Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Olahraga Untuk Mengurangi Sesak Nafas Akibat Merokok

Diantara sekian banyak efek samping akibat merokok hal yang langsung dirasakan oleh perokok adalah sesak napas. Setiap perokok pasti sering merasakannya. Jika sudah mengalami hal seperti itu sebaiknya anda berhenti untuk merokok untuk menghindari efek samping yang lainnya. Namun bagi orang yang belum dapat berhenti merokok sebaiknya anda mempunyai cita-cita untuk berhenti merokok, apapun alasannya. Dalam peringatan pemerintah merokok dapat menyebabkan serangan jantung, kanker, menyebabkan impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin. Untuk dapat berhenti merokok anda harus melakukan latihan. Namun selama latihan untuk berhenti merokok, anda jangan melakukan coba-coba agar tidak ketagihan lagi.

Mengurangi sesak napas akibat merokok dengan olahraga. Olahraga yang paling efektif untuk mengurangi sesak napas akibat merokok adalah:

1. Olahraga Lari. 

Dengan melakukan olahraga lari. Olahraga lari minimal selama 15 menit sampai satu jam. Intenditas lari yang anda lakukan harus tinggi, atau minimal napas anda harus ngos-ngosan. Jika anda melakukan lari yang hanya sekedarnya saja, mungkin anda belum dapat merasakan manfaatnya. Lari dapat dilakukan seperti lari jarak menengah yang menempuh jarak 1000 sampai 2000 meter. Setelah anda berhenti melakukan lari anda dapat merasakan sendiri manfaatnya terhadap pernapasan anda. Napas terasa lebih ringan dan sesak napas akibat merokok berkurang.

2. Olahraga Renang.

Olahraga Renang juga efektif untuk mengurangi sesak napas akibat merokok. Olahraga renang yang anda lakukan juga harus dengan intensitas yang tinggi sampai anda harus bernapas kencang. Paling tidak misalnya berenang menempuh jarak 20 meter atau berenang mengelilingi kolam renang. Waktu latihan renang selama 15 menit sampai 30 menit.

3. Olahraga jogging. 

Jogging dapat dilakukan di pagi atau sore hari. Lama latihan antara 15-60 menit.

4. Olahraga sepak bola atau olahraga permainan yang lain. 

Mengapa dengan olahraga sepak bola? Karena saat anda melakukan sepak bola anda dituntut harus berlari mengejar bola dan menggiring bola. Disitu anda harus berlari dengan maksimal. Saat anda berlari kencang anda harus bernapas dengan kencang pula untuk mengambil oksigen bagi tubuh anda.

Manfaat beberapa olahraga di atas dapat dirasakan setelah selesai melakukan olahraga. Olahraga seperti tersebut sangat baik jika dilakukan secara rutin minimal satu kali dalam seminggu. 

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "Olahraga Untuk Mengurangi Sesak Nafas Akibat Merokok"