Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

John Frederic Daniell - Penemu Sel Daniell



John Frederic Daniell
Lahir: 12 Maret 1790 London, Inggris
Meninggal: 13 Maret 1845
Kebangsaan: Inggris
Bidang: Kimia, Fisika
Lembaga: King College London
Alma mater: Universitas Oxford (Doktor Hukum Perdata 1842)
Penghargaan: Rumford Medal (1832), Copley Medal (1837), Royal Medal (1842)
John Frederic Daniell adalah seorang ahli kimia dan fisika asal Inggris. Namanya terkenal karena penemuannya tentang sel Daniell.


Biografi

Daniell lahir di London pada 12 Maret 1790. Pada 1831 ia menjadi profesor kimia pertama saat King College London baru didirikan ; dan pada tahun 1835 ia diangkat ke pos setara di East India Company 's Militer Seminari di Addiscombe, Surrey. Namanya terkenal karena penemuannya dari sel Daniell, sebuah unsur baterai listrik yang lebih baik dari sel volta. Dia juga menemukan titik embun hygrometer dikenal dengan namanya (Quar journ Sci, 1820...), dan register pyrometer (Phil Trans 1830..); dan pada tahun 1830 ia mendirikan aula Royal Society sebuah barometerair, yakni sebuah tempat untuk ia melakukan sejumlah besar pengamatan Sebuah proses yang dibuat oleh dia untuk pembuatan menerangi gas dari terpentin dan resin telah digunakan di New York untuk sementara waktu.

Pada tahun 1842 ia dianugerahi gelar kehormatan Doktor Hukum Perdata oleh University of Oxford.


Sel Daniell

 John Frederic Daniell adalah seorang ahli kimia dan fisika asal Inggris John Frederic Daniell - Penemu Sel Daniell
 Sel elektrolisis
Bambar dari: kimia.upi.edu
Sel Daniell diberi nama menurut penemunya, John Frederic Daniell, ia menemukannya pada tahun 1836.

Pada Sel Daniell, sepotong logam seng dimasukkan ke dalam larutan seng (II) sulfat, ZnSO4(aq), pada satu wadah. Sementara, sepotong logam tembaga juga dimasukkan ke dalam larutan tembaga (II) sulfat, CuSO4(aq), pada wadah lainnya. Potongan logam tersebut disebut elektroda yang berfungsi sebagai ujung akhir atau penampung elektron. Kawat penghantar akan menghubungkan elektroda-elektrodanya. Selanjutnya, rangkaian sel dilengkapi pula dengan jembatan garam. Jembatan garam, biasanya berupa tabung berbentuk U yang terisi penuh dengan larutan garam pekat, memberikan jalan bagi ion untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya untuk menjaga larutan agar muatan listriknya tetap netral.

Sel Daniell bekerja atas dasar prinsip reaksi redoks. Reaksi Redoks adalah reaksi yang didalamnya terjadi perpindahan elektron secara berurutan dari satu spesies kimia ke spesies kimia lainnya, yang sesungguhnya terdiri atas dua reaksi yang berbeda, yaitu oksidasi (kehilangan elektron) dan reduksi (memperoleh elektron). Reaksi ini merupakan pasangan, sebab elektron yang hilang pada reaksi oksidasi sama dengan elektron yang diperoleh pada reaksi reduksi. Masing-masing reaksi (oksidasi dan reduksi) disebut reaksi paruh (setengah reaksi), sebab diperlukan dua setengah reaksi ini untuk membentuk sebuah reaksi  dan reaksi keseluruhannya disebut reaksi redoks.

Logam seng teroksidasi dan membebaskan elektron yang mengalir melalui kawat menuju elektroda tembaga. Selanjutnya, elektron tersebut digunakan oleh  ion Cu2+ ­yang mengalami reduksi membentuk logam tembaga. Ion Cu2+ dari larutan tembaga (II) sulfat akan melapisi elektroda tembaga, sedangkan elektroda seng semakin berkurang (habis). Kation-kation di dalam jembatan garam berpindah ke wadah yang mengandung elektroda tembaga untuk menggantikan ion tembaga yang semakin habis. Sebaliknya, anion-anion pada jembatan garam berpindah ke sisi elektroda seng, yang menjaga agar larutan yang mengandung ion Zn2+ tetap bermuatan listrik netral.

Elektroda seng disebut anoda, yaitu elektroda yang menjadi tempat terjadinya reaksi oksidasi. Oleh karena anoda melepaskan elektron, maka anoda kaya akan elektron sehingga diberi tanda negatif (kutub negatif). Sementara, elektroda tembaga disebut katoda, yaitu elektroda yang menjadi tempat terjadinya reaksi reduksi. Oleh karena katoda menerima elektron, maka katoda kekurangan elektron sehingga diberi tanda positif (kutub positif).


Publikasi

Publikasi Daniell sudah termasuk Meteorologi Essays (1823), Esai tentang buatan Iklim dianggap Aplikasi untuk Hortikultura (1824), yang menunjukkan perlunya suasana lembab di hothouses dikhususkan untuk tanaman tropis, dan Pengantar Studi Kimia Filsafat (1839).


Kuliah

Pada 1840 ia diundang untuk memberikan Kuliah Royal Institution Natal pada Prinsip Pertama Franklinic Listrik.


Kematian dan peringatan

Daniell meninggal mendadak akibat geger otak di London pada bulan Maret 1845, saat menghadiri pertemuan dewan dari Royal Society, di mana ia telah menjadi rekan tahun 1813 dan Menteri Luar Negeri pada tahun 1839. Kawah bulan Daniell diberi nama untuk menghormatinya.


Sumber:
  • http://en.wikipedia.org/wiki/John_Frederic_Daniell
  • https://andykimia03.wordpress.com/tag/sel-daniell/

Sumber https://blogpenemu.blogspot.com/br/>
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "John Frederic Daniell - Penemu Sel Daniell"