Peranan Geografi Dalam Pendidikan Nasional



Pendidikan merupakan proses yang dialami manusia sepanjang hayat dan merupakan
salah satu kebutuhan terpenting dalam hidup. Pendidikan dapat berbentuk pendidikan formal dan pendidikan informal. Dalam pendidikan formal geografi merupakan salah satu pelajaran yang termuat dalam kurikulum SMP dan SMA. Lantas seberapa jauh peranan geograif dalam pendidikan nasional. Cita-cita mewujudkan pendidikan nasional sudah dimulai sejak zaman kolonialisme Belanda sebagai bentuk reaksi terhadap pendidikan Hindia Belanda yang tidak memberikan kesempatan luas dan merata kepada bangsa Indonesia untuk memperoleh pendidikan layak. Upaya keras tersebut telah melahirkan banyak tokoh-tokoh bangsa yang memiliki karakter masing-masing.
Perwujudna pendidikan nasional secara de jure direalisasikan dalam Pembukaan UUD 1945 pada kalimat "....membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa......". Isi pembukaan UUD 45 tersebut menjadi landasan utama dalam penyediaan dan penyelenggaraan pendidikan nasional bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali.
UU no 20 tahun 1999 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 3 menyebutkan bahwa Tujuan Pendidikan Nasional adalah : "berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab". 
melihat pada tujuan pendidikan nasional diatas, pengajaran Geografi memiliki peranan besar dalam pencapaian tujuan pendidikan tersebut. Konsep-konsep keilmuan geografi terutama konsep keruangan diharapkan mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan peserta didik pada Tuhan YME sehingga ia akan mengelola ruang bumi Indonesia secara bijaksana dan untuk kepentingan rakyat semata.
Konsep yang dikembangkan pada pengajaran geografi yang penting contohnya adalah bagaimana melihat "lokasi" Indonesia sebagai negara yang strategis ditinjau dari sisi iklim, cuaca, politik, perdagangan dan lainnya. Lokasi strategis sebagai anugerah Tuhan YME ini perlu disyukuri dan dikelola dengan semaksimal mungkin bagi kemakmuran Indonesia. Itulah contoh peranan geografi dalam pendidikan nasional. Pemahamam akan kondisi geografis Indonesia diharapakan akan meningkatkan kecerdasan spasial peserta didik.


Gambar:

Sumber https://geograph88.blogspot.com/br/>
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar