Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penemu Sirkuit Terpadu (integrated circuit atau IC) - Jack Kilby

.

Sirkuit terpadu (bahasa Inggris: integrated circuit atau IC) adalah komponen dasar yang terdiri dari resistor, transistor dan lain-lain. IC adalah komponen yang dipakai sebagai otak peralatan elektronika. Pada 10 Desember 2000 Jack Kilby dianugerahkan Hadiah Nobel Fisika di Stockholm, Swedia sebagai tokoh pertama yang menemukan sirkuit gabungan. Separuh lain hadiah itu diterima oleh Zhores Alferov dan Herbert Krömer.

(Baca juga: "Sejarah Penemuan IC (integrated circuit) / Sirkuit Terpadu")

Penemuan awal sirkuit terpadu dimulai sejak tahun 1949, ketika engineer Jerman Werner Jacobi (Siemens AG) mengajukan hak paten untuk amplifying device semikonduktor dengan struktur mirip dengan struktur sirkuit terpadu  yang menggunakan lima transistor yang dimuat pada sebuah substrat dalam susunan amplifier 2-tahap. Jacobi mengemukakan alat bantu pendengaran sebagai contoh tipikal aplikasi industri dari hak paten tersebut. Tetapi, tidak ada kabar mengenai pemakaian hak paten ini secara komersial.

Ide sirkuit terpadu dipikirkan oleh seorang ilmuwan radar yang bekerja untuk Royal Radar Establishment di Ministry of Defence, Geoffrey W.A. Dummer (1909–2002). Dummer mencetuskan idenya di depan publik pada the Symposium on Progress in Quality Electronic Components di Washington, D.C. pada 7 May 1952. Ia mencetuskan idenya di beberapa simposium lainnya, dan berusaha untuk membuat sirkuit seperti itu pada 1956, tetapi tanpa keberhasilan.

Robert Noyce mengakui peranan Kurt Lehovec yang bekerja di Sprague Electric, dalam artikel "Microelectronics" yang ditulisnya pada Scientific American, September 1977, Volume 23, Number 3, pp. 63–9, untuk prinsip isolasi sambungan p-n, yang disebabkan oleh sambungan p-n yang di-bias (dioda), sebagai komponen dasar sirkuit terpadu.

Noyce juga memikirkan ide mengenai sirkuit terpadu setengah tahun lambat setelah Kilby. Chip yang dibuatnya dapat menangani beberapa masalah praktikal yang tidak dapat ditangani oleh chip oleh Kilby. Chip oleh Noyce dibuat di Fairchild Semiconductor, menggunakan material silikon, sedangkan chip oleh Kilby menggunakan material germanium.


Biografi Jack Kilby

Jack St. Clair Kilby (8 November 1923 - 20 Juni 2005) adalah seorang insinyur listrik Amerika yang ikut serta (bersama dengan Robert Noyce ) dalam realisasi sirkuit terpadu pertama saat bekerja di Texas Instruments (TI) pada tahun 1958. Dia Dianugerahi Hadiah Nobel dalam fisika pada tanggal 10 Desember 2000. Untuk mengucapkan selamat kepadanya, Presiden AS Bill Clinton menulis, "Anda dapat dengan bangga mengetahui bahwa pekerjaan Anda akan membantu memperbaiki kehidupan bagi generasi yang akan datang."

Dia juga penemu kalkulator genggam dan printer thermal, bersama hak patennya. Dia juga memiliki hak paten untuk tujuh penemuan lainnya.


Kehidupan awal 

Jack Kilby lahir di Jefferson City, Missouri, Jack Kilby tumbuh dan bersekolah di Great Bend, Kansas, lulus dari Great Bend High School.

Kilby menerima gelar sarjana sains dari University of Illinois di Urbana-Champaign, di mana dia menjadi anggota kehormatan Acacia Fraternity. Pada tahun 1947, ia menerima gelar sarjana teknik elektro. Ia memperoleh gelar master sainsnya di bidang teknik elektro dari University of Wisconsin-Madison pada tahun 1950, saat bekerja di Centralab, sebuah divisi dari perusahaan Globe-Union di Milwaukee.


Karir 

Pada pertengahan 1958, Kilby, sebagai insinyur yang baru dipekerjakan di Texas Instruments (TI), belum memiliki hak untuk liburan musim panas. Dia menghabiskan musim panas untuk mengerjakan masalah dalam desain sirkuit yang biasa disebut " tirani angka " dan akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa membuat komponen rangkaian secara massal dalam satu bidang bahan semikonduktor dapat memberikan solusi.

Pada tanggal 12 September dia mempresentasikan temuannya kepada manajemen, termasuk Mark Shepherd. Dia menunjukkan sepotong germanium dengan sebuah osiloskop yang terpasang, menekan tombol, dan osiloskop menunjukkan gelombang sinus terus- menerus, membuktikan bahwa sirkuit terpadunya bekerja dan dengan demikian dia telah memecahkan masalah ini. Paten AS 3.138.743 untuk " Miniatur Sirkuit Elektronik", rangkaian terpadu pertama, diajukan pada tanggal 6 Februari 1959. Bersama Robert Noyce (yang secara independen membuat sirkuit serupa beberapa bulan kemudian), Kilby umumnya dikreditkan sebagai co- Penemu sirkuit terpadu.

Jack Kilby melanjutkan mempelopori aplikasi teknologi microchip militer, industri, dan komersial. Dia memimpin tim yang membangun sistem militer pertama dan komputer pertama yang menggabungkan sirkuit terpadu. Dia kemudian menciptakan kalkulator genggam dan printer termal yang digunakan di terminal data portabel.

Pada tahun 1970, ia mengambil cuti dari TI untuk bekerja sebagai penemu independen. Ia menjajaki, antara lain, penggunaan teknologi silikon untuk menghasilkan tenaga listrik dari sinar matahari. Dari tahun 1978 sampai 1984 ia memegang posisi Distinguished Professor Teknik Elektro di Universitas Texas A & M.

Pada tahun 1983, Kilby pensiun dari Texas Instruments. Dia meninggal karena kanker 20 Juni 2005 pada usia 81, di Dallas, Texas.


Penemuan Sirkuit terpadu 

 adalah komponen dasar yang terdiri dari resistor Penemu Sirkuit Terpadu (integrated circuit atau IC) - Jack Kilby
Replika Sirkuit terpadu karya Jack Kilby
Ide pendahulu dari sirkuit terpadu yaitu membuat kotak persegi kecil dari keramik (wafers), dan setiap persegi memuat satu miniatur komponen. Komponen tersebut kemudian disatukan dan dihubungkan dengan kabel untuk membentuk kisi 2 atau 3 dimensi. Ide ini terlihat meyakinkan, dan pada tahun 1957 diajukan kepada US Army oleh Jack Kilby, yang menghasilkan proyek Micromodule Program (sama dengan 1951's Project Tinkertoy) yang berumur pendek. Tetapi, seiring berjalannya proyek ini, Kilby memikirkan sebuah ide lain yang sekarang dikenal sebagai sirkut terpadu.

Kilby yang baru dipekerjakan oleh Texas Instruments menuliskan idenya tentang sirkuit terpadu pada Juli 1958, dan kemudian sukses membuat sebuah sirkuit terpadu yang dapat bekerja pada 12 September 1958.  In his patent application of 6 February 1959, Kilby described his new device as “a body of semiconductor material ... where in all the components of the electronic circuit are completely integrated.” Penemuan baru ini pertama kali digunakan oleh US Air Force.

Kilby dihargai Nobel Prize pada tahun 2000 di bidang Fisika untuk peranannya dalam penemuan sirkuit terpadu. Kilby's work was named an IEEE Milestone in 2009.


Sumber: 

Sumber https://blogpenemu.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "Penemu Sirkuit Terpadu (integrated circuit atau IC) - Jack Kilby"