Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Warna Piring Ternyata Bisa Mengendalikan Nafsu Makan, Lho

doktersehat-makanan-manis-gula

DokterSehat.Com – Sebuah penelitian ternyata berhasil mengungkapkan trik unik yang bisa membantu kita menjaga atau menurunkan berat badan dengan efektif. Trik tersebut adalah dengan memilih warna dari piring yang kita gunakan saat makan. Bagaimana mungkin warna piring bisa mengendalikan nafsu makan kita? Berikut adalah penjelasannya.

Pakar diet bernama dr. Brian Wansink yang berasal dari Cornell University’s Food & Brand Lab di Amerika Serikat menyebutkan bahwa warna piring ternyata bisa mempengaruhi seberapa banyak porsi makanan yang kita konsumsi atau seberapa cepat kita akan merasa kenyang. Tak hanya warna pada piring, warna dinding dari ruang makan, cahaya lampu dari tempat kita makan juga bisa bisa mengendalikan nafsu makan kita.

Dr. Wansink menyebutkan bahwa jika kita mengkonsumsi nasi putih, ada baiknya kita memakai piring dengan warna yang gelap. Adanya perbedaan warna yang kontras ini bisa membuat kita lebih awas pada seberapa banyak porsi nasi yang kita ambil. Jika kita juga menggunakan piring dengan warna yang relatif sama dengan nasi atau makanan yang kita makan, kita akan cenderung mengambil porsi makanan tersebut 18 persen lebih banyak sehingga tentu akan berpengaruh besar bagi berat badan kita.

Penelitian lain dari Harvard Medical School menyebutkan bahwa warna piring layaknya pink pucat atau abu-abu ternyata bisa membuat kita makan dengan lebih tenang, lebih lambat, dan tidak terburu-buruk Selain itu, makan nasi dengan piring berwarna biru tua, merah, atau hitam akan membuat kita lebih baik dalam mengontrol porsi nasi yang kita makan.

Tak hanya nasi, kita juga bisa memperhatikan wadah es krim yang kita konsumsi. Sebagai contoh, jika kita ingin mengkonsumsi es krim vanilla, ada baiknya kita menggunakan wadah berwarna gelap. Sementara itu, es krim cokelat sebaiknya ditempatkan pada wadah dengan warna yang cerah. Dengan perbedaan warna yang kontras antara makanan dan wadah makanan, maka kita pun akan lebih baik dalam mengendalikan porsi makanan yang kita konsumsi.

Posting Komentar untuk "Warna Piring Ternyata Bisa Mengendalikan Nafsu Makan, Lho"