Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indonesia - Finlandia Bekerjasama Dalam Pengembangan Kinerja Sistem Pendidikan Pada Tingkat Dasar dan Menengah


Usaha Pemerintah untuk "mencuri" ilmu dari finlandia tak pernah surut dalam hal sistem pendidikan ayng kini dinilai terbaik di dunia. Indonesia mealaui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia mengikat perjanjian.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menandatangani memorandum saling pengertian dengan Menteri Pendidikan dan Komunikasi Finlandia Krista Kiuru. Penandatanganan yang berlangsung Kamis (19/03), di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini merupakan kerja sama kedua negara dalam pengembangan kinerja sistem pendidikan pada tingkat dasar dan menengah.
 ilmu dari finlandia tak pernah surut dalam hal sistem pendidikan ayng kini dinilai terbai Indonesia - Finlandia Bekerjasama Dalam Pengembangan Kinerja Sistem Pendidikan Pada Tingkat Dasar dan Menengah

Dalam memorandum tersebut terdapat enam sub-area yang menjadi fokus kerja sama antara Indonesia dengan Finlandia sebagai berikut :


  1. 1.  Pertukaran informasi dan publikasi ilmiah serta tenaga ahli di bidang pendidikan dan pengasuhan usia dini, taman kanak-kanak, dasar, menengah, pendidikan kejuruan dan teknik.
  2. 2.   Pengembangan kurikulum dan kualifikasi.
  3. 3.   Pengkajian.
  4. 4.  Pembelajaran dan pengajaran, termasuk pendidikan guru dan pengembangan professional.
  5. 5.  Manajemen sekolah dan kepemimpinan serta peningkatan mobilitas termasuk guru, staf administrasi dan murid.
  6. 6.   Isu pendidikan lainnya yang dapat disepakati secara langsung oleh mitra dari kedua belah negara.


Mendikbud mengatakan, kerja sama kedua negara ini diharapkan dapat menaungi kerja sama antara Indonesia dan Finlandia. “Banyak bidang yang bisa dilakukan dalam kerja sama ini,” katanya usai melakukan penandatanganan.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan dan Komunikasi Finlandia Krista Kiuru mengatakan, pendatanganan memorandum saling pengertian ini merupakan momentum yang sangat penting dalam sejarah kerja sama kedua negara.

Dengan kerja sama ini Indonesia dan Finlandia dapat lebih kuat dalam membangun masa depan. “Ini kunci utama bahwa kita memiliki kapasitas orang-orang yang sangat kompeten untuk membuat sesuatu yang baru,” tuturnya.

Sebelum melakukan penandatangan, kedua menteri terlebih dahulu berbincang hangat tentang kondisi kedua negara. Dan dengan ditandatanganinya memorandum ini memperkuat jalinan kerja sama dan diplomasi yang telah dijalankan oleh Indonesia dan Finlandia selama 60 tahun. (Aline Rogeleonick – Kemdikbud.go.id)

Semoga kesepakatan tersebut bisa meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia dan menjadi yang terbaik 

Sumber https://www.infoptk.com/

Posting Komentar untuk "Indonesia - Finlandia Bekerjasama Dalam Pengembangan Kinerja Sistem Pendidikan Pada Tingkat Dasar dan Menengah"