Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Instrumen Penilaian Otentik Kurikulum 2013

.

Contoh Instrumen Penilaian Otentik Kurikulum 2013 ini merupakan salah satu jenis penilaian yang digunakan dalam Kurikulum 2013 di SD/Mi, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. Ciri-ciri dalam penilaian autektik yaitu (1) melibatkan kegiatan yang mencerminkan dunia nyata yang dilakukan untuk keperluan penilaian, (2) menggunakan data yang diperoleh dengan berbagai teknik dan instrument. Penilaian autentik adalah bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap, menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajaran dalam melakukan tugas pada situasi yang sesungguhnya.

Berikut ini saya lampirkan salah satu Instrumen Penilaian Otentik pada pembelajaran IPA Kurikulum 2013 yang menggabungkan antara penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan secara terintegrasi.

Contoh Instrumen Penilaian Otentik Kurikulum  Contoh Instrumen Penilaian Otentik Kurikulum 2013



Penilaian Autentik adalah proses pengumpulan informasi tentang perkembangan dan pencapaian pembelajaran yang dilakukan siswa melalui berbagai teknik yang mampu mengungkapkan, membuktikan atau menunjukkan secara tepat bahwa tujuan pembelajaran telah benar-benar dikuasai dan dicapai. Berikut adalah prinsip-prinsip penilaian otentik.
  1. Proses penilaian harus merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran, bukan bagian terpisah dari proses pembelajaran (a part of, not apart from, instruction)
  2. Penilaian harus mencerminkan masalah dunia nyata (real world problems), bukan masalah dunia sekolah (school work-kind of problems).
  3. Penilaian harus menggunakan berbagai ukuran, metoda dan kriteria yang sesuai dengan karakteristik dan esensi pengalaman belajar.
  4. Penilaian harus bersifat holistik yang mencakup semua aspek dari tujuan pembelajaran (kognitif, afektif, dan sensori-motorik)
Diharapkan dengan Contoh Instrumen Penilaian Otentik Kurikulum 2013 ini dapat membantu anda mengarahkan siswa untuk membuat instrumen penilaian untuk diterapkan disekolahnya. Kritik dan saran sangat saya harapkan demi peningkatan kualitas blog ini dimasa yang akan datang. Dalam blog ini juga saya sediakan banyak Administrasi Sekolah Lengkap untuk SD, SMP, dan SMA baik yang menyangkut Administrasi Pembelajaran, TU, Kepala Sekolah, Keuangan, dan lain sebagainnya. Cari file yang anda inginkan melalui kotak pencarian dibagain kanan atas blog ini atau melalui menu yang tersedia.

Sumber http://www.downloadadmintrasisekolah.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "Contoh Instrumen Penilaian Otentik Kurikulum 2013"