Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara Mudah Membersihkan Lensa Kamera Digital



Tips Mudah Membersihkan Lensa Kamera Digital Anda! Ya, sangat mudah untuk lensa kamera menjadi kotor. Mulai dari terkena sidik jari, debu, dan partikel lainnya. Tetapi membersihkan lensa Anda penting untuk gambar yang jelas. Alat pembersih utama Anda adalah blower lensa, sikat untuk lensa, tisu lensa yang dibasahi, dan semprotan lensa yang digunakan dengan kain mikrofiber. Hembusan dan penyikatan harus selalu menjadi pilihan pertama Anda, karena lebih baik untuk menjaga kontak dengan lensa seminimal mungkin.
Tips Mudah Membersihkan Lensa Kamera Digital Anda 15 Cara Mudah Membersihkan Lensa Kamera Digital

Pisahkan badan kamera dari lensa dan lampiran lainnya.


Pastikan kamera dimatikan sebelum Anda mulai melepas komponen yang berbeda. Lepaskan baterai kamera dan lepas tali kamera jika ada yang terpasang. Tekan tombol pelepas lensa yang terletak di badan kamera di bagian bawah lensa untuk melepaskan lensa.

Bersihkan bagian dalam ruang film menggunakan blower.


Blower adalah perangkat karet kecil yang mengeluarkan udara saat Anda memencetnya. Buka ruang film dan putar kamera sehingga ruang film menghadap ke bawah. Arahkan blower sehingga mengarah ke dalam ruang film dan kemudian remas untuk mengeluarkan udara dan meniup semua partikel. Anda dapat menemukan blower di sebagian besar toko yang menjual kamera dan peralatan kamera, atau online.

Beli blower lensa kamera.


Pergi ke toko kamera atau toko elektronik atau pesan blower secara online. Membersihkan lensa kamera dengan blower lensa kecil, karet pencetus blower, yang menembakkan hembusan udara pada lensa. Sehingga mampu membantu membersihkan dengan cepat dan mudah.
Ini mungkin tampak seperti pemborosan uang ketika Anda dapat meniup lensa dengan mulut Anda. Para ahli secara khusus menyarankan agar tidak meniupkan lensa karena Anda sering akan meniup air liur ke lensa sehingga membuatnya lebih kotor dari sebelumnya.
Jangan gunakan udara terkompresi, yang dapat merusak lensa kamera Anda. Blower manual adalah pilihan pembersihan paling aman untuk lensa kamera Anda.

Tekan blower dari lensa beberapa kali.


Setiap kali Anda menggunakan blower lensa Anda, peras beberapa tiupan udara sebelum Anda menggunakannya pada lensa. Ini akan membersihkan debu yang mungkin ada di dalam blower. Jika Anda tidak melakukan ini, Anda bisa meniup lebih banyak debu ke lensa.

Gunakan blower untuk menghembus udara di seluruh permukaan lensa.


Posisikan blower sedekat mungkin dengan lensa sehingga Anda tidak meniup kontaminan dari udara ke lensa. Pegang ujung sedikit ke lensa. Peras beberapa puff ke lensa, arahkan setiap kepulan ke bagian lensa yang berbeda. Pegang ujung blower di tengah lensa dan miringkan sedikit ke arah luar lensa.

Simpan blower dalam kantong tertutup.


Setelah selesai menggunakan blower, masukkan ke dalam kantong plastik untuk disimpan. Ini membantu menjaga blower bersih dan bebas dari kontaminan luar. Segel kantong plastik dan simpan dengan sisa perlengkapan pembersih kamera Anda di tas kamera Anda. Penting untuk menyimpannya dalam kantong plastik tertutup, karena semua jenis tas kain akan memungkinkan debu untuk menyaring kain dan masuk ke blower.

Beli kuas khusus untuk membersihkan lensa kamera.


Pilihlah sebuah merk yang paling sering direkomendasikan, baik itu oleh seorang teman atau oleh seorang fotografer profesional yang sudah sangat berpengalaman dalam dunia fotografi. Sikat lensa kamera menggunakan bulu-bulu bulu lembut yang lembut pada lensa Anda. Jangan pernah menggunakan sikat yang tidak dirancang untuk lensa, karena bulunya dapat menggores kaca.
Sebagian besar sikat memiliki pelindung untuk menjaga kebersihannya, dan yang lain dapat ditarik. Jangan menyentuh bulu sikat Anda karena Anda akan meninggalkan minyak jari dan sikat tidak akan melakukan tugasnya.

Aduk sikat di sekitar lensa dengan lembut.


Setelah Anda meniup debu, tekan bulu sikat dengan lembut ke lensa. Putar kuas bolak-balik untuk menghilangkan partikel dari lensa. Beberapa sikat juga memiliki bantalan lembut di ujung yang membantu menghilangkan minyak dari permukaan lensa. Pastikan Anda tidak membasahi bulunya dengan lensa. Anda akan merusak sikat dan tidak akan membersihkan lensa secara efektif.

Simpan kuas dengan pelindung atau dalam kantong plastik tertutup.


Sangat penting untuk menjaga kuas tetap bersih, atau tidak akan berguna. Selalu tutup kembali setelah selesai menggunakan sikat. Jika sikat tidak memiliki topi, simpan di dalam kantong plastik tertutup untuk menjauhkannya dari debu.

Beli tisu lensa kamera sekali pakai.


Tisu lensa yang dibasahi sebelumnya adalah pilihan terbaik untuk membersihkan noda yang membandel atau noda kotor pada lensa Anda. Zeiss dan PEC-PAD adalah merek tepercaya untuk tisu non-abrasif dan bebas serat. Jangan gunakan tisu pembersih yang tidak berlabel khusus untuk digunakan membersihkan lensa kamera.

Bersihkan dari pusat lensa ke dalam spiral luar.


Ambil lap dari kemasan dan tekan ke pusat lensa. Pindahkan sapuan itu dengan gerakan memutar, perlahan-lahan berputar ke arah luar. Cobalah untuk tidak mengelap lensa beberapa kali di tempat yang sama atau Anda hanya memindahkan partikel kotoran di sekitarnya. Jika diperlukan umpan kedua pada lensa, gunakan bagian bersih dari lap atau gunakan yang baru.

Buang pembersih bekas.


Tisu lensa ini tidak dimaksudkan untuk digunakan kembali, jadi buanglah mereka setelah Anda menggunakannya. Menggunakan tisu bekas akan memindahkan kotoran kembali ke lensa Anda, dan ini mungkin akan menggores kaca. Jika lap masih lembab dan bagiannya bersih, gunakan untuk membersihkan bagian peralatan kamera sebelum Anda membuangnya.

Pilih semprotan pembersih untuk lensa kamera.


Kunjungi toko fotografi, toko elektronik, atau semprotkan lensa pesanan secara online. Zeiss, ROR, dan Nikon membuat solusi pembersihan lensa yang sangat efektif. Jangan pernah menggunakan napas Anda, pembersih kaca, atau jenis pembersih kimia apa pun pada lensa kamera Anda.

Bagaimana Cara Membersihkan Lensa Kamera dengan Aman?


1. Semprotkan kain microfiber dengan larutan pembersih.


Temukan kain microfiber dan gunakan hanya untuk kamera Anda. Jangan pernah menggunakan t-shirt atau kain apa pun yang bukan kain microfiber, karena kain lain terlalu abrasif dan dapat menggores lensa. Semprotkan larutan pada kain dan jangan langsung ke lensa. Anda mungkin menemukan kain microfiber yang juga dirancang khusus untuk digunakan pada lensa.

2. Bersihkan lensa dari pusat ke arah luar.


Tekan perlahan kain lembab ke tengah lensa dan mulailah menyekanya dengan gerakan memutar. Bersihkan lensa secara spiral, bergerak ke arah luar lensa. Pastikan untuk tidak menekan terlalu keras. Usap lensa hanya sekali jika memungkinkan. Yang terbaik adalah meminimalkan kontak dengan lensa.

3. Simpan kain di tas.


Setelah selesai menggunakan kain, simpan dalam tas agar tetap bersih. Bilas lap dengan air bersih dan dingin setelah setiap tiga penggunaan. Jangan gunakan detergen komersial untuk mencuci kain, karena ini bisa berakhir pada lensa Anda

Baca juga artikel fotografi lainnya:

Itulah tadi cara yang dapat anda gunakan untuk membersihkan lensa kamera Anda. Yang perlu  diingat adalah bahwa Anda harus selalu berhati – hati jika ingin membersihkan lensa itu. Ini agar tidak merusak atau memberikan goresan pada lensa kamera yang Anda miliki.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Posting Komentar untuk "15 Cara Mudah Membersihkan Lensa Kamera Digital"