Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Dan Cara Daftar PPG 2019 di Simpatika

Syarat Dan Cara Daftar PPG 2019 di Simpatika - PPG (Pendidikan Profesi Guru) merupakan  pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru. 

Pendidikan profesi guru harus ditempuh selama 1-2 tahun setelah seorang calon lulus dari program sarjana kependidikan maupun non sarjana kependidikan. PPG (Program Pendidikan Profesi Guru) merupakan program pengganti akta IV yang tidak berlaku muali tahun 2005

Bagi guru-guru madrasah Pendaftaran PPG (Pendidikan Profesi Guru)  dalam Jabatan Tahun 2019 bagi guru madrasah telah dibuka melalui layanan Simpatika mulai tanggal 10 April 2019 hingga 28 April 2019.

Bagi guru madrasah dan RA yang sudah memenuhi syarat ada baiknya untuk segera mendaftarkan diri melalui akun simpatika masing-masing.

Untuk mengetahui apakah diri anda sudah memenuhi syarat sebagai peserta PPG (Pendidikan Profesi Guru 2019, silahkan buka akun simpatika masing-masing.

Setelah login menggunakan Username dan password selanjutnya anda akan menjumpai notifikasi atau pesan peringatan untuk melakukan pendaftaran PPG (Pendidikan Profesi Guru). perhatikan gambar dibawah ini.


Jika notifikasi atau pesan peringatan tidak muncul.! Kemungkinan persyaratan untuk mengikuti PPG (Pendidikan Profesi Guru) 2019 belum terpenuhi.

Anda dapat memastikan kembali dengan melihat daftar menu yang terdapat pada bilah kiri. Klik pada menu PPG dalam Jabatan.

Persyaratan Calon Peserta Sertifikasi Guru 2019

  1. Memiliki NUPTK
  2. Memiliki kualifikasi pendidikan minimal S-1/D-IV
  3. Memiliki NPK (Nomor Pendidik Kemenag) dan terdaftar aktif sebagai guru di Simpatika
  4. Belum berusia 58 tahun
  5. Diangkat dalam jabatan fungsional guru sebelum tanggal 31 Desember 2015


File Yang Harus di Persiapkan Untuk Mendaftar PPG 2019

scan ijazah S1/DIV asli format JPG, PNG, JPEG, GIF, atau PDF dengan ukuran file antara 200 KB hingga 1 MB. File scan ijazah ini nanti akan dkut diupload saat pendaftaran PPG dalam Jabatan.

Program studi pada ijazah S-l/D-IV dengan program studi PPG Dalam Jabatan harus linier. Dalam proses pendaftaran nantinya pilihan program studi PPG akan otomatis menyesuaikan dengan linieritas ijazah masing-masing. 

Cara Mendaftar Calon Peserta Sertifikasi Guru 2019
  • Login ke akun Simpatika (Akun PTK) masing-masing
  • Setelah berhasil login akan muncul notifikasi / pesan Pendaftaran Calon Peserta Sertifikasi 2019. Pesannya berbunyi: Bagi guru madrasah yang memenuhi persyaratan sebagai calon peserta sertifikasi guru dalam jabatan, proses pendaftaran dibuka sampai tanggal 28 April 2019.
  • Klik tombol "Ajukan Peserta" yang ada di bawah pesan tersebut
pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untu Syarat Dan Cara Daftar PPG 2019 di Simpatika
  • Atau dapat juga dengan mengklik menu "PPG dalam Jabatan" yang ada di kumpulan menu sebelah kiri
  • Terbuka halaman Pendaftaran PPG dalam Jabatan
  • Klik tombol "Ajukan PPG"
pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untu Syarat Dan Cara Daftar PPG 2019 di Simpatika
  • Muncul form Ajuan PPG. 
  • Isikan kolom "Perguruan Tinggi lulusan Anda (Ref.DIKTI)" dengan cara memilih nama perguruan tinggi sesuai ijazah yang dimiliki dari daftar yang tersedia. Untuk mempercepat pencarian, ketik nama perguruan tinggi di kolom pencarian.
  • Pilih "Program Studi lulusan Anda (Ref.DIKTI)" yang tersedia dan sesuai dengan ijazah
  • Klik "File Scan Ijazah Asli" untuk mengunggah file scan ijazah yang dipersiapkan sebelumnya.
  • Klik tombol "Benar dan Lanjut"
  • Muncul form berikutnya
  • Isikan kolom "Program Studi lulusan Anda (Ref. SE Dirjen GTK)" sesuai ijazah
  • Pilih dan isikan kolom "Jenjang Mapel PPG Yang Diajukan" sesuai dengan pilihan yang tersedia
  • Pilih dan isikan kolom "Mapel PPG Yang Diajukan"
  • Klik "benar dan lanjut"
  • Muncul halaman konfirmasi berisikan isian yang telah diisikan. Cek, jika telah benar klik "Simpan"
  • Muncul form berikutnya, klik "Cetak Surat Ajuan"
  • Cetak Tanda Bukti Pengajuan Calon Peserta PPG 2019 atau S37

Setelah cetak tanda bukti pengajuan calon peserta PPG 2019 atau S37 maka selesailah sudah proses pendaftaran. Selanjutnya tinggal memantau informasi dan perkembangan pendaftarannya diterima atau ditolak melalui dasbor simpatika masing-masing.

Syarat Dan Cara Daftar PPG 2019 di Simpatika disampaikan dalam Surat Edaran Dirjen Pendis Nomor: 272/Dt.I.II/2/KP.02.3/4/2019 tentang Persiapan Pelaksanaan PPG dalam Jabatan 2019.

Surat Edaran Dirjen Pendis Nomor: 272/Dt.I.II/2/KP.02.3/4/2019 + Daftar Linieritas Ijazah dan Prodi PPG, silakan unduh di link berikut.


Demikian yang dapat kami share pada kesempatan ini dengan judul artikel Syarat Dan Cara Daftar PPG 2019 di Simpatika.

Sumber https://www.cararingkas.com/Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "Syarat Dan Cara Daftar PPG 2019 di Simpatika"