuti perlombaan-perlombaan yang ada di sekitar kita,
2.       Menguji atau mengukur kemampuan dan bakat kita kepada para ahli yang berkompeten dalam bidangnya.

Cara Mengembangkan potensi diri

Jika kita sudah bahwa setiap orang mempunyai potensi dan kemampuan yang terpendam dalam diri, selanjutnya adalah kita harus berupaya mengembangkannya agar potensi dan kemampuan diri kita dapat berkembang secara maksimal. Ada beberapa hal yang musti kita lakukan untuk mengembangkan potensi diri adalah:

1.       Berkerja keras untuk mengembangkan potensi secara obyektif dan realistis.
2.       Jika kita sudah mengenali bakat dan kemampuan kita maka Sering-sering latihan untuk mengembangkan potensi diri
3.       Berikap obyektif atau realistis dengan kemampuan yang kita miliki, artinya kita jangan melebih-lebihkan atau mengurangi apa yang telah menjadi kenyataan tentang apa yang kita miliki.
4.       Bersikap dan berlaku jujur

5.       Bersikap proportional dengan kemampuan yang kita miliki

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Posting Komentar untuk "Cara Mengenali Potensi Diri"