Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Penyebab Cacingan?

Penyebab Cacingan_Cacingan menjadi salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh anak-anak dan perlu diketahui bahwa hampir 90% anak Indonesia pernah mengalami cacingan. Meskipun demikian, orang dewasa juga memiliki peluang yang sama mengalami cacingan.

Penyakit cacingan disebabkan karena adanya parasit yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui permukaan kulit atau pori-pori sehingga menyebabkan gangguan kesehatan.

Penyakit cacingan menjadi salah satu penyakit yang dialami oleh masyarakat yang tinggal di daerah tropis dan tropis dan penderita cacingan akan mengalami peningkatan jumlahnya saat musin hujan. Mengapa demikian ? Musim hujan akan menyebabkan air sungai meluap sehingga larva cacing sebagai penyebab dari penyakit cacingan akan keluar dan menyebar.

Larva cacing yang masuk ke dalam tubuh manusia hanya memerlukan waktu selama satu sampai dengan tiga minggu untuk dapat berkembang biak. Larva cacing yang masuk ke dalam tubuh mausia akan menimbulkan rasa gatal dibagian kulit dimana larva cacing tersebut masuk.

Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab cacingan guna menurunkan risiko terkena cacingan yang tentu saja akan mengakibatkan masalah pada kesehatan. dan berikut kami sajikan mengenai beberapa penyebab cacingan beserta dengan penjelasan terkait mengenai hal tersebut.
Cacingan menjadi salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh anak Apa Penyebab Cacingan?
Penyebab Cacingan
Banyak hal yang bisa menjadi penyebab cacingan dan berikut beberapa diantaranya:

1. Tidak Menjaga Kebersihan
Anda yang tidak terlalu peduli dengan kebersihan seperti makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu atau mengkonsumsi makanan yang jatuh bisa membuat larva cacing yang menempel di tangan atau makanan yang telah terjatuh akan masuk ke dalam tubuh.

2. Lingkungan yang Kotor
Jarang membersihkan rumah, membiarkan rumput dihalaman terus memanjang adalah tempat atau habitat larva cacing tumbuh dan berkembang biak sehingga dengan kata lain Anda membiarkan bahkan menyediakan tempat bagi larva cacing bertumbuh dilingkungan tempat Anda tinggal. Sehingga semakin rentan bagi Anda terkena cacingan.

3. Tidak Menggunakan Alas Kaki
Biasakan untuk selalu menggunakan alas kaki saat beraktivitas diluar rumah. Hal ini dilakukan karena Anda tidak akan pernah tahu apakah tanah yang di injak terbebas dari kuman dan bakteri atau bahkan sebaliknya tanah yang diinjak tersebut menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri termasuk larva cacing.

Dengan menggunakan alas kaki akan membuat Anda terlindungi dari segala macam bakteri, kuman dan larva cacing yang bisa saja masuk melalui permukaan kulit di telapak kaki.

4. Makanan
Banyak hal dan penyebab yang bisa membuat makanan yang dikonsumsi terkontaminasi dengan larva cacing. Mulai dari proses pencucian dengan menggunakan air yang telah mengandung larva cacing. Sebaiknya jangan membeli makanan disembarang tempat karena Anda tidak pernah tahu tingkat kebersihan dari makanan tersebut.

5. Minuman
Salah satu alasan mengapa Anda disarankan untuk tidak meminum air mentah karena kemungkinan air tersebut menggandung larva cacing. Selalu masak air sebelum diminum untuk memastikan kuman dan bakteri yang terdapat dalam air mati sehingga tidak akan menimbulkan masalah bagi kesehatan.

Bahaya Cacingan
Banyak yang tidak menyadari bahwa larva cacing yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius apabila tidak segera diobati.

Larva cacing yang masuk ke dalam tubuh manusia, melalui pembuluh darah akan menuju paru-paru sehingga akan menyebabkan paru-paru mengalami sindrom Loffler. Sindrom loffer akan menyebabkan penderitanya mengalami batuk berdahak seperti TBC atau sesak napas.

Selanjutnya larva cacing akan tiba di usus dan mulai menggigit dinding usus untuk dijasikan sebagai sarang dan tempat berkembang biak. Larva cacing yang memiliki kemampuan dalam mencerna makanan akan menyerap setiap nutrisinya yang terdapat dalam usus akibatnya tubuh menjadi kekurangan nutrisi.

Meskipun Anda sudah berusaha untuk menghindari berbagai macam penyebab cacingan namun masih ada kemungkinan Anda mengalami cacingan. Sehingga penting untuk selalu menjaga kebersihan untuk semua hal mulai dari makanan, minuman, lingkungan dan berbagai macam hal lainnya untuk menurunkan risiko cacingan.

Baca: Cara Mencegah dan Mengobati Cacingan pada Anak-Anak


Sumber https://www.websitependidikan.com/

Posting Komentar untuk "Apa Penyebab Cacingan?"