Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MERUBAH APLIKASI ANDROID MENJADI APK / BACK UP DENGAN CLEAN MASTER


Bagaimana cara merubah aplikasi Android menjadi file APK ? Yang dimaksud merubah aplikasi Android menjadi APK disini adalah Aplikasi aplikasi pihak ketiga yang didownload dari Google Play Store. Umumnya, jika kita download sebuah aplikasi atau game dari Play Store, aplikasi tersebut secara otomatis akan terinstall di perangkat Android, tanpa file mentah APK yang bisa dipindahkah ke perangkat lain. Sudah kita ketahui sebelumnya bahwa aplikasi / game yang ada di Android adalah file yang berekstensi APK.

Lalu apa tujuan dari merubah aplikasi Android menjadi file APK ? Tujuannya tentu saja untuk memback up file untuk dijadikan file mentah APK. File tersebut nanti bisa ditransfer ke perangkat Android lain (misalnya via Bluetooth) untuk diinstall kembali ke perangkat Android lain. Cara ini sangat membantu jika ingin memiliki aplikasi yang berukuran lumayan besar, jika teman memiliki aplikasi menarik cukup minta filenya saja, dan anda tak perlu repot repot download aplikasi dari Play Store yang tentunya akan "merampok" kuota Internet Anda :)


Ada beberapa aplikasi backup file yang tersedia di Play Store dan berguna untuk mengubah aplikasi yang telah terinstall di perangkat Android menjadi file APK seperti :
  • Clean Master
  • APK Extractor
  • File Expert
  • App Back Up & Restore
  • Easy Back Up
  • APK Installer, dll

MENGUBAH APLIKASI / GAME ANDROID MENJADI FILE APK


Untuk aplikasi Backup sendiri saya lebih suka menggunakan Clean Master, selain sebagai aplikasi untuk backup aplikasi, clean master juga merupakan aplikasi pembersih file file sampah di Android, fitur Boosternya juga berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja Android. Jika ingin menggunakan aplikasi Clean Master silahkan download dulu aplikasinya di Play Store, sedangkan cara merubah aplikasi ke APK atau back up file, caranya adalah sebagai berikut :

1. Buka CLEAN MASTER, kemudian pilih menu PENGELOLA APP


2. Kemudian pilih FILE / GAME yang ingin di Back Up (contohnya aplikasi Line).


3. Sentuh kotak untuk mencentang aplikasi, kemudian tekan BACK UP


4. Tunggu proses back up hingga selesai (hanya hitungan detik).


5. Klik OK jika sudah ada pemberitahuan Pencadangan Berhasil.


6. Untuk melihat hasilnya, masuk ke pengaturan File, pilih Memory Internal >> Folder Clean Master >> Folder Back Up. Dalam Folder back up inilah letak File APK yang berhasil di back up.


7. Anda sudah bisa membagikan file APK tersebut kepada teman baik melalui Bluetooth, BBM, Email, Facebook, dll.


Dengan Clean Master anda juga bisa merubah aplikasi android menjadi APK sekaligus (lebih dari 1 file, secara langsung). Ingat, gunakan aplikasi ini untuk back up file secara bijak, jangan di upload di Internet hasil file APKnya dengan tujuan dishare ke pengguna Internet karena ini melanggar kebijakan pengembang aplikasi dan tentu saja menjadikan File tersebut menjadi bajakan. Anda tetap bisa back up file mungkin hanya untuk disimpan di komputer atau hanya dibagikan kepada teman terdekat.


Sumber http://www.berbagiinfo4u.com/

Posting Komentar untuk "CARA MERUBAH APLIKASI ANDROID MENJADI APK / BACK UP DENGAN CLEAN MASTER"