Beberapa Contoh Perubahan Sistem Pendidikan Di Tahun 2017/2018

.

sistem pendidikan di Indonesia kemungkinan akan mengalami perubahan Beberapa Contoh Perubahan Sistem Pendidikan Di Tahun 2017/2018

Di Tahun Ajaran 2017/2018 mendatang sistem pendidikan di Indonesia kemungkinan akan mengalami perubahan yang cukup banyak, hal ini dilakukan untuk membenahi sistem pendidikan di Indonesia yang tergolong masih tertinggal.

Berikut ini adalah beberapa contoh perubahan pada sistem pendidikan yang rencananya akan laksanakan pada tahun ajaran 2017/2018 mendatang yang berhasil kami rangkum, diantaranya adalah : 

1. Siswa wajib menyanyikan lagu kebangsaan sebelum memulai pelajaran. 
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi menyebutkan, kegiatan belajar di seluruh sekolah dasar dan menengah pada tahun ajaran 2017/2018, diwajibkan menyanyikan lagu kebangsaan. Antara lain, pada awal kegiatan belajar para siswa harus menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa. Sedangkan pada akhir kegiatan belajar ditutup dengan menyangikan lagu-lagu nasional dan pembacaan doa.

2. Diterapkannya program Full Day School.
guru dan siswa SD wajib berada di sekolah selama 8 jam per hari, namun sistem ajar tidak boleh lagi semata-mata diisi dengan pemberian mata pelajaran di ruang kelas. Pendidikan diisi dengan kegiatan yang sifatnya lebih ditekankan pada penguatan pendidikan karakter siswa.

3. Jumlah Mata Pelajaran Bagi SD Akan Dikurangi.
Nantinya pemberian mata pelajaran oleh guru di ruang kelas hanya akan diberikan paling banyak tiga mata pelajaran per hari dengan durasi waktu tiga kali 45 menit. Setelah itu, pendidikan diisi dengan kegiatan yang sifatnya lebih ditekankan pada penguatan pendidikan karakter siswa.

4. Diberlakukannya 5 hari kerja (sabtu dan minggu libur)

Demikanlah beberapa daftar perubahan sistem pendidikan yang telah dijadwalkan pada tahun ajaran 2017/2018, perubahan besar diatas menurut Mendikbud Muhajir Effendi semata-mata untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penguatan pendidikan karakter bagi siswa. 

Sumber https://www.pgrionline.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar